Skip to content
Sekeluarga tersenyum sambil memegang sikat gigi mereka

Cara Menyikat Gigi Yang Baik dan Benar Untuk Seluruh Keluarga

Kita mungkin sudah menyikat gigi secara teratur, tapi apakah kita sudah melakukannya dengan benar? Simak cara menyikat gigi dengan benar, untuk Anda dan keluarga Anda!

Kebersihan gigi dan mulut memiliki peranan penting dalam meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Dari bayi hingga manula, menjaga kebersihan gigi dan mulut sangatlah penting. Satu hal sederhana yang harus dilakukan untuk memastikannya adalah dengan menggosok gigi dengan benar. Karena telah melakukannya selama bertahun-tahun sejak kecil, kita semua tahu apa itu gosok gigi. Tetapi ternyata, banyak dari kita yang masih menggosok gigi dengan cara yang salah.

Tips Menggosok Gigi

  1. Dua kali sehari selama 2 menit. Gosok gigi Anda secara teratur selama 2 menit di pagi hari setelah sarapan dan di malam hari sebelum tidur. Anda dapat menggunakan stopwatch atau musik berdurasi 2 menit untuk mengukur berapa lama waktu yang harus dihabiskan untuk menyikat semua permukaan gigi Anda. 
  2. Gunakan pasta gigi fluoride. Sangat penting untuk memilih pasta gigi dengan konsentrasi fluoride yang tepat untuk kebutuhan Anda. Untuk orang dewasa, oleskan pasta gigi di sepanjang bulu sikat.
  3. Gunakan sikat gigi yang tepat. Pilihah sikat gigi dengan ukuran dan bentuk yang nyaman di mulut Anda , seperti Sikat Gigi Pepsodent Gentle care yang memiliki leher sikat 3 sudut memudahkan Anda  menjangkau setiap sudut mulut dengan mudah.
  4. Mintalah saran dan rekomendasi dokter gigi akan kebutuhan menyikat gigi Anda berdasarkan kondisi dan riwayat kesehatan gigi Anda dan ikuti instruksinya.

Langkah-langkah Menyikat Gigi Yang Benar

  1. Tempatkan sikat gigi Anda pada sudut 45 derajat ke gusi.
  2. Gerakkan sikat ke depan dan ke belakang dengan perlahan dalam sapuan pendek (lebar gigi).
  3. Sikat permukaan luar, permukaan dalam, dan permukaan mengunyah gigi.
  4. Untuk membersihkan permukaan bagian dalam gigi depan, miringkan sikat secara vertikal dan buat beberapa sapuan ke atas dan ke bawah.
  5. Setelah selesai menyikat gigi, sikat lidah Anda untuk mengurangi risiko bakteri yang menumpuk di lidah.
  6. Bilas mulut satu — dua kali saja agar Anda tidak menghilangkan sisa fluoride dari pasta gigi dan mengurangi manfaatnya.

Cara Menggosok Gigi Anak

Menurut penelitian Edelman, anak-anak dengan kesehatan gigi dan mulut yang baik dapat melakukan lebih banyak kegiatan menyenangkan yang mereka sukai. Gunakan pasta gigi berfluoride yang diformulasikan khusus untuk anak-anak seperti Pasta Gigi Pepsodent Kids . Untuk anak-anak, dari saat gigi pertama muncul hingga 3 tahun, gunakan lapisan tipis pasta gigi, tidak lebih dari seukuran butir beras. Untuk anak-anak 3-6 tahun, jumlah ideal pasta gigi yang digunakan tidak lebih dari ukuran biji kacang polong. Dari usia 6 tahun, oleskan pasta gigi di sepanjang bulu sikat gigi khusus anak sampai usia 12-13 tahun ketika gigi permanen telah tumbuh semua.

Perlihatkan cara menggosok gigi dengan benar kepada anak Anda dengan membuat gerakan memutar kecil dari gusi ke enamel. Pilih sikat gigi anak seperti Sikat Gigi Pepsodent Kids yang bisa digunakan untuk anak berusia di atas 2 tahun, didesain khusus untuk anak-anak dengan bulu sikat yang lebih lembut agar mampu membersihkan sela-sela gigi tanpa melukai gusi. Untuk mengetahui lebih lanjut, baca artikel kami cara mengajar anak menyikat gigi.

Cara Menyikat Gigi Behel yang Benar

Cara membersihkan gigi berbehel tidak selalu mudah. Gerakan-gerakan menyikat gigi berbehel sebenarnya sama saja dengan gerakan menyikat biasa; buat gerakan-gerakan kecil melingkar dari arah gusi menuju arah gigi. Posisikan sikat gigi dengan sudut 45° terhadap gusi Anda. 

Wajar jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara membersihkan gigi berbehel. Yang utama dalam cara menyikat gigi behel adalah memastikan bahwa tiap bagian dibersihkan dengan baik dan seksama. Mungkin prosesnya akan memakan waktu lebih dari 2 menit dan Anda harus berkonsentrasi supaya tidak ada daerah yang terlewat dan terlupakan. Teruskan menyikat gigi Anda 2 kali sehari di pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Anda bisa menggunakan pasta gigi untuk gigi behel yang sesuai untuk situasi ini seperti Pepsodent Sensitive Expert Enamel Care untuk gigi sensitif yang membantu mengatasi masalah gusi dan melindungi email gigi.

Selain mengetahui cara menyikat gigi behel yang benar, sangatlah penting untuk melakukan kontrol rutin ke dokter gigi ketika Anda sedang dalam perawatan gigi dengan behel. Dokter gigi akan melakukan pembersihan, mengganti kawat atau karet behel, dan melakukan pengecekan behel secara keseluruhan. Hindari konsumsi makanan yang keras dan lengket, juga makanan dan minuman manis dan asam yang bisa menyebabkan gigi berlubang. Simak juga artikel kami tentang bagaimana menghilangkan karang gigi

Cara membersihkan gigi palsu 

Untuk pemakai gigi palsu, dianjurkan untuk menyikat gigi palsu Anda setiap selesai makan dengan sikat gigi khusus dan membersihkannya dengan desinfektan setiap malam sebelum tidur. Anda dapat menggunakan pembersih khusus gigi palsu atau cuka putih untuk membersihkan gigi palsu. Rendamlah gigi palsu selama 2–3 menit dalam larutan pembersih atau cuka sebelum menyikatnya dengan lembut untuk mengurangi penumpukan karang gigi. Sikatlah dengan lembut menggunakan sabun atau air hangat untuk mencegah penimbunan kotoran. Untuk mengetahui lebih lanjut, baca artikel kami tentang cara perawatan gigi palsu.

Menyikat gigi adalah langkah pertama dalam rutinitas kesehatan gigi dan mulut yang baik. Jangan lupa, gunakan benang gigi setiap hari, lakukan pola makan sehat, dan kunjungi dokter gigi secara teratur setiap 6 bulan, hal ini akan membantu Anda mendapatkan gigi dan gusi yang bersih dan sehat!