Skip to content

Cara Menggunakan Pasta Gigi Yang Benar

Apakah Anda berkumur berkali-kali setelah menggosok gigi? Jika jawabannya ya, maka sayang sekali. Manfaat dari konsentrasi fluoride yang terkandung dalam pasta gigi terbuang sebelum dapat bekerja secara maksimal. Mengetahui cara menggunakan pasta gigi yang benar akan memungkinkan Anda merasakan manfaat pasta gigi dalam membantu menjaga kesehatan dan kebersihan gigi. Simak panduan cara menggunakan pasta gigi berikut, pertahankan senyum cemerlang Anda dengan memanfaatkan kegunaan pasta gigi yang efektif mencegah kerusakan gigi.

Pengertian pasta gigi 

Pengertian pasta gigi sendiri adalah pembersih gigi dengan bentuk pasta yang dipakai dengan cara dioleskan pada sikat gigi. Salah satu contoh pasta gigi yang dapat digunakan untuk menjaga kebersihan gigi dan mencegah gigi berlubang adalah Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang. Pasta gigi ini memiliki Formula Double Action dengan Active Micro-Calcium dan Pro-Fluoride Complex untuk perlindungan maksimal terhadap gigi berlubang.

Panduan cara menggunakan pasta gigi yang benar

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah selama ini Anda menyikat gigi dengan benar? Berikut ini adalah panduan yang dapat Anda jadikan referensi sebagai cara menggunakan pasta gigi untuk hasil akhir yang maksimal. 

• Perhatikan banyaknya pasta gigi. Untuk anak saat gigi pertama kali tumbuh sampai usia 3 tahun, menggunakan selapis tipis pasta gigi dan tidak lebih dari ukuran biji beras. Untuk anak usia 3-6 tahun, berikan pasta gigi dengan ukuran sebesar kacang polong saja. Bagi anak-anak, penggunaan odol secara berlebihan dapat mengganggu perkembangan gigi. Sementara itu bagiusia 6 tahun ke atas hingga dewasa, aplikasikan pasta gigi sepanjang bulu sikat.

• Sikat gigi dengan cara yang benar. Sikatlah gigi selama minimal dua menit. Untuk memaksimalkan kegunaan odol, sikat gigi sedikit demi sedikit dengan gerakan memutar dan bulu sikat menghadap 45 sudut ke arah gusi. Sikat bagian luar dan dalam gigi, serta permukaan kunyah gigi. Ingat juga untuk menyikat lidah untuk mengusir bakteri dan membuat napas lebih segar. 

• Jangan berkumur terlalu sering setelah sikat gigi. Pastikan Anda mempraktikkan cara memakai pasta gigi yang benar dan cukup berkumur satu kali setelah sikat gigi. Kegunaan pasta gigi untuk gigi akan berkurang efektifitasnya jika Anda berkumur terlalu banyak karena kandungan fluoride yang seharusnya dapat mencegah gigi rusak, malah terbuang bersama air. 

• Mengganti sikat gigi secara berkala. Cara memakai pasta gigi yang benar harus dipraktikkan dengan menggunakan sikat gigi yang berkualitas. Gantilah sikat gigi setidaknya tiga bulan sekali. Sikat gigi yang tidak diganti dapat menjadi tempat bakteri berkembang biak dan dapat berujung kepada infeksi gigi. Selain itu, kualitas bulu sikat juga lama kelamaan akan menurun sehingga berpengaruh kepada kemampuannya untuk membersihkan gigi. 

• Menyikat gigi 30 menit setelah makan. Menyikat gigi segera setelah makan tidak disarankan karena sesaat setelah makan air liur mengandung kadar asam yang lebih tinggi. Jika Anda langsung menyikat gigi setelah makan, maka asam akan mengikis lapisan enamel lebih dalam. Idealnya, tunggulah 30 menit setelah makan sebelum menyikat gigi agar Anda bisa secara maksimal menikmati kegunaan pasta gigi untuk gigi.

Dengan mengetahui cara menggunakan pasta gigi yang benar, kualitas kesehatan dan kebersihan gigi Anda akan menjadi lebih baik. Dampaknya tentu saja akan membuat Anda lebih percaya diri untuk mengembangkan senyum menawan Anda. Perkaya pengetahuan Anda lewat artikel kami tentang cara memilih pasta gigi terbaik sesuai dengan kebutuhan.