Skip to content
Seorang wanita menyikat gigi di depan cermin

Seluk Beluk Memutihkan Gigi dengan Lemon dan Baking Soda

Baking soda atau soda kue merupakan salah satu bahan pemutih alami yang umum digunakan di kehidupan rumah tangga sehari-hari. Bahan rumah tangga lainnya, yaitu lemon dan jeruk nipis, juga sama populernya. Khasiat ketiga bahan ini dalam menghilangkan noda dan memutihkan sesuatu memang sudah terbukti ampuh, namun bagaimana halnya dengan memutihkan gigi? Apakah cara memutihkan gigi dengan lemon dan baking soda efektif? Apa sebenarnya manfaat lemon untuk gigi dan amankah memutihkan gigi dengan jeruk nipis, lemon, atau baking soda? Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Apa yang menyebabkan gigi berubah warna?

Yang pertama, penting untuk mengetahui penyebab gigi bisa berubah warna;

  • Noda dari makanan. Beberapa jenis makanan dan minuman seperti kopi, teh, atau soda dapat meninggalkan noda pada gigi.
  • Penumpukan plak gigi. Plak gigi yang tidak dibersihkan bisa menumpuk dan membuat gigi terlihat kekuningan.
  • Terkikisnya lapisan email gigi. Email adalah lapisan terluar gigi yang berwarna putih. Jika email terkikis atau menipis, maka lapisan di bawahnya, yaitu dentin yang berwarna kekuningan, akan tampak. Penipisan email dapat terpicu oleh usia, penyakit gusi, dan jenis makanan tertentu, biasanya yang bersifat asam.

Panduan cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis, lemon, atau baking soda memang bisa Anda jumpai di mana-mana, tetapi seberapa efektif dan seberapa amankah metode ini? Manfaat lemon untuk gigi memang menggiurkan – kandungan vitamin C-nya dapat mencerahkan gigi, dan kandungan asam sitratnya mampu melawan bakteri dalam mulut.

Tak heran jika lemon banyak digunakan sebagai salah satu bahan andalan dalam pasta gigi. Baking soda yang bersifat abrasive dikatakan dapat mengangkat noda pada lapisan luar gigi. Sedangkan karena sifat asamnya, cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis disebut-sebut sebagai salah satu solusi. Namun, mengaplikasikan bahan-bahan tersebut langsung pada gigi tidak dianjurkan. Gunakan produk seperti pasta gigi yang telah diformulasi khusus menggunakan bahan alami dengan ukuran yang tepat untuk perawatan gigi yang maksimum.

Tips memutihkan gigi yang aman

Anda bisa mencoba cara mengembalikan putih alami gigi yang aman berikut ini:

1.     Memilih pasta gigi yang tepat.

Pasta gigi berbahan alami seperti Pasta Gigi Pepsodent Charcoal dapat membantu mengembalikan gigi putih alami. Pasta gigi ini menggunakan perpaduan bahan-bahan unik dari alam seperti charcoal berkualitas tinggi serta ekstrak lemon dari Italia dan formula aktif yang membantu menghilangkan noda pada gigi dengan lembut.

2.     Menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Mempraktikkan perawatan gigi dan mulut yang benar dan teratur merupakan kunci paling dasar dari segala masalah gigi dan mulut. Gunakan pasta gigi berfluoride dan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif jika Anda memiliki gigi sensitif, seperti Sensitive Expert by Pepsodent variant Whitening yang memulihkan putih alami gigi Anda dan menghilangkan ngilu pada gigi Anda.

3.     Rutin memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi.

Melalui kunjungan rutin, dokter gigi bisa mendeteksi masalah gigi dan mulut sejak dini. Dokter gigi juga bisa menyarankan perawatan pemutihan gigi yang paling tepat untuk Anda.

4.     Hentikan merokok dan kurangi makanan dan minuman penyebab noda pada gigi.

Sekarang setelah Anda tahu seberapa aman cara memutihkan gigi dengan bahan alami, Anda bisa memutuskan cara yang paling tepat dan aman untuk mendapatkan gigi yang sehat dan senyum yang putih dan cerah. Untuk mengetahui lebih jauh, simak juga artikel kami tentang khasiat bahan-bahan alami untuk gigi.