Welcome,

24 Juli 2010

Q:

Dear Dokter,

saat ini saya berusia 25tahun dan gigi saya yang didepan copot karena tambalannya lepas namun tidak copot secara sempurna. Sejak usia berapakah gigi tidak akan tumbuh lagi dok? Apakah ada kemungkinan gigi saya masih bisa tumbuh, karena dokter gigi sebelumnya menyarankan agar di cabut sempurna dan dilakukan pemeliharaan mahkota gigi?
Apakah ada informasi dimana bisa dilakukannya implant serta besar biayanya dok, mengingat bilamana gigi saya tidak dapat tumbuh lagi

Thanxz

A:


Dear Ancha,
Gigi yang sudah rusak dan tanggal sebagian serta tidak bisa dirawat lagi, memang sebaiknya dicabut secara tuntas. Gigi yang sudah dicabut ini sebaiknya digantikan dengan gigi palsu, yang pilihannya bisa macam-macam.
Supaya mendapat pemahaman yang lebih utuh tt hal ini, saya sampaikan info berikut ini.
Gigi palsu ada beberapa macam :

1. Removable denture (gigi palsu yang bisa dilepas sendiri oleh pasien): ada yang terbuat dari plastik atau kerangka logam.
2.Fixed denture berupa mahkota selubung, mahkota pasak atau jembatan (gigi palsu yang tak bisa dilepas pemakainya karena disemen pada gigi panahan). Bisa dibuat dari plastik, logam atau porselen.
3. Gigi palsu implan yang ditanam dalam tulang rahang.Gigi jenis ini boleh dibilang gigi palsu yang paling mahal.
4. Protesa maksilo-fasial yang dibuat untuk pasien pasca bedah tumor.

Macam gigi palsu dari segi cara pembuatannya, :

1.Gigi palsu konvensional (yang biasa) :
Yaitu gigi palsu yang dibuat setelah luka bekas pencabutan gigi sembuh dan tulang/gusinya cukup menyusut Biasanya paling cepat (kalau mau optimal) 2-3 minggu sesudah pencabutan. Jadi, pasien harus menjlanai masa tidak bergigi (ompong) selama waktu tsb.

2.Gigi palsu imidiat :
Gigi jenis ini dibuat / dipersiapkan sebelum gigi dicabut dan sesuah gigi palsu selesai serta siap dipasang, baru gigi dicabut.Dengan cara ini pasien tidak mengalami masa waktu tidak bergigi (ompong). Jenis ini biasanya dibuat untuk mereka yang punya kegiatan intens di depan publik, umpamanya guru, pembawa acara, petugas publik lainnya, yang kalau harus ompong sekian lama tentu saja jadi terganggu penampilannya.

Semua jenis gigi palsu bila dibuat dengan cara yang baik dan benar serta sesuai indikasi, dan dipelihara sesuai dengan petunjuk pemeliharaan gigi palsu dokter gigi yang membuatkannya seyogyanya tidak menyebabkan bau mulut atau gangguan apapun.

Catatan tt tarip :
Indonesia adalah Negara yang tidak menentukan patokan biaya perawatan dokter. Karena itu biaya pembuatan gigi palsu juga sangat bervariasi, tergantung kita pergi ke tempat pelayanan kesehatan mana, rumah sakit swasta / pemerintah, atau puskesmas, daerah mana kota besar

PUNYA PERTANYAAN LAIN?

Log In

Untuk bertanya seputar kesehatan gigi dan mulut.

ATAU

Register

Untuk bertanya seputar kesehatan gigi dan mulut.

Registration Success

Silahkan melakukan login dengan username yang sudah anda buat.

Forget Password

New Password will send to your email.