Skip to content
Pasangan tua sedang tersenyum

Perawatan Gigi Palsu Untuk Senyum Sempurna

Apakah dokter gigi Anda menyarankan pemakaian gigi palsu atau prostesis gigi? Jika Anda ingin tahu tentang jenis gigi palsu atau cara membersihkan gigi palsu, panduan ini akan menjelaskan segala yang perlu Anda ketahui mengenai cara merawat gigi palsu, gigi palsu terbuat dari apa, dan bagaimana cara memasang gigi palsu. Anda pun bisa bersiap untuk membagikan senyum terbaik Anda dengan gigi baru Anda! 

Apakah prostesis gigi: jenis-jenis gigi palsu dan gigi palsu terbuat dari apa?

Prostesis gigi biasanya disarankan untuk menggantikan gigi yang hilang atau rusak. Gigi palsu sebagian untuk mengganti satu atau beberapa gigi yang hilang. Pengganti ini bisa berupa gigi palsu yang bisa dilepas-pasang, atau yang permanen: seperti misalnya veneer, crown gigi, atau implan gigi. Lalu apa sajakah bahan gigi palsu? Prostesis permanen seringkali dibuat dari logam atau keramik, sementara gigi palsu lepas pasang dicetak pada resin akrilik. Prostesis gigi dibuat khusus sesuai dengan cetakan gigi geligi Anda supaya pas di mulut. Meskipun dibutuhkan waktu adaptasi selama minggu-minggu pertama, prostesis gigi jaman sekarang telah menjadi semakin ergonomis dan makin nyaman untuk memastikan senyum yang nyaman alamiah.

Cara memasang prostesis gigi permanen

Setelah beberapa saat, Anda akan merasa terbiasa dengan gigi palsu Anda dan Anda tidak akan lagi menyadari bahwa Anda sedang menggunakan gigi palsu. Jika hal ini tidak terjadi, bisa jadi disebabkan oleh adanya masalah dalam pembuatannya dan segeralah berkonsultasi dengan dokter gigi Anda.  Dokter gigi mungkin akan memodifikasi bentuknya supaya lebih pas. Pengguna gigi palsu dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi secara teratur untuk memeriksa bahwa prostesis gigi tetap sesuai pada tempatnya dan terasa nyaman.

Cara memasang gigi palsu lepas pasang

Seperti gigi palsu permanen, gigi palsu lepas pasang juga harus pas di dalam mulut Anda untuk menyangga dirinya sendiri. Walaupun demikian, ada perekat gigi palsu yang didesain khusus untuk pemasangan yang lebih sesuai dan untuk mengurangi risiko gesekan sehingga Anda merasa lebih percaya diri tanpa harus khawatir gigi palsu akan lepas atau hilang.

Bagaimana cara melepas gigi palsu lepas pasang?

Gigi palsu lepas pasang harus dilepaskan setiap hari sebelum tidur, dan Anda juga harus tahu cara merawat gigi palsu tersebut. Sebelum mengetahui bagaimana cara melepaskan gigi palsu, penting untuk mengerti mengapa gigi palsu harus dilepas. Melepaskan gigi palsu setiap malam akan memberi kesempatan regenerasi bagi tulang rahang Anda, sebab tekanan yang terus menerus pada tulang rahang akibat adanya gigi palsu dapat merusaknya.

Berhati-hatilah ketika melepaskan gigi palsu Anda, karena bahannya sangat rapuh dan jika terjatuh, Anda mungkin memecahkannya. Jika Anda tidak dapat membersihkan gigi palsu Anda segera setelah melepaskannya, usahakan untuk merendamnya di dalam air dingin atau air hangat untuk mencegah cacat dan mencegahnya menjadi kering dan rapuh sementara menunggu untuk dibersihkan.

Cara membersihkan gigi palsu permanen dan lepas pasang

Ketika Anda mengenakan gigi palsu maupun tidak, kebersihan gigi dan mulut sangatlah penting untuk mencegah infeksi atau ketidaknyamanan. Membersihkan gigi palsu Anda setiap hari sangat dianjurkan untuk mencegah berkembangnya bakteri yang dapat menyebabkan berbagai masalah gigi dan mulut dan untuk mepertahankan senyum yang sehat. Lalu bagaimana cara merawat gigi palsu agar tidak bau dan kotor?  

Anda disarankan untuk menyikat gigi palsu lepas pasang Anda dengan sikat gigi khusus dan membersihkannya dengan desinfektan setiap malam sebelum tidur. Anda bisa menggunakan pembersih khusus gigi palsu atau cuka putih untuk perawatan gigi palsu Anda. Jika Anda memilih cara merawat gigi palsu agar tidak bau yang ini, rendamlah gigi palsu atau prostesis selama 2-3 menit di dalam cuka sebelum menyikatnya dengan lembut untuk mengurangi penumpukan karang gigi. Sikatlah dengan lembut menggunakan sabun atau air hangat untuk mencegah penimbunan kotoran pada prostesis gigi Anda untuk perawatan gigi palsu yang lebih baik.  

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara memutihkan gigi palsu, maka jawabannya adalah dengan membersihkannya saja. Produk pasta gigi pemutih atau produk pemutih gigi biasa tidak dapat digunakan untuk memutihkan gigi palsu, sebaliknya, bisa menyebabkan gigi palsu menjadi rapuh.

Lengkapi rutinitas kebersihan gigi Anda dengan menyikat lembut gusi, lidah, dan langit-langit, sebelum memasang gigi palsu Anda. Gunakan sikat gigi Pepsodent Double Care Sensitive dengan bulu sikat 0,01mm yang lembut untuk mempermudah membersihkan sela-sela gigi Anda.

Mulai dari bahan gigi palsu sampai cara merawat gigi palsu, Anda sekarang sudah mengetahui kunci-kunci penting perawatan gigi palsu Anda. Setelah diintegrasikan ke dalam rutinitas harian Anda, pastikan gigi palsu Anda selalu terawat dengan baik!