Welcome,

23 Oktober 2011

Q:

Dok, mau tanya, gigi aku sering ngilu karena emang gusi yg turun, trus apa gusi turun itu biisa disembuhkan(tertutup kembali) atau cuman bisa dijga biar ga tambah parah ?
makasih,

A:


Dear Rosalita,
Untuk menambah/mendapatkan pemahaman lebih utuh tentang gigi ngilu, saya sampaikan info berikut. Gigi sensitif adalah gigi yang menjadi ngilu lebih dari biasanya bila menerima rangsang tertentu, seperti rasa manis, dingin, panas, asam dsb. Keluhan ini terasa karena biasanya permukaan gigi paling luar (email) tidak utuh lagi karena adanya lubang atau gusi yang menyusut. Akibatnya jarak antara syaraf gigi dengan permukaan luar gigi jadi lebih dekat atau bahkan jadi terbuka kalau lubang gigi sudah demikian dalam).
Gigi bisa ngilu / sensitif karena :
a)gigi ini mulai berlubang, terutama ngilu kalau kena dingin, yang manis-manis, asam. Kalau kena panas ngilu/sakit, sudah mulai parah. Obatnya: perawatan dan penambalan
b)gusi pada bagian leher gigi mulai menyusut sehingga leher gigi yang tadinya tertutup gusi, sekarang jadi terbuka dan bagian inilah yang terasa ngilu. Disikat atau kena angin juga ngilu. Obatnya : kalau masih ringan diberi obat oles khusus (topical application), atau pemakaian pasta gigi yang dibuat khusus untuk gigi sensitif dapat juga digunakan.
Kalau sudah parah terpaksa ditambal.
c) gusi menyusut terjadi karena meningkatnya usia, bisa juga karena cara gosok gigi yang salah

PUNYA PERTANYAAN LAIN?

Log In

Untuk bertanya seputar kesehatan gigi dan mulut.

ATAU

Register

Untuk bertanya seputar kesehatan gigi dan mulut.

Registration Success

Silahkan melakukan login dengan username yang sudah anda buat.

Forget Password

New Password will send to your email.