Skip to content
Kenali Tanda Gigi Keropos pada Anak dan Cara Mencegahnya

Kenali Tanda Gigi Keropos pada Anak dan Cara Mencegahnya

Gigi Keropos menjadi salah satu keluhan umum yang terjadi pada anak-anak. Menurut survei, satu dari tiga anak menderita gigi keropos atau karies gigi. Penyakit gigi ini cukup destruktif karena dapat menyebabkan lubang, pembusukan hingga infeksi pada gigi. Gigi keropos bisa menjadi persoalan gigi yang penting untuk segera diatasi. Untuk itu, Anda harus mengenali tanda gigi keropos dan cara tepat dalam mencegahnya.

Beragam Penyebab Gigi Keropos pada Anak

●      Tidak Menjaga Kebersihan Gigi

Sisa makanan yang tidak bersih menghasilkan plak pada gigi. Plak yang menempel pada gigi lambat laun menyerang email gigi dan menyebabkan karies gigi atau gigi keropos.

●      Kebiasaan Menghisap Dot atau Menyusu Sebelum Tidur

Kebiasaan menghisap dot merupakan kebiasaan buruk yang dapat menimbulkan keropos pada gigi. Ketika tidur, sisa susu yang terdapat di mulut akan diolah oleh bakteri menjadi asam. Asam inilah yang menyebabkan gigi keropos.

●      Konsumsi Gula yang Berlebihan pada Anak

Makanan yang mengandung banyak gula, seperti: permen, coklat dan eskrim, dilansir dari DentalFind menjadi salah satu faktor pengeroposan gigi.

●      Cedera pada Gigi dan Gusi

Sebagai contoh anak Anda cedera pada bagian gusi saat bermain. Namun darahnya tidak keluar dan menggumpal di dalam gusi. Akhirnya penggumpalan tersebut memengaruhi warna gigi menjadi biru hingga kehitaman.

●      Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Beberapa jenis obat-obatan jika dikonsumsi oleh buah hati Anda dapat menyebabkan keropos gigi. Misalnya: obat yang mengandung zat besi dapat menimbulkan noda pada gigi anak. Lalu antibiotik tetrasiklin yang dikonsumsi selama proses kehamilan dan menyusui berpengaruh pada perubahan warna dan gigi keropos buah hati.

●      Bawaan Lahir

Anak yang terlahir dalam kondisi kelebihan bilirubin dalam darahnya, berakibat pada warna gigi yang ikut berubah menjadi kehijauan atau kekuningan.

Apa Saja Tanda-tanda Gigi Keropos

Secara umum gigi keropos dapat dikenali dengan kondisi gigi yang berlubang, kehitaman, mahkota gigi susu yang tidak utuh, atau yang sudah tanggal. Jika gigi susu buah hati Anda keropos sebaiknya tidak dibiarkan berlarut-larut karena dapat menimbulkan masalah yang lebih serius.

Pada tingkatan yang lebih serius gigi keropos dapat ditandai dengan adanya rasa nyeri, infeksi dan pembekakan pada bagian mulut. Gigi susu yang keropos juga dapat menimbulkan gigi permanen tumbuh berjejal dan tidak rapi. Gigi susu yang tanggal sebelum pada waktunya, kehilangan perannya sebagai pemandu gigi permanen tumbuh sehingga menjadi tidak rapi.   

Cara Mencegah Gigi Keropos pada Anak

●      Mengubah Jadwal Pemberian Susu 15 Menit Lebih Awal Sebelum Tidur

Untuk mencegah pengeroposan gigi, sebaiknya proses menyusu diberikan 15 menit lebih awal sebelum buah hati Anda tidur. Setelah tidur bersihkan sisa susu pada gigi buah hati Anda menggunakan lap yang telah dibasuh dengan air hangat. Lalu gantilah susu dengan air putih.

●      Batasi Konsumsi Gula pada Anak

Untuk kesehatan gigi buah hati Anda,  gantilah  konsumsi makanan manis, seperti permen dan  coklat dengan makanan yang baik untuk kesehatan gigi. Sebagai contoh makanan yang mengandung kalsium dan fosfor seperti sayur dan buah.

●      Menyikat Gigi Secara Teratur

Menyikat gigi tepat dua kali sehari dan flossing (membersihkan gigi dengan benang) setiap hari secara rutin membuat gigi tetap sehat dan terhindar dari resiko gigi keropos.

●      Berkonsultasi dengan Dokter Gigi

Biasakan mengunjungi dokter gigi sejak dini secara rutin sehingga jika terdapat pengeroposan gigi atau plak pada gigi, dapat ditangani sejak awal.

●      Pemilihan  Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Penggunaan fluoride secara teratur dapat memerangi pengeroposan gigi.

●      Pemilihan Sikat Gigi yang Sesuai untuk Anak

Penggunaan sikat gigi yang didesain khusus untuk anak dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan dengan tuntas. Sikat Gigi Pepsodent Kids juga didesain khusus untuk anak, memiliki kepala sikat yang kecil sehingga nyaman untuk mulut anak, dan bulu sikat yang lebih lembut agar mampu membersihkan sela-sela gigi tanpa melukai gusi.

Yuk, pahami dengan baik tanda-tanda gigi keropos pada anak sehingga Anda bisa melakukan cara-cara yang tepat dalam mengatasi hal tersebut agar tidak menjadi semakin parah!

Referensi:

hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/gigi-keropos-pada-anak/

lifestyle.kompas.com/read/2014/11/22/140000423/Gigi.Anak.Keropos.akibat.Menghisap.Dot.Susu

dream.co.id/fresh/ini-penyebab-gigi-balita-keropos-170710i.html

health.detik.com/ibu-dan-anak/d-1347076/3-penyebab-gigi-keropos-anak

halogigi.com/mengatasi-gigi-keropos-pada-bayi

Diakses pada:  27 Maret 2019

TIPS CEPAT
Berlawanan dengan kepercayaan yang populer, gigi susu mempengaruhi gigi permanen yang akan anak Anda dapatkan nanti, jadi pastikan mereka melatih rutinitas kesehatan mulut yang benar sejak dini dalam hidup. 
 
orang tua dan putra mereka di kamar mandi

Pertanyaan-Pertanyaan Anda Seputar Perawatan Mulut

Temukan saran bermanfaat tentang masalah-masalah kesehatan mulut dalam panduan kami yang dibuat oleh Pepsodent, pakar mulut keluarga

BACA ARTIKEL LAINNYA