Skip to content
Seorang anak di dokter gigi menunjuk model peraga mulut

Apa Itu Canker Sores dan 4 Cara Mengobati Sariawan

Canker sores (aphthous ulcers atau recurrent aphthous stomatitis) atau lebih dikenal masyarakat umum sebagai sariawan merupakan masalah kesehatan yang umum dialami, namun efeknya cukup mengganggu kegiatan sehari-hari. Sariawan dapat muncul di mana saja di dalam mulut – gusi, bagian dalam bibir dan pipi, bahkan langit-langit mulut – dan rasa nyerinya bisa menyebabkan sulit makan, sulit berbicara, bahkan sulit tidur. Biasanya sariawan akan hilang sendiri setelah beberapa hari tetapi Anda bisa mempercepat proses penyembuhannya.  Simak apa penyebab sariawan, bagaimana meredakan sariawan, dan cara mengobati sariawan secara alami serta cara mencegahnya.

Apa penyebab sariawan?

Canker sores adalah jenis sariawan berupa luka kecil seperti lepuhan yang muncul di jaringan lunak dalam mulut dan bisa muncul di bagian dalam mulut, lidah ataupun gusi. Canker sores berbeda dengan sariawan cold sores yang disebabkan oleh virus herpes. Cold sores bisa menular, sedangkan  canker sores tidak  menular. Anda bisa membaca artikel ini untuk penjelasan lebih jauh tentang macam-macam sariawan berdasarkan penyebabnya.

Tiga macam canker sores:

  • Sariawan kecil. Jenis sariawan yang paling umum, lukanya dangkal dan biasanya hilang sendiri dalam waktu 4-14 hari.
  • Sariawan besar. Ukurannya lebih besar dan butuh waktu penyembuhan lebih lama, sampai sekitar 6 minggu.
  • Herpetiform. Sariawan kecil muncul dalam jumlah banyak dan biasanya hilang dalam waktu kurang dari 30 hari.

Gejala canker sores umumnya ditandai dengan semacam luka atau lepuhan kecil berbentuk bulat dan berwarna putih yang dikelilingi daerah kemerahan dan menyebabkan rasa nyeri di dalam mulut. Beberapa penyebab sariawan di lidah, gusi, dan bagian dalam mulut yang paling umum antara lain;

  • Berkurangnya daya tahan tubuh.
  • Kekurangan vitamin B12, zat besi, dan atau asam folat.
  • Cedera pada lapisan dalam mulut seperti misalnya bagian dalam bibir yang secara tidak sengaja tergigit
  • Perubahan hormon.
  • Pemasangan kawat gigi.
  • Hipersensitivitas terhadap jenis makanan tertentu, seperti makanan asam atau pedas.
  • Kebersihan gigi dan mulut yang buruk

Sariawan membutuhkan waktu dalam penyembuhan. Beberapa cara mengobati sariawan secara alami  dapat Anda coba untuk membantu meredakan sariawan dan mempercepat proses penyembuhannya:

  1. Berkumur dengan air garam. Garam berperan sebagai anti bakteri dan anti inflamasi alami yang juga membantu mencegah infeksi dalam mulut. Cukup campurkan dua sendok teh garam dapur ke dalam segelas air hangat, lalu berkumurlah dengan air garam tersebut. Ulangi beberapa kali dalam sehari sampai sariawan mengecil.
  2. Oleskan madu. Madu juga merupakan agen anti bakteri dan anti inflamasi alami yang mengurangi nyeri dan mempercepat pemulihan sariawan.
  3. Sentuhkan es batu. Dinginnya es batu dapat membuat kebal terhadap rasa nyeri di mulut
  4. Menggunakan obat kumur atau mouthwash. Pilihlah obat kumur tanpa alkohol yang memiliki khasiat anti mikroba atau anti inflamasi. Obat kumur Pepsodent Mouthwash Herbal Natural efektif membantu melawan bakteri dan memberikan rasa nyaman di mulut. Mouthwash ini cocok digunakan untuk sariawan pada tempat yang sensitif seperti sariawan di lidah.

Jika Anda mengalami rasa nyeri yang berlebihan atau ukuran dan jumlah sariawan membesar dan sering kambuh, segera kunjungi dokter.

Cara mencegah sariawan

Mencegah tentu lebih baik dari mengobati. Beberapa cara di bawah ini bisa dipraktikkan untuk mencegah sariawan.

  1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut yang baik. Rajinlah menyikat gigi dengan sikat gigi berkualitas baik dan berbulu sikat lembut agar tidak melukai jaringan lunak dalam mulut, seperti sikat gigi Pepsodent Bamboo Salt. Gunakan obat kumur antiseptik tanpa alkohol, rutin menggunakan benang gigi, dan kunjungi dokter gigi untuk perawatan rutin setiap 6 bulan.
  2. Terapkan pola makan sehat. Cukupi nutrisi harian dan cukupi kebutuhan vitamin B12 dan zat besi- konsumsi suplemen bila perlu. Hindari konsumsi berlebih makanan pemicu sariawan seperti makanan pedas dan asam. Hidrasi tubuh dengan baik.
  3. Kurangi stress. Tidur yang cukup dan olahraga yang teratur mengurangi kadar stress Anda dan dapat berperan mencegah sariawan datang kembali.

Tak perlu takut jika sariawan muncul, atasi sariawan dengan langkah-langkah di atas dan bebaskan kembali senyum sehat Anda!