Skip to content
Seorang anak menyikat lidahnya

Perlunya Kita Menyikat Lidah

Lidah kita adalah organ menakjubkan yang memiliki 8 otot dan hampir 10,000 kuncup perasa yang disebut papila. Lidah juga merupakan organ yang berperan di balik fungsi-fungsi utama mulut: makan, bicara, menelan. Karena alasan-alasan inilah, seharusnya lidah tidak diabaikan dalam perawatan rutin gigi dan mulut Anda. Artikel ini menjelaskan mengapa penting bagi kita untuk mengenal lidah dan menguraikan cara membersihkan lidah dengan benar.

Apakah gunanya lidah?

Tanpa lidah, tidaklah mungkin untuk membedakan sensasi panas atau dingin dan rasa manis atau asin. Fungsi lidah sebagai indra perasa dimungkinkan dengan adanya 10,000 papila yang dimiliki lidah dan yang berperan mengirimkan informasi kepada otak. Selain sebagai indra perasa, lidah juga membantu kita dalam berbicara dan menelan. Karena itulah lidah merupakan organ yang penting dan sangat disarankan bagi kita untuk merawatnya dengan benar.

Mengapa kita harus menyikat lidah?

Lidah membersihkan dirinya sendiri dengan ludah dan dari gesekan dengan langit-langit mulut. Namun demikian, mengetahui cara membersihkan lidah kotor dan cara menyikat lidah bisa berguna pada kasus-kasus berikut:

  • Untuk mencegah bau mulut. Di antara penyebab-penyebab bau mulut, kehadiran bakteri di sela-sela alur lidah adalah faktor yang menentukan.
  • Pada kasus mulut kering. Karena air liur yang seharusnya membersihkan lidah secara alami tidak mampu melaksanakan tugasnya,  ini mengakibatkan adanya penumpukan bakteri yang kemudian dapat menyebar ke gigi.
  • Ketika lidah Anda menjadi keputih-putihan. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh pertumbuhan bakteri atau refluks lambung. Jika lidah terasa asam dan berwarna putih, keasaman dalam mulut tersebut dapat merusak gigi Anda, dan pertumbuhan bakteri bisa menimbulkan masalah. 
  • Menyikat lidah merupakan cara mengatasi lidah terasa asam yang patut Anda praktikkan. Lidah kering dan putih juga bisa diakibatkan oleh buruknya kesehatan gigi dan mulut. Bakteri dan kotoran bisa terjebak di sela-sela papilla dan menyebabkan lidah kering dan putihJika gejala lidah terasa asam dan berwarna putih menetap selama beberapa minggu, sebaiknya kunjungi dokter Anda untuk mengetahui apakah ada masalah kesehatan yang lebih serius.

Cara membersihkan lidah

Dengan apa dan bagaimana cara menyikat lidah Anda?

Untuk membersihkan lidah, jangan gunakan bulu sikat gigi  namun gunakan pembersih lidah dengan karet lunak yang terletak di bagian belakang dari beberapa sikat gigi.  Menyikat lidah dengan bulu sikat gigi terlalu kasar, sedangkan lidah harus dibersihkan dengan lembut. Membersihkan lidah terlalu kasar dapat merusak papila. Gunakan sikat gigi yang memiliki sikat lidah lembut untuk membersihkan lidah dan menjaga kesegaran napas Anda.

Seperti sikat gigi Pepsodent Double Care Sensitive yang dirancang untuk membersihkan secara lembut dan menyeluruh. Sikat gigi ini memiliki 3 keunggulan yaitu leher sikatnya yang berlekuk 3 yang membantu Anda menjangkau bagian belakang gigi, bulu sikat 0,01 mm yang lembut untuk mempermudah membersihkan sela-sela gigi, dan pembersih lidah yang terletak di belakang kepala sikat membantu memberantas bakteri agar napas tetap segar. Ingatlah cara menyikat lidah yang benar yaitu mulai dari bagian depan ke belakang untuk menghilangkan lapisan putih yang menyelaputi lidah.  

Seberapa sering Anda harus membersihkan lidah?

Jika menyikat gigi direkomendasikan sebanyak 2 kali sehari, tidak demikian dengan menyikat lidah. Tidak ada gunanya menyikat lidah setiap hari. Menyikat lidah terlalu sering malah akan menimbulkan akibat yang kontraproduktif, karena dapat menyingkirkan bakteri yang diperlukan dalam proses pencernaan dan perlindungan gigi Anda. Simak juga artikel tentang berbagai manfaat pasta gigi.

Sekarang Anda tahu cara membersihkan lidah kotor dengan baik dan benar untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Napas segar, gigi lebih sehat!