Skip to content
Seorang ibu dan bayi kecilnya tersenyum

Fakta Gigi: Berapa Lama Pertumbuhan Gigi Anak dan Perkembangannya

Pada umumnya, manusia mengalami dua kali pertumbuhan gigi sepanjang usianya, yaitu pertumbuhan gigi susu dan kemudian pertumbuhan gigi tetap atau permanen. Sebagian besar dari pertumbuhan dan perkembangan gigi berlangsung pada masa kanak-kanak, namun bukan berarti gigi sudah selesai tumbuh ketika kita beranjak dewasa. Jika Anda ingin tahu tentang tahap-tahap pertumbuhan gigi anak, berapa lama gigi bayi tumbuh, dan kapan gigi terakhir Anda akan tumbuh, simak artikel ini.

Pertumbuhan gigi bayi: erupsi dan gigi susu

Gigi manusia sebenarnya sudah terbentuk sejak awal trimester kedua kehamilan, namun gigi bayi tumbuh pertama kali umumnya pada usia 6–10 bulan. Walaupun demikian, tidak perlu khawatir jika gigi bayi belum tumbuh pada usia tersebut, gigi yang tumbuh pada usia antara 3–12 bulan masih dapat dianggap normal. Tidak ada cara merangsang pertumbuhan gigi bayi yang dijamin keabsahannya, walaupun makanan dengan kandungan kalsium tinggi dipercaya sebagai salah satu cara merangsang pertumbuhan gigi bayi.

Lalu berapa lama gigi bayi tumbuh? Gigi susu bayi akan tumbuh sampai sekitar usia 2 atau 3 tahun. Umumnya anak-anak akan memiliki satu set lengkap gigi susu yang terdiri dari 20 gigi. Pada saat ini, anak memulai menyikat gigi dua kali sehari mengunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dengan tekstur yang lembut seperti pasta gigi Pepsodent Kids.

Pertumbuhan gigi anak

Ketika anak mencapai usia 5 atau 6 tahun, gigi susu biasanya akan tanggal dan digantikan oleh gigi tetap atau gigi permanen. Pada saat ini, rongga mulut anak akan dipenuhi oleh campuran gigi susu dan gigi permanen, dan umumnya gigi permanen akan menggantikan seluruh gigi susu ketika anak berusia 12–13 tahun. Jika Anda khawatir karena gigi anak lama tumbuh setelah tanggal, Anda perlu tahu bahwa biasanya gigi susu yang tanggal akan digantikan oleh gigi permanen dalam waktu 1 minggu hingga 6 bulan. Jika gigi pengganti belum muncul dalam jangka waktu satu tahun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter gigi.

Pertumbuhan gigi terakhir

Gigi terakhir yang tumbuh adalah gigi geraham ketiga atau dikenal juga sebagai gigi bungsu, yang tumbuh pada usia sekitar 17–25 tahun. Gigi bungsu terletak paling belakang dan karena letaknya ini, gigi bungsu seringkali tidak mendapat ruang yang cukup untuk pertumbuhannya, sehingga tumbuh tidak selaras seperti miring ke dalam atau ke luar. Selain bisa menimbulkan rasa nyeri, pertumbuhan gigi bungsu yang tidak selaras berpotensi meyebabkan berbagai masalah dan penyakit gigi karena plak gigi lebih mudah tertimbun akibat letaknya yang lebih sulit dijangkau. Untuk menghindari masalah-masalah ini, umumnya gigi bungsu perlu dicabut.

Pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi

Kesehatan gigi sangatlah penting karena berimbas pada kesehatan tubuh  secara keseluruhan. Kunci kesehatan gigi yang paling dasar dan paling penting adalah membiasakan diri melakukan rutinitas kebersihan gigi:

  1. Mulai sejak bayi. Rutinitas kebersihan gigi harus dimulai sejak dini. Orang tua harus mulai membawa anak-anak ke dokter gigi dalam waktu 6 bulan setelah gigi pertama anak tumbuh. Orangtua juga perlu membersihkan gigi bayi setiap sehabis makan dan sebelum tidur menggunakan sikat gigi khusus bayi atau kain kassa lembut yang bersih dan steril. Untuk anak saat gigi pertama kali tumbuh sampai usia 3 tahun, gunakan selapis tipis pasta gigi dan tidak lebih dari ukuran biji beras.
  2. Ajari anak menyikat gigi dengan benar. Biasakan anak menyikat gigi minimal dua kali sehari selama  2 menit di pagi hari sesudah makan dan malam hari sebelum tidur. Walaupun anak mungkin belum mahir menyikat gigi, hal ini penting dilakukan untuk menanamkan kebiasaan menyikat gigi yang akan dibawa hingga dewasa. Dampingi anak menyikat gigi untuk memastikan gigi anak benar-benar bersih. Gunakan sikat gigi dan pasta gigi dari Pepsodent Kids yang diformulasi khusus bagi anak-anak. Untuk anak usia 3-6 tahun, berikan pasta gigi dengan ukuran sebesar kacang polong saja.
  3. Tingkatkan terus kebiasaan memelihara kebersihan gigi. Selain menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride seperti pasta gigi Pepsodent Kids, ketika anak beranjak dewasa, ajarkan mereka menggunakan benang gigi secara teratur.
  4. Rutin periksa ke dokter gigi. Sedari kecil, biasakan membawa anak untuk mengunjungi dokter gigi minimal sekali setiap 6 bulan untuk menghindari masalah-masalah gigi. Menurut laporan Edelman, anak-anak yang tidak mendapat pemeriksaan rutin, hampir dua kali lebih mungkin mengalami rasa sakit atau memiliki kebersihan gigi dan mulut yang buruk.

Sekarang Anda sudah mengetahui seluk beluk pertumbuhan gigi, waktunya untuk mulai konsisten merawat gigi dan senyum Anda sekeluarga!

Petualangan Little Brush Big Brush

Pepsodent memiliki misi untuk memerangi gigi berlubang. Selama lebih dari 25 tahun, kami telah mengajarkan anak-anak untuk menyikat gigi di pagi dan malam hari.

Petualangan Little Brush Big Brush dari Pepsodent adalah serangkaian episode video yang menampilkan karakter binatang berbulu yang membimbing anak-anak dalam 21 hari perjalanan mereka menyikat gigi. Ada 21 episode karena itu waktu yang dibutuhkan untuk membangun kebiasaan! Setiap episode berakhir dengan tutorial menyikat gigi selama 2 menit agar ritual sikat gigi menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak-anak.

Mengikuti saran terbaik dari teman-teman baru ini akan membantu anak-anak Anda menjadikan rutinitas menyikat gigi yang baik jadi suatu kebiasaan.

Bergabunglah dengan Pepsodent dalam memberantas kerusakan gigi. Tonton video pertama dari daftar putar YouTube Adventures of Little Brush Big Brush untuk memulai perjalanan Anda!