How to look after first baby teeth

Cara menjaga gigi pertama bayi Anda

Menjaga kesehatan gigi dan mulut anak Anda dimulai dari sebelum gigi susu pertama mereka muncul. Merawat kesehatan gigi anak Anda adalah perjalanan yang panjang namun akan memuaskan jika Anda dapat melaluinya dengan baik. Jadi mari kita lihat beberapa tips bermanfaat yang akan membantu Anda dalam menjalaninya. 

Pola makan sehat, mulut yang sehat

Faktanya, gula dapat menyebabkan gigi berlubang. Jadi cobalah untuk menjauhkan dan mengurangi konsumsi gula dari makanan si kecil sebisa mungkin. Ingatlah untuk memeriksa daftar kandungan zat dalam kemasanmakanan siap saji dan hindari gula serta minuman bersoda. Jika Anda ingin memberikan anak Anda jus buah, encerkan dengan air dan konsumsi bersamaandengan waktu makan besar.

Berikan contoh yang baik

Bayi Anda belajar banyak dengan melihat Anda, jadi berikanlah contoh yang baik. Tunjukan mereka saat Anda sedang menyikat gigi, dengan begitu Anda akan menjadi panutan bagi mereka untuk menyikat gigi secara rutin ketika mereka sudah besar nanti. 

Perkenalkan menyikat gigi sejak dini

Segera setelah gigi pertama bayi Anda muncul, saatnya menyikat gigi dua kali sehari.

  • Dudukkan bayi Anda di pangkuan dengan kepalanya bersandar di dada Anda.
  • Gunakansikat gigi bayi, mulailah dengan mengoleskan sedikit pasta gigi sesuai usianya seperti Pepsodent Gigi Susu
  • Dengan sangat perlahan, mulailah menyikat gigi bayi Anda dengan putaran kecil dan pastikan Anda menjangkau semua permukaan.
  • Biarkan bayi Anda membuang pasta gigi itu setelahnya. Tak perlu dibilas dengan air, karena akan mengurangi manfaat fluoride. 

Beberapa bayi tidak suka giginya disikat dan ini adalah sebuah tantangan. Tapi jangan kuatir, hal ini sangatlah wajar. Coba kembali atau biarkan mereka melihat di cermin. Yang terpenting adalah Anda tetap tekun sehingga mereka lama-lama akan terbiasa menyikat gigi secara teratur. 

Kunjungi dokter gigi

Mulailah untuk membawa anak Anda untuk pemeriksaan gigi secara rutin sejak gigi mereka tumbuh. Dokter gigi akan melayani di setiap kunjungan Anda dan menjawab semua pertanyaan tentang kesehatan gigi dan mulut anak Anda. 

Saat bayi Anda menjadi Balita

Saat bayi Anda tumbuh besar, Anda dapat mulai membiarkan mereka menyikat gigi sendiri. Ketika usia 2 tahun, mereka mungkin dapat melakukan semuanya sendiri. Ingatlah untuk tetap mengawasi mereka karena anak-anak mudah sekali melewatkan beberapa permukaan gigi. Pastikan juga mereka mempunyai sikat gigi dan pasta gigi mereka sendiri. Rangkaian Pepsodent Gigi Susu dirancang khusus untuk gigi balkita dan membantu mencegah kerusakan gigi.

Dibutuhkan beberapa tahun sampai Anda merasa yakin anak Anda bisa menyikat gigi mereka dengan benar tanpa pengawasan Anda. Hal ini normal terjadi. Tapi saat hal itu tercapai, Anda boleh merasa bangga karenaAnda layak mendapatkannya.

TIPS CEPAT

Saatnya mulai menyikat gigi dua kali sehari segera setelah gigi pertama bayi Anda muncul.

Pertanyaan-Pertanyaan Anda Seputar Perawatan Mulut

Temukan saran bermanfaat tentang masalah-masalah kesehatan mulut dalampanduan kami yang dibuat oleh Pepsodent, pakar mulut keluarga

BACA ARTIKEL LAINNYA