Skip to content
Seorang guru dan siswa muda mendemonstrasikan sikat gigi dan model peraga mulut

Seluk Beluk Gigi: Apa Itu Gigi dan Fungsi Gigi

Walaupun kadang kita kurang menyadari keberadaan gigi,  gigi memiliki fungsi yang sangat vital dalam kehidupan sehari-hari. Selain untuk mengunyah dan mencerna makanan, gigi juga memiliki peran penting dalam kesehatan tubuh. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih dalam tentang apa itu gigi sebenarnya, tahap perkembangan gigi, fungsi gigi, dan apa tujuan menggosok gigi.

Apa itu gigi: anatomi gigi dan tahap perkembangan gigi

Gigi mulai berkembang jauh sebelum gigi pertama muncul, yaitu pada awal trimester kedua kehamilan. Mahkota gigi akan terbentuk lebih dulu, kemudian akarnya akan terus berkembang bahkan ketika gigi sudah terlihat. Gigi pertama muncul sekitar usia 6-10 bulan, dan gigi susu ini akan digantikan oleh gigi tetap ketika anak berusia sekitar 6-7 tahun. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak artikel kami tentang gigi susu.

Memang bagian gigi yang terlihat oleh kita hanyalah bagian putihnya, namun gigi memiliki anatomi yang kompleks dengan berbagai lapisan. Bagian-bagian utama gigi tersebut adalah:

  • Enamel. Enamel gigi adalah bagian terluar gigi yang berwarna putih. Enamel terbentuk dari kalsium dan fosfat dan berfungsi sebagai lapisan pelindung gigi.
  • Dentin. Dentin adalah lapisan di bawah enamel gigi dan berwarna kekuningan. Ketika lapisan enamel terkikis, dentin akan terekspos sehingga gigi akan terlihat kekuningan. Lapisan dentin memiliki rongga kecil yang berhubungan langsung dengan jaringan pulpa yang berisi saraf dan pembuluh darah, jadi  ketika lapisan dentin terbuka,menyebabkan nyeri ketika gigi berkontak dengan makanan atau minuman dingin dan panas.
  • Pulpa atau rongga gigi. Pulpa  terletak di pusat gigi dan berisi jaringan pembuluh darah, jaringan saraf, dan jaringan lunak yang lain. Pulpa berfungsi untuk membentuk dentin serta mengirimkan sensasi panas, dingin, sakit, dan tekanan ke gigi Anda.
  • Sementum. Sementum adalah lapisan kuat yang melapisi akar gigi dan berbatasan langsung dengan tulang rahang.

Fungsi gigi berdasarkan jenisnya

  1. Gigi seri depan. Gigi seri terletak di depan, biasanya berjumlah masing-masing 4 di atas dan di bawah, dan berfungsi untuk menggigit makanan.
  2. Gigi taring. Gigi taring mengapit gigi seri dan berjumlah masing-masing dua di rahang atas dan bawah. Gigi taring berfungsi untuk menyobek makanan.
  3. Gigi geraham depan atau premolar. Mengapit gigi taring adalah geraham depan yang berjumlah masing-masing 4 buah di atas dan di bawah. Gigi ini berfungsi untuk menghancurkan dan mengunyah makanan.
  4. Gigi geraham belakang atau molar. Terletak di belakang geraham depan, fungsi gigi ini adalah untuk mengunyah dan menggiling makanan menjadi lebih halus.

Gigi geraham bungsu. Gigi ini terletak paling belakang di rahang, dan pada beberapa kasus, posisinya yang kadang mengganggu gigi lain menyebabkan gigi ini perlu dicabut. Fungsinya sama dengan geraham belakang.

Tujuan menyikat gigi: pentingnya menjaga  kesehatan gigi dan mulut

Mengapa kita harus menyikat gigi sampai dua kali sehari? Apa sebenarnya tujuan menyikat gigi dan apa fungsi pasta gigi yang kita gunakan? Berikut adalah beberapa manfaat menyikat gigi:

  • Membersihkan sisa makanan.
  • Mencegah dan menghilangkan napas tak sedap atau bau mulut
  • Mencegah  lubang gigi atau karies, dan penyakit gigi dan gusi lainnya.
  • Mencegah gangguan pencernaan. Gigi merupakan gerbang dari sistem pencernaan. Gigi yang sehat akan berfungsi dengan baik dan mengoptimalisasi proses pencernaan secara keseluruhan.
  • Penyakit sistemik bisa berpengaruh langsung terhadap kemampuan perbaikan jaringan gigi dan mulut, seperti diabetes. Menjaga kebersihan mulut dalam hal ini mencegah berbagai penyakit gigi dan mulut agar tidak berkembang lebih parah dan  menyebabkan berbagai komplikasi pada kesehatan tubuh keseluruhan.

Penting bagi kita untuk mengetahui cara menyikat gigi yang baik supaya tujuan menggosok gigi tercapai. Biasakan menggosok gigi secara rutin dua kali sehari dan gunakan pasta gigi yang sesuai dengan kondisi gigi Anda. Fungsi pasta gigi yang utama adalah untuk membersihkan gigi, tetapi ada juga pasta gigi yang diformulasi khusus untuk menjaga kekuatan gigi dan gusi, atau mengatasi masalah gigi sensitif. Jangan lupa menyikat gigi secara rutin teratur selama 2 menit di pagi dan malam hari sebelum tidur, serta kunjungi dokter gigi secara teratur.

Kesehatan gigi dan mulut berperan penting dalam kesehatan tubuh secara umum, karena itu jangan pandang gigi sebelah mata dan jagalah kesehatan gigi dan mulut Anda.