Skip to content
Soda kue, lemon, jeruk nipis, segelas air dan sikat gigi di atas meja

Merawat Gigi dengan Bahan-bahan Alami

Banyak sekali yang bisa ditawarkan alam kepada kita. Baik untuk memutihkan gigi, menjaga napas tetap segar, atau merawat agar gigi terhindar dari gigi berlubang .Banyak bahan alami yang dapat membantu menjaga senyum Anda tetap menarik setiap hari. Simak artikel ini untuk mengetahui macam-macam manfaat bahan-bahan dari alam untuk kesehatan gigi dan mulut, seperti cara alami menghilangkan plak gigi, cara alami meredakan gusi bengkak, serta mengobati sakit gigi secara alami.

Bagaimana mencegah dan mengobati gigi berlubang secara alami?

Beberapa bahan berfungsi baik sebagai cara alami menghilangkan plak gigi untuk senyum yang sehat. Di antaranya adalah zinc, yaitu elemen penting yang menawarkan cara membersihkan karang gigi secara alami. Selain sangat penting bagi kesehatan kita, zinc juga sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut. JIka digabungkan dengan kebersihan gigi dan mulut yang terjaga baik, zinc dapat membantu melawan plak gigi Yang merupakan cikal bakal dari timbulnya karang gigi.

Mengatasi gigi berlubang atau dikenal sebagai karies secara alami memang sulit, karena itu sangatlah penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter gigi Anda sebelum mencoba cara membersihkan karang gigi secara alami yang Anda temukan di dunia maya. Pencegahan lebih baik daripada mengobati! Mempraktikkan pola makan yang seimbang, minum air putih secara teratur, dan membatasi makanan asam dan berkadar gula tinggi adalah cara terbaik untuk melawan atau bahkan mencegah terbentuknya karies.

Cara alami memutihkan gigi

Beberapa bahan alami yang terkandung dalam pasta gigi dapat memutihkan gigi dengan efektif. Di antaranya:

  • Calcium Carbonate/Perlite. Perlite merupakan bahan alami yang dapat membantu mengangkat noda hingga gigi tampak putih alami. Sebuah studi di Inggris menyebutkan, menyikat gigi 2 kali sehari selama dua minggu dengan pasta gigi mengandung perlite dapat menghilangkan noda pada gigi.
  • Activated Charcoal. Tekstur berpori pada activated charcoal dapat menyerap molekul bermuatan positif seperti racun dan gas. Ini membantu menjebak racun dan bahan kimia dalam usus*. Kini, activated charcoal banyak digunakan sebagai salah satu bahan dalam pasta gigi yang dikatakan membantu menghilangkan noda pada gigi dengan lembut. Seperti Pepsodent Charcoal yang telah diuji oleh BPOM. Pasta gigi ini mengandung charcoal yang berkualitas tinggi serta ekstrak lemon dari Italia dan formula aktif untuk membantu menghilangkan noda pada gigi dengan lembut.

Cara mengatasi gigi dan gusi sensitif secara alami

Untuk masalah gigi sensitif, tersedia juga pengobatan alami. Beberapa bahan di bawah ini adalah favorit kami untuk merawat gigi dan gusi sensitif:

  • Cengkeh dan juniper beri. Cengkeh meningkatkan sistem kekebalan tubuh sementara juniper dapat melindungi luka. Selain itu, cengkeh juga dikenal atas khasiatnya untuk mengobati sakit gigi secara alami. Minyak cengkeh mengandung eugenol yang dapat membunuh bakteri dan bersifat anestetik.
  • Siwak. Siwak berasal dari tumbuhan Salvadora persica (Miswak) yang mengandung zat-zat yang dapat mencegah penyakit gigi dan mulut. Anda bisa mencoba Pepsodent Siwak pasta gigi halal dengan ekstrak siwak dan mint, rawat kekuatan gigi dan segarkan nafas.

Cara menghilangkan bau mulut secara alami

Anda ingin napas segar alami? Dua bahan berikut merupakan andalan Anda dalam cara menghilangkan bau mulut secara alami untuk napas segar sepanjang hari.

  • Mint dan eukaliptus. Penting untuk napas yang segar! Aromanya yang menyegarkan terasa nikmat di mulut dan dapat bertahan untuk waktu yang lama.
  • Daun sirih. Daun ini telah lama dikenal mengandung anti-bacterial yang ampuh. Pepsodent Herbal mengandung daun sirih agar gigi dan mulut tetap sehat. Tak hanya itu, pasta gigi ini juga dilengkapi dengan garam yang dikenal sebagai bahan alami yang bermanfaat bagi mulut dan jeruk nipis yang dikenal dapat membantu memberikan rasa segar. Untuk mendapatkan hasil maksimum, coba juga Pepsodent Mouthwash Herbal Naturals, dengan formulasi tanpa alkohol, efektif membantu melawan bakteri dan memberikan rasa yang nyaman di mulut.

Bagaimana caranya merawat gigi Anda sekaligus merawat bumi?

Untuk merawat gigi Anda sekaligus melindungi bumi, pertimbangkanlah untuk mengganti sikat gigi tradisional Anda dengan sikat gigi yang gagangnya terbuat dari bambu. Sikat gigi bambu akan mengurangi sampah plastik dalam usaha Anda merawat bumi.

Mulai dari memutihkan gigi secara alami sampai dengan bahan terbaik untuk mengatasi plak gigi, alam adalah sahabat terbaik Anda untuk senyum yang sehat dan cerah.