Skip to content
Sikat Gigi Pepsodent Panda Bamboo

Macam-Macam Sikat Gigi: Memilih Sikat Gigi yang Benar

Menyikat gigi adalah perawatan tubuh wajib yang rutin kita lakukan. Mengingat frekuensi menyikat gigi yang dianjurkan – minimal dua kali sehari – tentu sebaiknya kita tidak sembarangan dalam memilih sikat gigi. Ada begitu banyak merek sikat gigi – namun seperti apa sikat gigi yang bagus dan tepat bagi Anda untuk mengoptimalkan kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut? Artikel ini menyajikan panduan mengenai bermacam-macam sikat gigi yang umum tersedia di pasaran dan cara memilih sikat gigi yang benar, serta beberapa tips seperti cara sikat gigi yang baik dan benar dan kapan sebaiknya Anda ganti sikat gigi lama Anda.

Macam-macam sikat gigi dan bagaimana memilih sikat gigi yang benar dan tepat untuk Anda

Banyaknya merek sikat gigi yang ada di pasaran mungkin membuat Anda bingung, namun sejatinya Anda bisa memilih jenis sikat gigi berdasarkan hal-hal berikut

1.     Ukuran dan bentuk kepala sikat

Sikat gigi yang bagus adalah sikat gigi yang sesuai dengan kebutuhan dan bentuk atau morfologi mulut Anda. Jika Anda memiliki rahang dan gigi yang besar-besar, bentuk kepala sikat kotak dengan bulu sikat yang lebih banyak  akan lebih sesuai untuk membersihkan seluruh permukaan gigi Anda. Sebaliknya, jika rahang Anda kecil, bentuk kepala sikat oval dengan ujung yang mengecil akan bisa menjangkau seluruh permukaan gigi sampai ke bagian gigi paling belakang. Pilihlah sikat dengan bentuk dan ukuran yang paling nyaman untuk gigi dan mulut Anda.

2.     Jenis bulu sikat

Bulu sikat gigi biasanya dibagi berdasarkan tingkat kekerasannya -soft, medium, hard- dan pola bulu sikat – datar dan bergelombang. Jika Anda memiliki gusi normal yang sehat dan tidak mudah berdarah, maka Anda bisa memilih tingkat kekerasan bulu sikat yang mana saja. Namun patut Anda ingat bahwa menggosok gigi terlalu keras dapat melukai gusi Anda. Sedangkan jika Anda memiliki gigi sensitif atau gusi yang mudah berdarah, pilihlah bulu sikat gigi lembut atau soft.

Sikat gigi dengan bulu sikat lembut juga merupakan pilihan sikat gigi untuk gigi behel yang baik. Simak artikel tentang penyebab gusi berdarah dan penanganannya. Selanjutnya, permukaan bulu sikat yang datar dirancang untuk membersihkan permukaan gigi secara menyeluruh, dan permukaan yang bergelombang dirancang untuk menjangkau permukaan gigi di sebelahnya.

3.     Gagang sikat gigi

Bentuk dan bahan sikat gigi juga bermacam-macam. Gagang sikat yang lurus memudahkan Anda mengontrol pergerakan sikat gigi, sedangkan gagang bengkok memudahkan Anda menggenggamnya dan membantu kepala sikat menjangkau sudut-sudut mulut. Beberapa sikat gigi Pepsodent seperti Pepsodent Bamboo Salt, Pepsodent Silver Charcoal, dan Pepsodent Double Care memiliki leher 3 sudut yang mampu membersihkan gigi hingga paling belakang sehingga Anda mendapat perlindungan yang lebih maksimal.

Selain itu masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri. Pepsodent Bamboo Salt dengan bahan alami di setiap helai bulunya, Pepsodent Silver Charcoal dengan partikel silver dan charcoal untuk mengurangi pertumbuhan bakteri, serta bulu sikat 0,01 mm yang lembut pada Pepsodent Double Care untuk mempermudah membersihkan sela-sela gigi.  Gagang sikat gigi konvensional biasanya terbuat dari bahan plastik, namun sikat gigi bambu mulai menjadi pilihan yang populer belakangan ini. Kelebihan sikat gigi bambu terletak pada bahannya yang natural sehingga ramah lingkungan.

4.     Sikat gigi elektrik atau manual

Jika Anda tidak memiliki keterbatasan gerak misalnya mengidap artritis atau radang pada sendi pergerakan, sikat gigi manual sudah cukup baik untuk Anda. Kelebihan sikat gigi elektrik biasanya terletak pada fitur-fitur seperti fitur getaran untuk menandakan waktunya berpindah menyikat bagian gigi yang lain, atau fitur sensor tekanan.

Dari berbagai macam jenis sikat gigi di atas, Anda juga bisa menentukan sikat gigi untuk anak dan bayi yang tepat. Sebaiknya pilih ukuran sikat gigi yang sesuai dengan usia anak. Sikat gigi lembut atau sikat gigi elektrik juga bisa menjadi pilihan sikat gigi untuk bayi dan anak yang tepat. Sikat Gigi Pepsodent Kids, didesain khusus untuk anak-anak dengan bulu sikat yang lembut agar mampu membersihkan sela-sela gigi tanpa melukai gusi.

Merawat sikat gigi Anda

  • Selalu bersihkan sikat gigi sebelum dan sesudah dipakai
  • Perhatikan tempat menyimpan sikat gigi. Simpan sikat gigi di tempat yang bersih dan kering. Sebaiknya jangan menyimpan sikat gigi di kamar mandi atau toilet.
  • Jangan bersama-sama memakai satu sikat gigi. Pemakaian bersama meningkatkan risiko penyebaran virus dan bakteri.
  • Ganti sikat gigi secara rutin. Sebaiknya ganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali atau ketika bulu sikat sudah terlihat rusak.

Yang terpenting, pilihan sikat gigi Anda harus disertai teknik sikat gigi yang baik dan benar:

  • Gunakan pasta gigi berfluoride, untuk usia di atas 6 tahun, oleskan pasta gigi sepanjang bulu sikat gigi
  • Genggam sikat dengan kepala sikat membentuk sudut 45 terhadap gusi
  • Sikat gigi dengan gerakan melingkar, maju dan mundur secara perlahan
  • Gunakan ujung kepala sikat untuk membersihkan bagian dalam gigi depan dengan gerakan pendek dari arah gusi ke gigi
  • Sikat lidah dengan lembut. Setelah selesai menyikat gigi selama sedikitnya dua menit, tidak usah berkumur berkali-kali, cukup sekali saja.

Dengan panduan lengkap memilih sikat gigi yang baik dan benar di atas, Anda bisa tersenyum yakin ketika mengunjungi pusat perbelanjaan untuk memilih dan membeli sikat gigi Anda!