Skip to content
Pasangan sedang menyikat gigi dan tersenyum

5 Manfaat Pasta Gigi Paling Utama

Kebersihan gigi adalah hal yang penting untuk dijaga. Buruknya kebersihan gigi akan menyebabkan berbagai masalah gigi. Ini tak hanya dapat mengganggu kenyamanan Anda sehari-hari tapi juga bisa mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Jika berbicara tentang kebersihan gigi, pasta gigi adalah bagian tidak terpisahkan. Simak fakta penting tentang fluoride sebagai bahan pasta gigi serta sejumlah manfaat pasta gigi untuk kesehatan gigi dan mulut. 

Apakah fluoride?

Sebagian besar pasta gigi saat ini mengandung bahan fluoride yang berperan penting dalam menambah khasiat pasta gigi bagi kesehatan dan kebersihan gigi. Fluoride adalah mineral yang dapat ditemukan pada tulang dan gigi. Mineral ini juga dapat ditemukan pada air, tanaman, bebatuan dan udara. Fluoride pertama kali digunakan sebagai bahan pasta gigi pada 1914, setelah dilakukannya serangkaian penelitian yang mengungkap kegunaan fluoride yang dapat mencegah kerusakan gigi secara alami. 

Manfaat fluoride dalam pasta gigi 

Khasiat pasta gigi untuk kesehatan dan kebersihan gigi erat kaitannya dengan kandungan fluoride di dalamnya. Berikut ini adalah lima manfaat fluoride dalam pasta gigi untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi serta untuk menambah kepercayaan diri Anda lewat senyum yang cemerlang. 

1. Memperlambat hilangnya mineral dari enamel gigi. Saat bakteri di dalam mulut mengurai gula dan karbohidrat yang Anda konsumsi, bakteri tersebut akan memproduksi asam. Sedikit demi sedikit asam akan mengikis mineral dari enamel gigi, sebuah proses yang dikenal dengan sebutan demineralisasi. Jika enamel gigi kehilangan mineralnya, gigi menjadi rentan diserang bakteri yang mengakibatkan gigi berlubang. Manfaat fluoride untuk gigi dalam hal ini dapat memperlambat proses demineralisasi. Gosoklah gigi secara teratur agar enamel gigi tetap kuat. 

2. Mengembalikan kekuatan enamel gigi. Salah satu fungsi pasta gigi yang mengandung fluoride adalah membantu mengembalikan kekuatan enamel gigi. Asam yang diproduksi bakteri akan mengikis kandungan mineral penting kalsium dan fosfat gigi. Fluoride  membantu proses remineralisasi atau pembentukan kembali mineral gigi dengan cara menangkap mineral dari air liur dan mendorong kalsium dan fosfat kembali ke gigi sehingga enamel tetap menjadi kuat. 

3. Mencegah gigi berlubang. Manfaat fluoride untuk gigi berlubang adalah kemampuannya untuk menghentikan proses awal rusaknya gigi karena bakteri. Dengan menyikat gigi secara teratur menggunakan pasta gigi berfluoride, enamel gigi dapat memperbaiki dirinya sendiri dengan bantuan fluoride dan mineral dari air liur. Perhatikan gejala awal gigi berlubang, yaitu timbulnya bercak berwarna putih pada gigi. Bila ini terjadi, tingkatkan kebersihan gigi Anda untuk menghindari gigi berlubang. 

4. Mencegah tumbuhnya bakteri berbahaya. Ada banyak bakteri yang ada di dalam mulut. Sebagian bakteri bermanfaat namun sebagian lainnya berbahaya, misalnya bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Gigi berlubang diakibatkan adanya infeksi jenis bakteri berbahaya yang menggunakan gula untuk memproduksi asam. Dalam hal ini, fungsi pasta gigi yang mengandung fluoride adalah mencegah bakteri berbahaya berkembang biak dan merusak gigi. 

5. Membuat napas menjadi segar. Banyaknya bakteri yang ada di mulut dapat menimbulkan bau napas yang tidak sedap. Hal ini dapat mempengaruhi rasa percaya diri dan kenyamanan. Hindari hal ini dengan menyikat gigi secara teratur menggunakan pasta gigi seperti Pepsodent Siwak merawat kekuatan gigi dan menyegarkan napas. 

Sekarang Anda sudah mengetahui betapa pentingnya pasta gigi untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi. Pastikan Anda menggunakannya dengan benar agar dapat menikmati manfaatnya secara maksimal. Temukan panduannya dalam artikel kami cara menggunakan pasta gigi yang baik.