Skip to content
Pasta gigi Pepsodent dengan arang dan lemon

Manfaat arang aktif untuk gigi

Charcoal atau arang dikenal dengan kemampuannya untuk menyerap kotoran, tetapi bagaimana dengan manfaat arang untuk gigi? Banyak sekali puji-pujian tentang khasiatnya dalam membantu menghilangkan noda yang disebabkan oleh makanan dan minuman seperti kopi, anggur merah, dan teh, serta untuk menjaga senyum tetap cerah. Apakah sebenarnya manfaat arang aktif atau activated charcoal untuk gigi? Temukan jawabannya di artikel ini, beserta cara menggunakan arang aktif untuk memutihkan gigi. 

Jenis arang apakah yang digunakan untuk gigi?

Arang lebih sering diasosiasikan dengan panggangan barbekyu bersama rekan-rekan daripada dengan kebersihan gigi dan mulut. Jangan sampai tertukar! Arang ada beberapa jenis, arang yang dipakai untuk panggangan tidak sama dengan jenis arang yang dipakai untuk gigi. Arang terbentuk dari pembakaran kayu dan dapat berasal dari pohon yang berbeda-beda.

Ketika kita berbicara tentang manfaat arang untuk gigi, kita sebenarnya membicarakan arang aktif (activated charcoal). Arang aktif terbentuk dari kayu lunak (seperti kayu pohon bambu atau tempurung kelapa), di mana hasil karbonisasi bahan-bahan tanaman tersebut menghasilkan bubuk hitam dengan permukaan berpori yang memiliki kemampuan menyerap tinggi. 

Manfaat arang aktif untuk gigi

Ada begitu banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat gigi Anda, arang adalah salah satu bahan pokok alami dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut. Apa sajakah manfaat arang aktif untuk gigi? Simak penjelasannya berikut ini.

  • Efek menjernihkan arang pada gigi. Arang aktif dikenal dengan kemampuannya membersihkan secara menyeluruh. Arang aktif juga membantu menghilangkan bakteri dan racun, menjadikannya baik untuk mengatasi bau mulut secara alami dan merawat senyum Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sikat gigi yang mengandung charcoal dapat mencegah kontaminasi bakteri karena memiliki sifat antimikroba.
  • Efek anti noda dari arang untuk memutihkan gigi. Aksinya dapat membantu mengurangi noda dan mencegah gigi menjadi kekuningan. Salah satu cara menggunakan arang untuk memutihkan gigi adalah dengan memilih pasta gigi yang diformulasikan dengan activated charcoal untuk gigi untuk memberikan perlindungan menyeluruh terhadap kebersihan gigi dan mulut. 

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang manfaat bahan-bahan alami lainnya untuk gigi, cek artikel ini.

Seperti halnya minyak atsiri, activated charcoal adalah bahan alami, namun bukan berarti Anda tidak perlu berhati-hati dalam penggunaannya. Sangatlah penting memilih produk berbahan activated charcoal yang tepat. Arang aktif murni memiliki sifat yang terlalu abrasif untuk enamel gigi dan dapat menyebabkan erosi gigi yang berujung kepada masalah-masalah gigi yang lebih parah, sehingga lebih baik untuk memilih produk-produk gigi dan mulut yang diformulasikan khusus untuk gigi dan diperkaya dengan activated charcoal untuk gigi Anda. 

Menggunakan pasta gigi charcoal yang telah teruji oleh BPOM merupakan cara paling aman dalam memutihkan gigi menggunakan bahan alami.  Seperti Pepsodent Charcoal dengan formula aktif yang membantu mengembalikan putih alami gigi Anda. Selain pasta gigi charcoal, Anda juga bisa menggunakan sikat gigi yang ujung-ujung bulu sikatnya mengandung charcoal, seperti sikat gigi Pepsodent Silver Charcoal.

Sekarang Anda tahu jenis arang apakah yang dapat Anda gunakan dalam memelihara kebersihan gigi dan mulut Anda, serta manfaat-manfaat activated charcoal demi senyum yang cerah alami.