Skip to content
Gambar buah-buahan

Buah yang Baik Untuk Gigi: Pro dan Kontra

Buah kaya akan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat. Artikel ini membahas tentang manfaat buah yang baik untuk gigi seperti buah untuk gusi bengkak, buah untuk menghilangkan bau mulut, atau buah untuk memutihkan gigi,  dan mengapa kita  perlu waspada dalam mengonsumsi buah-buahan.

Buah yang baik untuk gigi dan manfaatnya

Buah-buahan mengandung banyak sekali vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut, utamanya vitamin A dan vitamin C, seperti yang dijelaskan dengan lebih detail oleh artikel ini. Beberapa buah yang bagus untuk gigi di antaranya adalah:

  • Apel. Apel adalah salah satu buah yang bisa menghilangkan bau mulut. Mengunyah apel diketahui bisa mengurangi plak pada gigi dan merangsang produksi air liur -hal inilah yang menjadikannya buah untuk menghilangkan bau mulut yang baik. 
  • Jeruk. Jeruk kaya akan vitamin C dan merupakan salah satu buah yang baik untuk gusi bengkak karena khasiat antioksidannya. Selain jeruk, melon dan buah dari keluarga beri merupakan buah untuk gusi bengkak yang baik juga.
  • Lemon. Lemon mengandung asam malat yang memiliki sifat bleaching sehingga lemon sering digunakan sebagai buah untuk memutihkan gigi. Namun hindari melakukan metode ini di rumah karena keasamannya dapat merusak enamel gigi. Cara yang tepat dalam mendapatkan khasiat lemon adalah dengan memilih pasta gigi yang mengandung lemon dengan formula yang tepat dan aman untuk gigi.
  • Cranberry. Kandungan polifenol di dalam buah cranberry diduga dapat melawan berbagai masalah gigi dan mulut seperti karies gigi, periodontitis, bahkan kanker mulut sehingga secara teoritis cranberry adalah buah yang bagus untuk gigi.. Akan tetapi, masih diperlukan banyak penelitian untuk mengetahui seluk beluk klaim ini. 
  • Jambu biji. Jambu biji disebut mengandung vitamin C lebih banyak dari jeruk dan menjadi salah satu buah yang baik untuk kesehatan gigi. Ditambah lagi, daun jambu biji memiliki khasiat antimikroba yang dapat meredakan inflamasi sehingga jambu biji juga diyakini sebagai buah yang bagus untuk sakit gigi.

Masih banyak lagi buah-buahan lain dengan khasiat yang serupa. Pada umumnya, buah-buahan dengan tekstur yang keras seperti apel, pir, atau salak adalah buah yang bisa menghilangkan bau mulut karena ketika Anda mengunyahnya, produksi air liur terangsang. Air liur berfungsi membilas mulut dan menekan perkembangan bakteri sehingga bau mulut dapat diatasi.

Apa akibat yang tak diinginkan dari buah-buahan terhadap kesehatan gigi dan mulut?

Meskipun buah-buahan memiliki khasiat mengagumkan untuk kesehatan gigi dan mulut, bukan berarti Anda dapat mengonsumsinya tanpa pertimbangan. Buah-buahan memiliki kandungan fruktosa tinggi, yaitu gula sederhana dengan molekul kecil sehingga mudah berdifusi ke dalam plak dan dengan cepat dipecah oleh bakteri menjadi asam. Hal ini kemudian akan berakibat pada lemahnya email gigi dan dapat menyebabkan gigi berlubang. Simak juga artikel kami yang lain tentang makanan-makanan penyebab bau mulut dan cara mengatasinya. 

Buah-buahan yang asam, seperti jeruk, nanas, atau lemon, juga perlu diwaspadai karena memiliki risiko yang lebih tinggi . Sebaiknya konsumsi buah-buahan tersebut dalam jumlah secukupnya saja. 

Jangan lupa untuk disiplin menjaga kesehatan gigi dan mulut!

  1. Terapkan diet sehat yang seimbang. Konsumsi buah-buahan dengan jenis yang bervariasi untuk mendapatkan manfaat buah-buahan yang seimbang. Hindari mengonsumsi buah-buahan dalam bentuk jus buah karena kandungan gula tambahannya bisa menyebabkan berbagai masalah gigi dan mulut. Imbangi konsumsi buah-buahan dengan makanan lain untuk diet yang sehat.
  2. Rutinitas kebersihan gigi dan mulut. Sikat gigi secara teratur selama dua menit di pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Hindari menyikat gigi langsung sehabis mengonsumsi buah atau makanan yang asam, tunggu setidaknya 30 menit sebelum menyikat gigi. Gunakan pasta gigi yang memberikan perlindungan terhadap email seperti Pepsodent Expert Protection Enamel Shield dengan kandungan Zinc-Citrate yang memberikan perlindungan terhadap bakteri dan plak hingga 24 jam dan membantu proses remineralisasi pada permukaan email gigi.

Sekarang Anda tahu buah yang baik untuk kesehatan gigi, termasuk buah yang baik untuk gusi bengkak, atau buah yang menghilangkan bau mulut, serta bagaimana mengonsumsi buah yang aman untuk gigi. Tak perlu takut untuk makan buah demi senyum segar Anda, asalkan jangan berlebihan.