Skip to content
Seorang wanita tersenyum, terlihat giginya

Cara Merawat Email Gigi

Anda sering mendengar tentang email gigi. Namun, apakah email itu, apa yang terjadi jika email gigi rusak, dan apakah kita bisa memperbaiki email gigi? Temukan jawabannya serta cara terbaik merawat email gigi di sini.

Apakah email gigi dan seberapa penting email bagi gigi kita?

Email gigi adalah lapisan paling luar pada gigi yang melindungi bagian-bagian lain dari gigi. Email merupakan lapisan yang sangat keras, jaringan terkuat pada tubuh manusia. Walaupun demikian, bukan berarti lapisan email tidak bisa rusak. Email adalah pertahanan pertama dan utama gigi terhadap zat-zat yang merusak seperti asam dari makanan dan minuman, serta kuman dan bakteri. Seiring waktu, zat-zat ini dapat menyebabkan email gigi rusak.

Email gigi yang rusak akan mengekspos bagian dalam gigi, yang tanpa perlindungan dari emailakan lebih rentan mengalami keropos dan pembusukan yang berujung pada sakit gigi, gingivitis, bahkan kehilangan gigi. Jika kerusakan email atau erosi pada email terjadi terus menerus tanpa tindakan memperbaiki email gigi, email gigi akan hilang. Sekali email hilang, lapisan tersebut tidak dapat ditumbuhkan atau digantikan lagi. Karena itulah, sangat penting bagi kita untuk merawat email gigi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang gingivitis, cek artikel ini. 

Penyebab email gigi rusak

Email rusak disebabkan oleh pengikisan email atau erosi email yang merupakan akibat dari beberapa hal berikut:

  • Akumulasi plak pada gigi
  • Makanan dan minuman: terutama yang manis, asam, atau soda
  • Kebiasaan menggeretakkan gigi atau bruxism
  • Penyakit asam lambung 
  • Kondisi mulut kering, yang juga bisa merupakan efek samping penyakit diabetes
  • Penggunaan obat-obat tertentu secara terus menerus
  • Teknik menyikat gigi yang salah

Bagaimana memperbaiki email gigi yang rusak?

Jika email gigi sudah terlanjur hilang, maka email tidak dapat digantikan lagi. Namun, email gigi yang terkikis dan menjadi lemah dapat diperkuat kembali melalui proses yang disebut remineralisasi gigi. Zat fluoride dan kalsium sangat baik digunakan untuk membantu proses remineralisasi gigi untuk memperbaiki email gigi yang mengalami pengikisan. Karena itulah, penting untuk memakai pasta gigi dengan kandungan fluoride di dalamnya.

Mencegah email rusak

Mengingat pentingnya email pada gigi, hal terbaik adalah mencegah jangan sampai email gigi rusak dengan merawatnya sebaik mungkin. Simak tips-tipsnya:

  1. Membersihkan gigi dan mulut dengan baik dan teratur. Kebersihan gigi dan mulut adalah kunci dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sikat gigi Anda dengan teratur selama 2 menit di pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Gunakan sikat gigi yang sesuai untuk Anda dan pasta gigi seperti Sensitive Expert by Pepsodent Enamel Care yang diperkaya dengan kandungan mineral HAP, yaitu bahan aktif penguat gigi yang membantu proses remineralisasi gigi dan melindungi gigi dari demineralisasi.
  2. Menggunakan benang gigi. Plak yang menumpuk juga menyebabkan erosi gigi, karena itu plak perlu dibersihkan dengan seksama. Salah satu cara mencegah plak menumpuk adalah dengan membersihkan sisa-sisa makanan di mulut dengan teliti menggunakan benang gigi. Kunjungi dokter gigi Anda setiap 6 bulan sekali untuk pembersihan gigi dan pemeriksaan rutin. Simak juga artikel kami tentang penyebab sakit gigi dan penanganannya
  3. Perhatikan asupan makanan Anda. Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis dan asam. Ingatlah untuk menunggu setidaknya 30 menit setelah makan untuk menyikat gigi supaya asam dari makanan tidak menyebabkan email rusak. Minumlah air putih yang cukup untuk mencegah mulut kering.

Sekarang Anda sudah tahu pentingnya email gigi dan bagaimana Anda bisa memperbaiki email gigi yang melemah. Cegah kerusakan email gigi dan rawatlah gigi sebaik mungkin untuk senyum indah tanpa khawatir!