Skip to content
Seorang anak laki-laki menyikat gigi

Sebaiknya, Berapa Kali Sikat Gigi Dalam Sehari?

Menyikat gigi sudah menjadi rutinitas sehari-hari sehingga kadang kita melakukannya tanpa perhatian khusus atau bahkan asal menyikat saja. Padahal, menyikat gigi  secara teratur dengan cara yang benar adalah kunci utama kesehatan gigi dan mulut. Jika Anda ingin tahu sebaiknya berapa kali sikat gigi dalam sehari, kapan waktu yang tepat untuk menggosok gigi, serta lamanya waktu menyikat gigi yang baik dan benar, simak terus panduan dalam artikel ini.

Sikat gigi berapa kali sehari supaya kesehatan gigi dan mulut terjaga?

Pertanyaan tentang berapa kali sikat gigi dalam sehari dan berapa lamakah waktu menyikat gigi yang baik dan benar memang kerap ditanyakan. Jika Anda menyikat gigi dua kali dalam sehari, maka ini adalah frekuensi menyikat gigi yang tepat. Menyikat gigi dua kali sehari dengan waktu sikat gigi selama 2 menit setiap kali dianjurkan para ahli karena dapat mengurangi plak gigi dan risiko gigi berlubang.1

Waktu sikat gigi: kapankah waktu yang tepat untuk menggosok gigi?

Kebanyakan orang memiliki kebiasaan sikat gigi sebelum tidur dan segera setelah bangun tidur -apakah ini tepat? Sikat gigi sebelum tidur memang dianjurkan, karena gigi perlu dibersihkan dari sisa-sisa makanan yang tertinggal dari kegiatan makan sepanjang hari dan plak. Namun pada pagi hari, menggosok gigi yang benar dilakukan pada waktu setelah sarapan pagi, bukan segera setelah bangun tidur3. Mengapa?

Jika kita sudah gosok gigi sebelum tidur, gigi dan mulut berada dalam keadaan bersih ketika tidur. Karena kita tidak mengonsumsi makanan dan minuman apapun ketika tidur, maka tidak ada sisa-sisa makanan yang perlu dibersihkan sewaktu bangun. Anda bisa berkumur dulu, lalu menunggu sampai setelah sarapan pagi untuk menyikat gigi untuk membersihkan plak dan sisa makanan sarapan pagi.

Jangan lupa untuk menunggu setidaknya 30 menit setelah selesai makan sebelum Anda menggosok gigi, baik pada pagi hari atau jika Anda hendak gosok gigi sebelum tidur. Jeda ini dianjurkan supaya kondisi mulut yang asam akibat makanan dapat kembali ke keadaan netral dahulu. Jika Anda menggosok gigi ketika mulut masih dalam kondisi asam, email yang lemah karena asam tersebut akan lebih mudah terkikis oleh gosokan sikat.

Hal-hal yang penting untuk diingat

Beberapa tips berikut dapat membantu Anda supaya kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga:

  1. Perhatikan durasi menyikat gigi. Durasi menyikat gigi selama dua menit termasuk sulit untuk dijadikan kebiasaan. Kebanyakan orang menyikat giginya selama kurang dari dua menit, padahal menyikat gigi selama dua menit sudah terbukti mampu menyingkirkan plak gigi lebih banyak4. Gunakan timer atau sikat gigi elektrik agar Anda tahu kapan waktunya berpindah sisi. Gunakan pasta gigi yang memberikan perlindungan menyeluruh terhadap gigi seperti Pepsodent Expert Protection dengan perlindungan terhadap bakteri dan plak selama 24 jam. Simak juga artikel kami tentang manfaat pasta gigi.
  2. Jangan hanya menyikat gigi! Untuk melengkapi rangkaian perawatan gigi, berkumurlah dengan Mouthwash sehabis menyikat gigi, gunakan Mouthwash yang mengandung Zinc seperti Pepsodent Mouthwash Herbal Naturals yang mampu melawan bakteri dan membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau saat menyikat gigi. Sebagai tambahan, gunakan juga  benang gigi sekali sehari, dan jangan lupa mengunjungi dokter gigi Anda minimal 6 bulan sekaliuntuk menjaga  kesehatan gigi. Jangan biarkan plak menumpuk sampai membentuk karang gigi!

Sekarang setelah Anda tahu berapa kali gosok gigi dalam sehari yang ideal untuk dilakukan, dan kapan waktu yang baik untuk menggosok gigi, tak ada alasan lagi untuk tidak merawat kesehatan gigi dan mulut Anda demi dapatkan senyum yang sehat menawan!