Skip to content
Sekeluarga menyikat gigi bersama di kamar mandi

Kapan gigi susu tanggal?

Anak Anda sudah tak sabar menunggu peri gigi untuk mengunjungi mereka? Gigi susu tanggal selama masa kanak-kanak, tetapi untungnya, tidak semua gigi susu copot pada waktu yang sama. Pada usia berapa gigi susu jatuh dan apa urutannya? Ikuti panduan ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Apa itu gigi susu?

Jika semuanya berjalan dengan baik, 20 gigi susu copot selama masa kanak-kanak. Dalam kasus yang jarang terjadi, gigi susu tidak tanggal dan berada di tempat lebih lama dari yang diharapkan. Mengapa? Dalam kasus ini, gigi dewasa yang seharusnya mengganti gigi bayi ini tidak tumbuh dan karena itu tidak dapat mendorong kembali akar gigi susu dan membuatnya jatuh. Ini disebut agenesis gigi. Kondisi ini sering didiagnosis oleh dokter gigi pada waktu yang diperkirakan gigi susu seharusnya telah tanggal.

Kapan gigi susu lepas?

Susunan gigi susu pada anak dan posisinya seringkali mempengaruhi urutan kapan gigi susu copot.  Gigi susu pertama yang tanggal adalah gigi yang tumbuh pertama kali. Poin-poin berikut dapat memberi Anda indikasi usia gigi susu tanggal menurut posisinya:

  • 5–6 tahun: gigi susu pertama yang tanggal cenderung gigi seri tengah bawah.
  • 6–7 tahun: gigi seri atas dan gigi seri lateral tanggal.
  • Berusia 11–12 tahun: gigi taring bawah dan atas tanggal, diikuti oleh molar pertama bawah dan atas.
  • Sekitar 13 tahun: geraham bawah dan atas kedua tanggal.

Indikasi usia gigi susu tanggal ini adalah rata-rata dan tidak berarti bahwa anak Anda akan kehilangan giginya sesuai dengan jadwal yang tepat. Jangan terlalu khawatir jika gigi susu tidak tanggal sesuai rentang usia di atas. Setiap anak memiliki langkah perkembangannya sendiri dan gigi susu mereka akan tanggal dengan cukup cepat pada akhirnya.

Bagaimana cara merawat gigi susu?

Meskipun nantinya gigi susu lepas, sangatlah penting untuk merawatnya. Setidaknya ada dua alasan mengapa penting untuk membantu anak Anda dalam merawat gigi mereka:

  • Membangun kebiasaan menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik sejak dini.
  • Gigi susu yang busuk dapat merusak gigi permanen.

Untuk menyikat gigi secara optimal, pilih pasta gigi yang sesuai dengan usia anak Anda seperti Pasta Gigi Anak Pepsodent Kids Mild Mint yang diformulasikan khusus untuk gigi susu anak dan disempurnakan dengan Flouride, rasa mint yang lembut dan sedikit busa yang disukai anak. Gunakan juga sikat gigi yang lembut dan efektif, seperti Sikat Gigi Pepsodent Kids. Sikat gigi ini didesain khusus untuk anak-anak dengan bulu sikat yang lebih lembut agar mampu membersihkan sela-sela gigi tanpa melukai gusi. Sikat ini juga hadir dalam beberapa warna dan 4 karakter yang berbeda, singa, kangguru, tikus, dan kuda. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak artikel kami tentang cara mengajari anak menyikat gigi.

Anda sekarang tahu susunan gigi susu pada anak dan gigi susu mana yang lebih dulu tanggal. Langkah selanjutnya: kunjungan peri gigi!