Skip to content
Seorang gadis muda minum segelas susu

Apa Saja Makanan Yang Baik Untuk Gigi?

Anda  sering mendengar tentang  dampak negatif dari makanan dan minuman asam atau yang mengandung kadar gula tinggi pada gigi. Tetapi adakah makanan yang bagus untuk gigi? Bagaimana dengan makanan yang menguatkan gigi? Simak artikel ini untuk mengetahui makanan sehat untuk gigi apa sajakah yang bisa Anda konsumsi bersama keluarga, tanpa perlu merasa bersalah!

Kandungan dalam makanan yang menyehatkan gigi

Untuk mengetahui jenis-jenis makanan yang menyehatkan gigi, sebaiknya kita juga mengetahui nutrisi  apa sajakah yang bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut. Zat-zat tersebut antara lain:

  1. Kalsium. Kalsium merupakan mineral yang berperan penting dalam pembentukan jaringan keras di gigi. Inilah mengapa kalsium sangat penting terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan gigi. Ibu hamil dan menyusui juga membutuhkan asupan kalsium yang lebih dari biasanya. Kekurangan kalsium dalam tahap perkembangan benih gigi (bud) dapat menyebabkan bahan pembentuk gigi menjadi lunak.
  2. Fosfor. Mineral fosfor dalam makanan yang telah diserap oleh tubuh akan berubah menjadi fosfat, lalu bersama-sama dengan kalsium dan vitamin D, fosfat bekerja untuk memperbaiki dan memperkuat tulang dan gigi.
  3. Fluoride. Fluoride adalah zat yang dapat melindungi gigi dari kerusakan dan mencegah terbentuknya lubang gigi. Fluoride dapat diserap oleh gigi secara sistemik (melalui makanan dan minuman) dan secara lokal melalui aplikasi topikal.
  4. Vitamin A. Vitamin A berperan untuk mendukung pembentukan email dalam tahap pertumbuhan gigi. Selain itu, vitamin A juga memiliki sifat antioksidan yang dapat mengatasi infeksi gusi dari dalam.
  5. Vitamin D. Berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfat.
  6. Vitamin C. Kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan lemahnya serat-serat jaringan ikat dalam pembentukan email gigi, sehingga dapat menyebabkan gigi menjadi goyah. Vitamin C juga berperan penting dalam produksi kolagen yang ikut membentuk jaringan gusi.

Lalu apa sajakah makanan yang bagus untuk gigi?

Banyak dari makanan yang menguatkan gigi mengandung satu atau lebih zat-zat di atas. Makanan yang membuat gigi kuat tersebut antara lain:

  • Susu dan produk turunannya. Susu merupakan sumber utama kalsium, sehingga termasuk salah satu makanan untuk menguatkan gigi yang terbaik. Susu juga mengandung vitamin D dan protein, yang dapat menurunkan tingkat keasaman dalam mulut dan mencegah kerusakan gigi. 
  • Makanan yang kaya protein, seperti kacang-kacangan, daging, ikan, dan telur. Makanan dengan protein tinggi ini mengandung banyak kalsium, fosfor, dan vitamin D.
  • Sayur-sayuran. Sayuran seperti wortel, serta sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi kaya akan vitamin A dan termasuk dalam makanan yang baik untuk gigi. Sayuran juga mengandung vitamin C yang juga baik untuk gusi. 
  • Telur dan minyak ikan. Kandungan vitamin D dalam telur dan minyak ikan sangat tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan gigi dan tubuh secara keseluruhan.
  • Buah-buahan. Buah seperti jeruk, nanas, raspberry, kiwi, dan melon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Apel, terutama, dikenal sebagai buah yang dapat mengurangi plak pada gigi, dan merupakan salah satu makanan untuk menguatkan gigi yang terbaik. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang mana buah-buahan yang bermanfaat dan mana yang membahayakan kesehatan gigi, cek artikel ini.
  • Teh. Teh hijau mengandung fluoride yang berperan memperbaiki dan mencegah gigi berlubang, serta memperkuat email gigi. Selain itu, teh juga bersifat antibakteri sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut. 

Tentunya, mengonsumsi makanan sehat untuk gigi, tidak berarti bisa lalai dalam menjaga kebersihan dasar gigi dan mulut. Sisa-sisa makanan tersebut juga bisa tertinggal dalam mulut dan menyebabkan timbulnya plak. Baca juga artikel kami tentang makanan penyebab bau mulut dan cara mengatasinya. Untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, sikatlah gigi secara rutin selama 2 menit di pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur dengan pasta gigi berfluoride untuk melindungi gigi Anda dari lubang gigi.