Skip to content
Seorang anak sedang menyikat gigi

Perkembangan Gigi: Berapakah Jumlah Gigi Susu Anak? 

Keberadaan peri gigi dengan tradisi menukar gigi susu yang tanggal dengan uang mungkin bukanlah sesuatu yang populer di Indonesia. Namun begitu, pergantian gigi susu dengan gigi tetap merupakan momen istimewa bagi anak Anda. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang gigi susu – jumlah gigi susu anak, perbedaan gigi susu dengan gigi tetap, dan tentang momen tanggalnya gigi susu pertama yang dinanti-nanti, baca panduan ini untuk tahu jawabannya. 

Berapa jumlah gigi susu anak?

Gigi susu tidaklah permanen. Gigi susu adalah gigi ‘sementara’ yang tumbuh pada usia kanak-kanak dan akan tanggal untuk digantikan oleh gigi dewasa. Umumnya, jumlah gigi susu anak adalah dua puluh: delapan gigi seri, empat gigi taring, dan delapan gigi geraham. Gigi susu muncul bergantian pada anak-anak, yang pertama muncul biasanya adalah gigi seri depan bawah. 

Tahap-tahap utama terbentuknya gigi susu dapat dibagi menjadi periode perkembangan gigi geligi sebagai berikut

  • Periode bantalan gusi: sejak lahir sampai sekitar 6- 7 bulan. 
  • Periode gigi desidui: sekitar usia 6-7 bulan sampai kira-kira 3 tahun. Pada usia 6-7 bulan, gigi desidui atau gigi susu pertama muncul pada bayi, meskipun kadang-kadang ada bayi yang lahir dengan satu atau dua gigi. Akibatnya, gigi kemudian akan muncul lebih terlambat, tetapi tidak perlu khawatir: jumlah gigi susu yang muncul pada tahun pertama kehidupan bayi tergantung pada anaknya. Setiap anak tumbuh dan berkembang dengan kecepatan yang berbeda! Pada usia sekitar 3 tahun, biasanya anak Anda sudah memiliki satu set gigi susu lengkap.   
  • Periode gigi bercampur: usia sekitar 5-6 tahun. Gigi tetap akan mendorong dan melepaskan gigi susu. Periode ini ditandai dengan erupsi gigi geraham tetap dengan kondisi ada gigi susu dan gigi tetap di dalam rongga mulut anak. Usia di mana gigi susu pertama anak  tanggal berbeda-beda. Inilah saat yang ditunggu-tunggu! Jelaskan pada anak Anda bahwa gigi susu yang goyang secara alami akan digantikan oleh gigi tetap ketika gigi tersebut tanggal. Katakanlah bahwa dia akan segera memiliki senyum lebar yang indah! 
  • Periode gigi permanen atau gigi tetap: mulai usia 13 tahun ketika semua gigi tetap sudah erupsi sampai sekitar usia 21 tahun. 

Perbedaan gigi susu dan gigi tetap

Perbedaan yang paling terlihat adalah dari jumlahnya – orang dewasa memiliki lebih banyak gigi tetap dari gigi susu yang dimilikinya ketika anak-anak. Bentuk dan struktur gigi pun berbeda, misalnya, gigi susu memiliki akar yang lebih pendek dibanding gigi tetap sehingga gigi susu lebih mudah tanggal. 

Anatomi gigi susu sama dengan gigi tetap – enamel pada bagian terluar, lalu lapisan dentin di bawahnya, kemudian pulpa dan akar gigi. Perbedaannya, enamel dan dentin gigi susu lebih tipis daripada gigi tetap, menyebabkannya lebih rentan atas gigi berlubang. Oleh karena itu, penting bagi para orang tua untuk memberikan pasta gigi berfluoride khusus anak-anak seperti Pasta Gigi Pepsodent Kids untuk mencegah timbulnya lubang pada gigi.

Berapa banyak gigi susu yang akan tanggal? 

Jika semua berjalan lancar, seluruh gigi susu akan tanggal satu persatu. Orang dewasa memiliki gigi tetap lebih banyak dari jumlah gigi susu pada anak-anak. Sementara kita kehilangan hanya 20 gigi susu, ketika dewasa kita biasanya memiliki 32 gigi tetap – dengan catatan gigi bungsu kita tumbuh dengan lengkap. Lalu gigi susu mana yang tanggal terlebih dulu? Biasanya ini adalah gigi seri bawah, gigi yang juga biasanya muncul duluan. 

Lalu apakah gigi geraham susu akan tanggal juga? Pada beberapa kasus langka, gigi susu bisa bertahan jika gigi tetap yang seharusnya menggantikannya memang tidak ada. Kondisi ini disebut agenesis gigi. Biasanya terjadi pada gigi geraham bungsu, anomali ini jarang terjadi pada gigi yang lain. Namun jangan khawatir, fenomena ini tidak berbahaya dan biasanya didiagnosa pada usia ketika gigi susu seharusnya tanggal. Gigi susu bisa jadi tidak akan tanggal karena tidak ada gigi tetap yang mendorongnya, atau gigi susu tersebut bisa tanggal namun tidak ada gigi yang menggantikannya. Perawatan prostesis gigi ketika dewasa adalah perawatan yang paling umum dilakukan jika gigi yang hilang tersebut menimbulkan masalah teknis. 

Bagaimana cara merawat gigi susu?

Gigi susu mempunyai peranan penting sebelum gigi tetap muncul, dan sangat penting untuk mengajarkan praktik kebersihan gigi dan mulut pada anak Anda mulai dari gigi pertamanya dengan membiasakan untuk menyikat gigi dua kali, pagi setelah makan dan malam sebelum tidur. Kebiasaan baik ini akan mengikutinya seumur hidup! 

Pilihlah sikat gigi dan pasta gigi yang sesuai untuk usia anak Anda dan memberikan perlindungan terhadap gigi berlubang. Untuk anak saat gigi pertama kali tumbuh sampai usia 3 tahun, gunakan selapis tipis pasta gigi dan tidak lebih dari ukuran biji beras. Untuk anak usia 3–6 tahun, berikan pasta gigi dengan ukuran sebesar kacang polong saja. Dari usia 6 tahun, anak-anak bisa menggosok gigi mereka sendiri. Aplikasikan pasta gigi sepanjang bulu sikat gigi khusus anak, sampai usia 12-13 tahun ketika gigi permanen telah erupsi semua.

Sekarang Anda sudah tahu berapa banyak gigi susu yang akan tanggal, gigi susu mana yang akan tanggal duluan, dan bagaimana cara merawatnya supaya senyum anak Anda selalu ceria.