Welcome,

31 Maret 2011

Q:

Dok saya ingin tanya, apakah gejala kanker gusi, dan apakah setiap kali sikat gigi jikalau berdarah harus khawatir bahwa kita terserang kanker gusi? tolong info terima kasih

A:


Dear Ken,
A. Secara singkat, dapat dijelaskan bahwa gejala awal suatu kanker bisanya ditandai dengan adanya kelainan yang tidak kunjung sembuh bahkan bertambah besar.

B. Gusi berdarah kalau gosok gigi:
Gusi yang berdarah adalah tanda terjadinya peradangan .dan penyebabnya adalah plak gigi. Plak adalah suatu lapisan lengket dan mengandung bakteri yang terus menerus terbentuk di dalam mulut serta melekat pada permukaan gigi dan gusi. Plak tinggal dengan nyaman di batas perlekatan gigi dan gusi, tepi gusi dan permukaan gigi yang kasar, serta di sela-sela gigi. Bila tidak dibersihkan setiap hari, lama-lama plak akan mengeras seperti batu dan berubah menjadi karang gigi (kalkulus) yang sulit dihilangkan sendiri dan harus dibersihkan oleh dokter gigi. Selanjutnya, permukaan kalkulus yang kasar ini akan menjadi tempat menempelnya plak baru sehingga dari hari ke hari timbunan ini akan menjadi makin tebal.
Plak mengandung banyak bakteri, umumya dari golongan Streptokokus Mutans, yang menghasilkan asam yang merusak gigi, gusi, dan tulang. Penyakit gusi timbul sebagai akibat proses peradangan (gingivitis) yang disebabkan plak. Tanpa hadirnya plak, penyakit gusi tidak akan timbul.
Bila dibiarkan peradangan gusi akan bertambah parah, bisa sampai merusak jaringan pendukung gigi dan akhirnya membuat gigi jadi goyang, walaupun prosesnya tentu saja bisa berbulan

PUNYA PERTANYAAN LAIN?

Log In

Untuk bertanya seputar kesehatan gigi dan mulut.

ATAU

Register

Untuk bertanya seputar kesehatan gigi dan mulut.

Registration Success

Silahkan melakukan login dengan username yang sudah anda buat.

Forget Password

New Password will send to your email.