Skip to content
Merdekakan Senyum Keluarga Anda dengan Kebersihan Gigi & Mulut

Merdekakan Senyum Keluarga Anda dengan Kebersihan Gigi & Mulut

Dampak pandemi telah dirasakan oleh semua orang. Rasa khawatir akan kesehatan hingga kondisi ekonomi yang merosot tajam membuat banyak orang terpuruk menuju jurang keputusasaan. Meski demikian, hidup harus terus berjalan. Senyum Indonesia pun dibutuhkan untuk sedikit menurunkan tensi dan menebar kebahagiaan. Senyum mungkin terlihat sederhana. Setiap orang bisa melakukannya tanpa harus membuang banyak tenaga. Namun di masa-masa sulit seperti sekarang ini, senyuman justru sangat dibutuhkan, karena di samping membantu mengurangi stres, tersenyum juga memberi banyak manfaat kesehatan.

 

Manfaat Tersenyum Bagi Kesehatan

Saat tersenyum, sedikitnya ada 12 otot wajah yang ikut bergerak. Hal ini seperti senam wajah yang secara tidak langsung membantu mengendurkan ketegangan di wajah dan memperlancar sirkulasi darah. Di samping itu, senyum Indonesia juga memiliki berbagai manfaat lain yang sulit untuk diabaikan.

●    Membantu Menghilangkan Stres

Di masa sulit seperti sekarang ini, tekanan hidup seakan semakin menjadi. Stres tidak lagi bisa dihindari bahkan sulit untuk ditangani. Kondisi seperti ini jelas bisa mempengaruhi kesehatan mental. Saat kesehatan mental terganggu, daya tahan tubuh juga ikut terpengaruh. Tersenyum memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan mental. Saat tersenyum, beban pikiran dan stres seakan langsung menghilang. Beban yang begitu berat terasa menjadi lebih ringan cukup dengan sebuah senyuman.

●    Memperbaiki Suasana Hati
Perasaan sedih, khawatir dan takut, setiap emosi negatif bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan mental dan tubuh. Suasana hati yang buruk bisa membuat segalanya terasa tidak menyenangkan dan cenderung meratapi nasib yang kurang beruntung. Tersenyum bisa membantu memperbaiki suasana hati yang sedang buruk. Suasana hati yang tadinya sendu bisa berubah menjadi lebih ceria dan penuh warna. Senyuman sendiri memang memiliki kemampuan untuk mengelabui tubuh. Karena itu, cobalah tersenyum saat hati diliputi emosi negatif.

●    Membantu Menjaga Kesehatan Mental
Lika-liku kehidupan kerap melahirkan dinamika emosi. Rasanya sangat mudah untuk terjebak dalam perasaan sedih yang berkelanjutan ataupun kekhawatiran yang berlebihan. Semua perasaan negatif yang terpendam bisa mempengaruhi kesehatan mental. Inilah awal dari depresi yang berpotensi mempengaruhi kehidupan secara keseluruhan. Tersenyum bisa membantu menjaga kesehatan mental. Saat tersenyum, tubuh akan melepaskan hormon endorfin. Hormon inilah yang memicu perasaan senang. Dengan tersenyum, Anda sebenarnya tengah menikmati sensasi menyenangkan sekaligus menjaga kesehatan mental.

●    Menstabilkan Tekanan Darah
Hingga saat ini, stroke masih menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia. Korbannya tidak lagi sedikit. Gaya hidup pun dipastikan memiliki andil besar di dalamnya. Namun tahukah Anda jika tekanan darah tinggi yang memicu serangan stroke bisa dilawan dengan senyuman? Saat tersenyum, tekanan darah cenderung mengalami penurunan. Hal ini tidak lepas dari kondisi pikiran yang cenderung lebih rileks saat Anda tersenyum. Karena itulah, penting untuk menjaga pikiran agar tetap positif untuk membantu menjaga tekanan darah.

●    Membantu Meningkatkan Imun Tubuh
Tersenyum memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Saat tersenyum, pikiran menjadi lebih tenang bahkan ada perasaan senang yang muncul. Pikiran positif dan perasaan senang seperti ini dapat mempengaruhi kesehatan mental. Kondisi tubuh pun ikut terpengaruh karenanya. Korelasi antara kesehatan tubuh dan kesehatan mental memang sudah terbukti. Di sisi lain, senyuman memiliki andil yang cukup besar dalam membantu menjaga kesehatan mental. Di sinilah peran senyuman dalam membantu menjaga sistem imun tubuh.



Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Senyum Cemerlang


Agar keluarga Indonesia dapat terus memancarkan senyum, kesehatan menjadi aspek yang paling penting diperhatikan, terutama kesehatan gigi dan mulut. Oleh karena itu, Pepsodent selalu hadir dengan rangkaian solusi yang dapat melindungi senyuman keluarga Indonesia – baik melalui produk maupun edukasi kesehatan gigi dan mulut yang berkelanjutan.
Untuk dapat tersenyum dengan lepas, kebersihan gigi dan mulut harus kita jaga. Dengan gigi dan mulut yang sehat, Anda pun akan lebih percaya diri dalam menebarkan senyuman. Menjaga kesehatan gigi tidak cukup dilakukan hanya dengan membersihkannya dengan pasta gigi pencegah gigi berlubang. Senyum cemerlang hanya bisa diperoleh dengan perawatan gigi yang utuh yang menyeluruh. Untuk lebih jelasnya, berikut cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang perlu Anda terapkan.

●    Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Baik untuk Gigi dan Mulut

Kesehatan tubuh manusia dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang mereka konsumsi. Hal yang sama juga berlaku pada kesehatan gigi dan mulut. Untuk itulah, penting untuk memperhatikan makanan dan minuman apa saja yang baik untuk gigi dan mulut Anda.

Makanan yang baik untuk gigi dan mulut ini pada dasarnya sama dengan makanan yang baik untuk kesehatan secara umum. Intinya di sini adalah mengonsumsi makanan yang kaya serat dan nutrisi. Makanan seperti ini bisa berasal dari biji-bijian, kacang-kacangan, sayur-sayuran, buah-buahan dan susu. Dengan memenuhi kebutuhan serat dan nutrisi, masalah gigi dan penyakit mulut bisa dihindari.

●    Rajin Menyikat Gigi
Sisa-sisa makanan yang menempel bisa mengganggu kesehatan gigi. Saat sisa makanan membusuk, hal tersebut bisa merusak gigi bahkan membuatnya berlubang. Karena itulah, penting untuk membiasakan rajin sikat gigi secara teratur dan memastikan tidak ada sisa makanan yang menempel di gigi. Menyikat gigi harus dilakukan minimal dua kali dalam sehari.

Waktu terbaik untuk melakukannya adalah pada pagi hari setelah sarapan dan waktu malam sebelum tidur. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride sendiri biasa dijumpai dalam air minum dan makanan. Zat yang satu ini juga banyak dijumpai di pasta gigi pencegah gigi berlubang. Dengan menyikat gigi secara teratur, masalah gigi berlubang bisa dihindari.

●    Sikat Gigi dengan Cara yang Benar
Sikat gigi ada caranya tersendiri. Jika dilakukan dengan cara yang salah, bukan manfaat yang akan didapatkan. Sebaliknya, gigi dan gusi justru bisa rusak. Saat menyikat gigi, jangan menekan terlalu keras. Gesekan yang terlalu kuat dapat mengikis lapisan enamel gigi dengan cepat. Lapisan enamel yang menipis inilah yang menjadi salah satu penyebab gigi sensitif. Tidak hanya itu, menyikat gigi terlalu keras juga berisiko merobek gusi. Sikat gigi dengan gerakan memutar dan lakukan dengan lembut. Idealnya, menyikat gigi dilakukan selama kurang lebih 2 menit. Selain itu, gunakan benang gigi atau dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi.

●    Rutin Berkonsultasi dengan Dokter Gigi
Kesehatan gigi dan mulut harus dipantau secara berkala. Untuk pemantauan sederhana, Anda memang bisa melakukannya secara mandiri. Namun dalam beberapa hal, Anda butuh bantuan dari sang ahli. Dokter gigi akan mengecek lubang yang ada pada gigi. Ia juga akan memeriksa kerusakan gigi dan penyakit gusi yang mungkin tengah Anda alami. Selain itu, dokter gigi juga bisa membantu membersihkan plak yang sulit dibersihkan dengan produk perawatan gigi biasa. Anda pun bisa mencegah masalah gigi yang lebih serius. Maka dari itu, disarankan untuk rutin memeriksakan gigimu ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali agar kesehatan gigi dan mulutmu dapat terjaga dengan baik.

●    Hindari Kebiasaan yang Dapat Merusak Gigi
Gaya hidup yang Anda terapkan akan sangat berpengaruh pada kesehatan gigi. Di samping kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik, ada beberapa kebiasaan buruk yang juga harus dihindari. Misalnya saja seperti kebiasaan merokok. Merokok dapat menghambat aliran darah yang menuju ke gusi. Saat aliran darah tidak lancar, gusi akan kekurangan oksigen dan nutrisi. Hal ini dapat berkembang menjadi penyakit gusi.

Tidak hanya itu, kebiasaan merokok juga bisa merusak lapisan enamel hingga jaringan gigi. Kebiasaan menggunakan gigi sebagai alat untuk memotong atau merobek sesuatu selain makanan juga sama buruknya. Kebiasaan seperti ini berisiko membuat gigi patah. Untuk itulah, penting bagi setiap individu untuk menerapkan gaya hidup sehat demi menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Merdekakan Senyum Keluarga Indonesia dengan Pepsodent Merah Putih

Setiap senyuman begitu berarti, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. Inilah yang Pepsodent yakini. Untuk melindungi senyuman dan menyebarkan energi positif untuk saling menguatkan, setiap senyuman harus dijaga dari masalah gigi berlubang. Sejalan dengan peringatan ulang tahun Republik Indonesia yang ke-75, Pepsodent juga meluncurkan pasta gigi edisi spesial Pepsodent merah putih demi merdekakan senyum keluarga Indonesia.

Keistimewaan Pepsodent Edisi Merah Putih
Edisi spesial merah putih merupakan salah satu bentuk adaptasi Pepsodent ke kebiasaan yang baru. Di masa yang serba sulit, senyuman keluarga Indonesia harus tetap dilindungi. Pepsodent merah putih menawarkan perlindungan yang dibutuhkan untuk menjaga senyuman tersebut. Bukan hanya itu, Pepsodent edisi spesial merah putih juga hadir dengan banyak keistimewaan lain diantaranya :

•    Design Kemasan unik melambangkan ke-bhineka-an Pahlawan Senyum dari seluruh Indonesia
•    Pasta gigi Merah-Putih yang dilengkapi kalsium, fluoride dan zinc. Kalsium dan fluoride dapat memberikan perlindungan maksimal dari gigi berlubang ditambahkan dengan zinc yang berfungsi sebagai anti bakteri untuk melawan lapisan bakteri yang ada pada gigi dan mulut kita. Kemasan Bijak Plastik Pertama di Indonesia, 100% Kemasan Pepsodent dapat di daur ulang. Demi memerangi masalah limbah plastik yang semakin meresahkan, Pepsodent turut berpartisipasi dalam kampanye daur ulang plastik dengan membuat inovasi kemasan yang ramah lingkungan. Mulai dari kemasan karton hingga tube, setiap bagian dari kemasan dapat didaur ulang. Inovasi ini dihadirkan demi masa depan yang lebih baik dan mendorong terwujudnya pasta gigi ramah lingkungan.
•    Donasi: Dengan membel Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih, Anda turut berdonasi untuk Merdekakan Senyum keluarga pemulung karena 2.5% dari laba penjualan Pepsodent Edisi Merah Putih ini akan didonasikan untuk program peningkatan kesejahteraan dan kesehatan pemulung.


Apresiasi Pepsodent Kepada Pemulung
Hari kemerdekaan adalah pesta rakyat yang seharusnya bisa dinikmati oleh setiap warga negara. Sebuah hari istimewa yang perlu dirayakan sekaligus dijadikan sebagai batu loncatan untuk meraih masa depan yang bebas dari limbah. Sejalan dengan misi pelestarian lingkungan, Pepsodent memberikan apresiasi tinggi kepada para pemulung sebagai pejuang sampah.

Apresiasi Pepsodent kepada pejuang sampah diwujudkan dengan mengajak masyarakat Indonesia menjadi pahlawan senyum demi merdekakan senyum para pemulung. Bekerja sama dengan Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) dan Kitabisa.com, Pepsodent membuka donasi yang hasilnya akan digandakan menjadi dua kali lipat dan disalurkan kepada para pejuang sampah dalam bentuk hygiene kit. Pepsodent juga akan mendonasikan 2,5% laba untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan pemulung dan keluarganya.

Sebagai program lanjutan, perawatan gigi dan mulut gratis akan disediakan untuk para pemulung dan keluarga. Demi membantu meningkatkan kesejahteraan para pemulung yang terdampak pandemi, Pepsodent juga akan menyediakan mesin press limbah plastik untuk membantu meningkatkan nilai jual dari limbah yang dikumpulkan.

Senyuman merupakan lambang optimisme dan harapan akan masa depan yang lebih baik. Untuk itu, Pepsodent mengajak putra putri bangsa untuk menjadi pahlawan senyum dan pahlawan lingkungan di hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75. Dengan berdonasi melalui Kitabisa.com, senyum para pemulung dan senyum Indonesia dapat dijaga.


Referensi:
halodoc.com/artikel/6-kebiasaan-ini-bisa-bantu-menjaga-kesehatan-mulut-dan-gigi
medcom.id/rona/kesehatan/yNLMmYgb-tips-menjaga-senyum-tetap-indah
cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170505072937-255-212428/lima-cara-menuju-senyum-yang-sehat
astaga.com/lifestyle/manfaat-senyum-bagi-kesehatan
health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-1781243/10-manfaat-senyum-bagi-kesehatan
health.detik.com/berita-detikhealth/d-3975783/5-cara-jaga-kesehatan-gigi-dan-mulut-untuk-hasilkan-senyum-yang-menawan-2
sehatq.com/artikel/manfaat-senyum-untuk-kesehatan-diri-dan-orang-lain
nakita.grid.id/read/02708619/mau-senyum-cerah-sehat-dan-menawan-lakukan-tips-ini-setiap-hari?page=all
zenyum.com/id-id/blog/3-rahasia-mendapatkan-senyum-yang-indah/
lifestyle.bisnis.com/read/20200413/219/1226002/pengaruh-pandemi-covid-19-pada-gaya-hidup-dan-kebiasaan-bekerja-orang-indonesia
Diakses pada: 8 Agustus 2020