Skip to content
Sekelompok teman bergaul di taman

Cara Mengembalikan Putih Alami Gigi Secara Aman dan Alami

Gigi yang putih menjadi idaman banyak orang karena merupakan cerminan dari kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Perawatan pemutihan gigi banyak dicari saat ini karena alasan tersebut terutama karena gigi yang bersih dan putih berperan besar dalam mendukung rasa percaya diri dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda ingin mencoba mengembalikan putih alami gigi sendiri di rumah, simak cara-cara yang aman dan alami berikut ini. 

Penyebab gigi kuning 

Ada beberapa penyebab gigi kuning, di antaranya;

• Noda. Makanan dan minuman tertentu dapat menodai gigi, seperti misalnya kopi, teh, tembakau, dan makanan atau minuman dengan pewarna seperti soda. 

• Penumpukan plak gigi. Plak gigi dan karang gigi yang menumpuk juga membuat gigi terlihat kekuningan. 

• Penipisan lapisan email gigi. Email, lapisan terluar gigi, berwarna putih dan melapisi permukaan gigi. Di bawah email gigi ada lapisan mineral lain yang berwarna kuning yang disebut dengan dentin. Penipisan email berakibat munculnya warna kuning kecokelatan ini, dan bisa disebabkan oleh faktor usia, penyakit gusi, dan beberapa jenis makanan, biasanya yang bersifat asam.

Lalu bagaimana jika gigi sudah terlanjur menguning? Artikel ini akan membahas beberapa metode alami untuk cara memutihkan gigi yang kuning.

Cara mengembalikan putih alami gigi

Anda bisa mempraktikkan cara-cara mengembalikan putih alami gigi berikut ini:

Menyikat gigi dengan bubuk soda kue

Jika Anda tidak memiliki pasta gigi pemutih di rumah, untuk sementara Anda dapat menggunakan bubuk soda kue yang dicampur air dengan perbandingan 2:1 hingga membentuk pasta. Bubuk soda kue merupakan bahan alami yang dapat membantu menghilangkan noda pada gigi. Namun karena sifatnya yang abrasive, sebaiknya tidak digunakan secara rutin. Untuk mengetahui lebih jauh, simak artikel kami tentang manfaat bahan-bahan alami untuk gigi dan khasiat lemon dan baking soda untuk memutihkan gigi.

Mempraktikkan perawatan gigi dan mulut yang baik

Ketika bicara tentang cara memutihkan gigi kuning yang membandel, yang terbaik adalah dengan pencegahan dan perawatan yang konsisten. Terapkan kebiasaan membersihkan mulut dan gigi yang teratur; sikat gigi setiap pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Ingatlah untuk tidak menyikat gigi segera setelah makan- tunggu kira-kira 30 menit sebelum menyikat gigi untuk mencegah asam dari makanan malah merusak gigi. Gunakan pasta gigi yang mengandung bahan alami seperti Pepsodent Charcoal dengan formula aktif untuk membantu mengembalikan putih alami gigi dan menghilangkan noda pada gigi dengan lembut. 

Menerapkan pola makan sehat

Mengurangi makanan-makanan manis atau asam, kopi dan teh, serta berhenti merokok tidak hanya merupakan cara terhindar dari permasalahan gigi kuning yang jitu, namun juga bermanfaat bagi kesehatan Anda keseluruhan. Makanan yang tinggi serat juga merangsang produksi air liur yang berfungsi sebagai pembasuh mulut dan anti-bakterial alami.

Cara-cara memutihkan gigisecara alami di atas dapat Anda coba untuk hasil yang efektif. Namun jika Anda belum puas dan ingin memutihkan gigi dengan bantuan profesional, jangan ragu untuk mengunjungi dokter gigi Anda untuk berkonsultasi. Dokter gigi bisa merekomendasikan perawatan pemutihan yang aman dan sesuai untuk Anda. Simak pula artikel kami yang lain tentang cara memutihkan gigi dan perawatannya.