Skip to content
Dua orang sedang menyikat gigi

Daftar Cek Untuk Kebersihan Gigi dan Mulut

Kebersihan gigi dan mulut perlu dijaga dan dirawat setiap hari. Mendisiplinkan diri dengan kebiasaan baik adalah cara menjaga kebersihan mulut dan gigi yang terbaik dan  menghindarkan Anda dari masalah gigi lainnya. Tips-tips di bawah ini akan membahas mengenai periksa gigi tiap 6 bulan sekali dan kebiasaan-sehari-hari  yang baik  dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut Anda dan juga si buah hati. 

Cara menjaga kebersihan gigi dan mulut: hal-hal yang harus Anda lakukan setiap hari 

Kebersihan mulut dan gigi yang baik dapat diperoleh  dengan kebiasaan yang baik pula; temukan  4 rutinitas baik yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut:  

  1. Minum air yang cukup : membantu mengeliminasi bakteri dan membantu air liur membilas sisa-sisa makanan untuk membersihkan mulut Anda. Mulut kering sering menyebabkan berkembangnya bakteri dan bau mulut.
  2. Batasi konsumsi makanan ringan dan produk-produk manis dan asam. Ingatlah untuk selalu menunggu setidaknya 30 menit setelah selesai makan untuk menggosok gigi Anda jika Anda mengonsumsi makanan asam pada waktu makan. 
  3. Selalu menggosok gigi selama 2 menit setiap pagi setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur:
    • Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat halus dan tipis seperti Pepsodent Silver Charcoal untuk membersihkan hingga ke sela-sela gigi  serta pasta gigi berfluoride, seperti Pepsodent Expert Protection yang memberikan perlindungan terhadap plak dan bakteri selama 24 jam. Simak artikel kami tentang manfaat pasta gigi.
    • Buat gerakan-gerakan melingkar dari arah gusi menuju gigi supaya tidak menyakiti gusi Anda.
  4. Gunakan benang gigi setiap hari untuk menghilangkan sisa makanan dan plak di antara gigi.  
  5. Jadikan kebiasaan-kebiasaan baik ini menjadi kebiasaan rutin seluruh anggota keluarga dengan cara mengajarkannya sedini mungkin kepada anak-anak Anda untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan gigi.

 

Selain 4 kebiasaan baik seperti di atas, berikut cara menjaga kebersihan mulut dan gigi yang juga harus Anda lakukan secara berkala.

 

Sekali sampai dengan dua-tiga kali setiap minggu

  • Bakteri juga hidup di permukaan lidah Anda. Sikat lidah Anda dengan bagian belakang gagang sikat gigi Anda apabila sikat gigi memiliki bagian kasar yang diperuntukkan untuk menyikat lidah. Pada dasarnya, lidah akan membersihkan dirinya sendiri secara alami dan merupakan organ yang rapuh sehingga Anda tidak perlu membersihkannya setiap harir. Gunakan sikat gigi dengan pembersih lidah seperti SIkat Gigi Pepsodent Silver Charcoal yang  bermanfaat untuk menjaga napas tetap segar.

 

Setiap 3 bulan sekali

  • Gantilah sikat gigi Anda supaya Anda tidak menggunakan sikat gigi yang usang dan kotor yang kemungkinan tidak dapat membersihkan gigi Anda dengan maksimal. 

 

Setiap enam bulan sekali

  • Lakukan pemeriksaan gigi rutin ke dokter gigi Anda. Selain periksa gigi untuk mengecek adanya karies, lakukan pembersihan karang gigi setidaknya enam bulan sekali. Cek dokter gigi i ini sangat penting untuk mencegah terbentuknya karang gigi dan untuk merawat gigi berlubang sesegera mungkin. 

Sekarang Anda sudah tahu kebiasan dan cara menjaga kebersihan gigi dan mulut yang benar serta kapan waktunya untuk pemeriksaan gigi rutin,  Dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan ini, senyum indah Anda akan semakin indah dan tetap bersih lebih lama!