Skip to content
Mengenal Tahapan Pertumbuhan Gigi Anak Anda

Mengenal Tahapan Pertumbuhan Gigi Anak Anda

Apa Anda tahu bahwa sebenarnya gigi sudah tumbuh bahkan sejak dalam kandungan? Hanya saja, gigi tersebut belum muncul ke permukaan. Karena itulah biasanya ibu hamil mengalami peningkatan kebutuhan kalsium untuk menunjang pertumbuhan gigi dan tulang bayi dalam kandungan. Berikutnya, gigi bayi akan tumbuh sempurna dengan formasi 20 gigi susu yang akan tumbuh per-pasang. Dalam pertumbuhannya, gigi seringkali menjadi persoalan bagi banyak anak kecil. Untuk itu, dibutuhkan penanganan yang tepat untuk gigi anak-anak sesuai dengan tahapan pertumbuhan giginya.

Tahapan Pertumbuhan Gigi Anak

Setiap anak mengalami masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, sebagian muncul pada usia dini, sebagian lagi giginya muncul lebih terlambat dibandingkan dengan anak lainnya. Namun meski bervariasi, pada umumnya pertumbuhan gigi anak berlangsung pada periode yang hampir sama. Berikut ini tahap-tahap pertumbuhan gigi pada anak:

●      Usia 4 -6 Bulan

Pada saat ini, gusi bayi mungkin akan membengkak dan kemerahan. Hal ini dikarenakan tumbuhnya gigi pertama, biasanya dimulai dengan dua gigi seri di bagian bawah.

●      Usia 8-10 Bulan

Gigi seri bagian atas menyusul.

●      Usia 10-13 Bulan

Tumbuh dua gigi di mengapit gigi seri bagian atas.

●      Usia 13-14 Bulan

Dua buah gigi di samping gigi seri bawah tumbuh.

●      Usia 14-16 Bulan

Pada usia ini, biasanya tumbuh gigi geraham pertama pada bagian atas dan bawah. Jika Anda menyadari adanya jarak antara gigi seri dengan gigi geraham, jangan kaget. Gusi yang kosong akan menjadi tempat gigi taring tumbuh di fase berikutnya.

●      Usia 16-23 Bulan

Gigi taring bagian atas tumbuh, disusul dengan gigi taring bagian bawah. Pada fase ini, anak Anda telah mampu untuk mengoyak makanan yang akan dikonsumsi.

●      Usia 23-33 Bulan

Fase ini merupakan fase terakhir dalam pertumbuhan gigi susu anak. Gigi geraham kedua atau utama tumbuh di rahang atas dan bawah.

●      Usia 2-3 Tahun

Pada usia ini, umumnya anak sudah memiliki 20 gigi susu yang lengkap, masing-masing 10 gigi di rahang atas dan rahang bawah. Susunan gigi susu ini akan bertahan sampai usia anak mencapai 6 atau 7 tahun.

●      Usia 4 Tahun

Pertumbuhan rahang dan tulang wajah anak akan mulai terlihat pada usia ini. Hal ini akan menimbulkan adanya ruang antara gigi susu. Ruang inilah yang akan memberikan kesempatan gigi dewasa untuk tumbuh.

●      Usia 6-7 Tahun

Ompong atau gigi tanggal akan dialami oleh anak Anda pada usia ini. Gigi susu yang tanggal akan digantikan oleh gigi tetap. Setelah anak memiliki gigi tetap, ajarkan anak Anda untuk lebih disiplin dalam merawat giginya sehingga terhindar dari kerusakan gigi.

Pentingnya Penanganan Gigi Anak Sesuai dengan Tahapan Pertumbuhannya

Merawat gigi anak Anda sudah dapat dilakukan sejak gigi anak belum tumbuh. Setelah menyusui, Anda dapat mengangkat bibirnya untuk menyeka gusi dan garis gusi depan dan belakang dengan lap basah. Bersihkan secara lembut dengan gerakan melingkar selama dua menit. Cara ini dapat menghilangkan bakteri penyebab munculnya plak pada gigi yang nantinya tumbuh.

Segera setelah gigi pertama muncul, menyikat gigi dilakukan dua kali sehari. Anda dapat mengikuti beberapa tips yang dapat membantu menangani pertumbuhan gigi anak Anda.

1.     Pilih sikat gigi berukuran kecil dengan bulu sikat yang halus. Jika perlu, Anda dapat merendam sikat gigi ke dalam air hangat selama beberapa menit sebelum digunakan. Ingatlah untuk mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali.

2.     Gunakan pasta gigi sesuai usianya seperti Pepsodent Gigi Susu. Oleskan pasta gigi cukup sebesar biji beras pada permukaan sikat, dan setelah selesai, biarkan anak Anda membuang pasta gigi itu setelahnya. Tidak perlu dibilas dengan air karena akan mengurangi manfaat fluoride.

3.     Pemeriksaan rutin ke dokter gigi adalah hal yang sangat penting untuk menangani pertumbuhan gigi anak Anda. Pemeriksaan dapat dilakukan untuk memonitori kesehatan gigi dan kondisi pertumbuhan gigi tetap, serta meminta saran yang tepat.

Dengan mengetahui tahapan pertumbuhan gigi anak, maka Anda dapat melakukan berbagai tindakan perawatan gigi anak yang sesuai dengan pertumbuhan giginya. Hal ini akan sangat mendukung kesehatan gigi anak dan membuat giginya dapat tumbuh dengan optimal.

Referensi:

https://hellosehat.com/parenting/tips-parenting/pertumbuhan-gigi-bayi-anak/

http://www.parenting.co.id/bayi/tahapan-tumbuh-gigi-anak-

http://ppdsmile.com/stages-of-a-childs-teeth-development/

https://www.alodokter.com/bunda-ini-waktu-tepat-si-kecil-mulai-menyikat-gigi

https://www.tanyapepsodent.com/anak-anak/cara-menjaga-gigi-pertama-bayi-anda.html

Diakses pada: 28 Maret 2019

TIPS CEPAT

Berlawanan dengan kepercayaan yang populer, gigi susu mempengaruhi gigi permanen yang akan anak Anda dapatkan nanti, jadi pastikan mereka melatih rutinitas kesehatan mulut yang benar sejak dini dalam hidup. 

 

Pertanyaan-Pertanyaan Anda Seputar Perawatan Mulut

Temukan saran bermanfaat tentang masalah-masalah kesehatan mulut dalam panduan kami yang dibuat oleh Pepsodent, pakar mulut keluarga

BACA ARTIKEL LAINNYA