Skip to content
Seorang wanita tersenyum sambil menyikat giginya

Apakah Fluoride dan Apa Fungsi Fluoride Untuk Gigi?

Fluoride adalah bahan yang biasa Anda temukan di banyak merek pasta gigi, tetapi Anda mungkin bertanya-tanya: apakah sebenarnya fluoride? Mengapa penggunaan fluoride dalam pasta gigi begitu dianjurkan? Artikel ini menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui tentang fluoride; fungsi fluoride pada pasta gigi, serta komposisi dan manfaat fluoride untuk gigi dan kesehatan Anda. 

Apakah fluoride itu?

Fluoride adalah mineral yang terjadi secara alami, membantu mencegah gigi berlubang pada anak-anak dan orang dewasa dengan membuat permukaan luar gigi Anda (enamel) lebih kuat terhadap serangan asam yang menyebabkan kerusakan gigi.

Hampir semua air mengandung fluoride, tetapi biasanya tidak cukup untuk mencegah kerusakan gigi. Kebutuhan seseorang akan fluoride tergantung pada usia dan jenis kelaminnya. Sumber asupan fluoride termasuk air minum dan pasta gigi. Dalam kasus defisiensi fluoride, dokter mungkin akan memberi resep suplemen yang mencakup fluoride (misalnya tablet atau cairan) dan produk gigi profesional lainnya.

Apakah peran fluoride untuk gigi? 

Fluoride memiliki peranan penting dalam pencegahan gigi berlubang. Defisiensi fluor bisa mendemineralisasi email gigi dan menjadikannya rapuh. Karena itu, ada tiga manfaat fluoride yang utama untuk kesehatan gigi dan mulut Anda:

  • Membunuh bakteri penyebab plak gigi 
  • Mengurangi tingkat kelarutan email gigi dalam suasana asam. 
  • Remineralisasi kembali lesi pada email.

Manfaat fluoride untuk gigi telah disetujui oleh komunitas ilmiah. Untuk memastikan asupan harian fluoride yang cukup, Anda bisa menggunakan pasta gigi berfluoride1. Penambahan fluoride pada pasta gigi pada dasarnya bertujuan untuk mengembalikan mineral di gigi yang hilang akibat asam yang berasal dari bakteri dan makanan atau minuman bergula. Simak juga artikel kami tentang manfaat pasta gigi.

Pasta gigi mengandung fluoride dapat diberikan pada anak-anak yang berusia 2 tahun ke atas. Hal ini untuk mencegah tertelannya fluoride dalam pasta gigi dalam jumlah besar. Dosis fluoride pada pasta gigi fluoride kemudian dapat ditingkatkan perlahan-lahan, dan inilah alasan di balik pentingnya memilih pasta gigi fluoride yang sesuai dengan usia anak Anda. 

Manfaat pasta gigi mengandung fluoride untuk anak-anak antara lain:

  • Mencegah gigi berlubang. Gigi anak-anak rentan berlubang karena umumnya mereka mengonsumsi susu, yang mengandung gula.
  • Memperkuat email gigi.
  • Mencegah gigi keropos.
  • Membatasi dan mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut.
  • Mencegah email gigi kehilangan mineral.

Akan tetapi, pasta gigi mengandung fluoride bukanlah perawatan gigi yang terbatas pada anak-anak saja. Fluoride yang terkandung di dalam pasta gigi juga penting bagi orang dewasa untuk melawan terbentuknya karies gigi. 

Sekarang Anda sudah tahu fungsi fluoride pada pasta gigi dan bagaimana menggunakan jumlah fluoride yang tepat pada gigi Anda dengan memilih pasta gigi berfluoride yang memberikan perlindungan yang baik terhadap gigi berlubang dan memperkuat email gigi dalam jangka panjang. 

Salah satu contoh pasta gigi berfluoride yang bisa Anda coba adalah Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang, kandungan kalsium aktif dan mikro-fluoridenya dapat menguatkan gigi dan memberikan perlindungan maksimal dari gigi berlubang.