Skip to content

Cara Tepat Lawan Bakteri pada Gigi dan Mulut

Mulut adalah salah satu organ tubuh yang memiliki populasi bakteri dalam jumlah banyak. Sebagian bakteri itu adalah bakteri yang baik yang membantu proses pencernaan makanan. Namun, sebagiannya lagi adalah bakteri jahat yang bisa menyebabkan berbagai masalah pada gigi dan mulut Anda. Bakteri-bakteri jahat itu, kalau dibiarkan berkembang biak bisa merusak gigi dan menyebabkan bau mulut. Dalam mengatasi dan mencegah bakteri-bakteri jahat berkembang biak adalah dengan menyikat gigi secara rutin menggunakan pasta gigi yang baik setiap hari.

Tapi, persoalannya adalah masih banyak orang yang belum mengetahui dan memahami cara tepat dalam merawat gigi dan mulut dari bakteri, sekalipun sudah menyikat gigi setiap hari, karena menyikat gigi setiap hari pun tidaklah cukup kalau cara menyikat gigi dan cara menggunakan pasta gigi ternyata tidak tepat.

Melawan Bakteri Jahat Pada Gigi dan Mulut

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah selama ini Anda menyikat gigi dengan benar atau sudah tepatkah pasta gigi yang digunakan? Berikut ini adalah panduan yang dapat Anda jadikan referensi untuk melawan bakteri jahat pada gigi dan mulut.

● Perhatikan Banyaknya Pasta Gigi

Untuk anak saat gigi pertama kali tumbuh sampai usia 3 tahun, menggunakan selapis tipis pasta gigi dan tidak lebih dari ukuran biji beras. Untuk anak usia 3-6 tahun, berikan pasta gigi dengan ukuran sebesar kacang polong saja. Bagi anak-anak, penggunaan odol secara berlebihan dapat mengganggu perkembangan gigi. Sementara itu bagi usia 6 tahun hingga dewasa, aplikasikan pasta gigi sepanjang bulu sikat.

Usahakan aplikasikan jumlah yang tepat sesuai umur dan gunakan pasta gigi yang tepat dan efektif untuk mengatasi bakteri. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan pasta gigi Pepsodent Action 123 Anti Bacterial yang memiliki 3 keunggulan dalam satu pasta gigi, yaitu mencegah gigi berlubang, membuat gigi tampak putih dan membuat nafas lebih segar. Kekuatan anti bacterial-nya membantu Anda dan keluarga melawan kuman setiap menyikat gigi.

● Mengganti Sikat Gigi secara Berkala

Cara memakai pasta gigi yang benar harus dipraktikkan dengan menggunakan sikat gigi yang berkualitas. Gantilah sikat gigi setidaknya tiga bulan sekali. Sikat gigi yang tidak diganti bisa menjadi tempat bakteri berkembang biak dan dapat berujung kepada infeksi. Selain itu, kualitas bulu sikat juga lama kelamaan akan menurun sehingga berpengaruh kepada kemampuannya untuk membersihkan gigi. Anda bisa menggunakan sikat gigi Pepsodent Silver Charcoal Soft yang memiliki bulu sikat dengan partikel silver dan charcoal yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri jahat.1

● Lengkapi dengan Berkumur Menggunakan Mouthwash

Menyikat gigi memang sangat penting dalam merawat gigi dan mulut, namun akan sangat baik kalau Anda juga melengkapinya dengan berkumur menggunakan mouthwash setelah menyikat gigi. Anda bisa menggunakan Pepsodent Mouthwash Herbal Natural dengan formulasi khusus tanpa alkohol yang efektif dalam membantu melawan bakteri jahat dan memberikan rasa nyaman pada mulut Anda.

● Sikat Gigi dengan Cara yang Benar

Sikatlah gigi selama minimal dua menit. Untuk memaksimalkan kegunaan pasta gigi, sikat gigi sedikit demi sedikit dengan gerakan memutar dan bulu sikat menghadap 45 sudut ke arah gusi. Sikat bagian luar dan dalam gigi, serta permukaan kunyah gigi. Ingat juga untuk menyikat lidah untuk mengusir bakteri dan membuat napas lebih segar.

Selain itu, tidak disarankan untuk menyikat gigi segera setelah makan, karena sesaat setelah makan air liur mengandung kadar asam yang lebih tinggi yang akan mengikis lapisan enamel lebih dalam. Idealnya, tunggulah 30 menit setelah makan sebelum menyikat gigi agar Anda bisa secara maksimal menikmati kegunaan pasta gigi untuk gigi.

Dengan mengetahui cara yang tepat dan efektif untuk melawan bakteri jahat, kualitas kesehatan dan kebersihan gigi Anda akan menjadi lebih baik. Dampaknya tentu saja akan membuat Anda lebih percaya diri untuk mengembangkan senyum menawan Anda. Perkaya pengetahuan Anda lewat artikel kami tentang cara memilih pasta gigi terbaik sesuai dengan kebutuhan.