Skip to content
Seorang wanita sedang menyikat gigi

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Gusi Anda terlihat bengkak? Setiap menyikat gigi, Anda memperhatikan gusi sering berdarah? Jika mengalami hal ini, Anda mungkin menderita penyakit radang gusi. Gusi bengkak karena radang gusi dapat ditangani dengan beberapa hal sederhana. Simak informasi penyebab radang gusi serta tips cara mengatasi gusi bengkak berikut ini, yang dapat Anda ikuti untuk mengembalikan senyum sehat ceria. 

Apa penyebab gusi bengkak?

Sebelum mengetahui cara mengobati gusi bengkak, ada baiknya Anda mengetahui apa penyebabnya. Ada dua penyebab gusi bengkak yaitu radang gusi (gingivitis) dan abses gusi. Radang gusi biasanya menyebabkan bengkak di sebagian besar bagian gusi sementara abses gusi menyebabkan bengkak di sebagian gusi saja akibat adanya kumpulan nanah.

Penyebab radang gusi dan abses gusi adalah buruknya kebersihan gigi dan mulut, yang berujung kepada terbentuknya karang gigi. Karang gigi memiliki pori dan karenanya mudah menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Bakteri inilah yang kemudian menyebabkan masalah gusi bengkak dan menjadi merah. 

Selain karang gigi, ada sejumlah faktor lain yang dapat menyebabkan radang gusi:

  • Rokok
  • Stress
  • Gangguan hormon selama kehamilan
  • Konsumsi obat-obatan tertentu
  • Protesis/protesa gigi (misalnya gigi palsu) dan kawat gigi juga dapat menyebabkan gusi bengkak

Menyikat gigi terlalu keras dan mengonsumsi makanan asam atau mentah dapat memperburuk masalah gusi bengkak yang Anda alami. Oleh sebab itu, pastikan Anda menggunakan sikat gigi yang sesuai, menyikat gigi dengan cara yang benar, serta memperhatikan konsumsi makanan Anda. Jika Anda menderita gusi bengkak atau iritasi, segera berkonsultasi dengan dokter gigi. 

Tips cara mengatasi gusi bengkak

Ada beberapa tindakan sederhana yang dapat Anda lakukan sebagai cara mengobati gusi bengkak. Berikut ini adalah beberapa tips cara meredakan gusi bengkak serta mencegah radang gusi yang dapat Anda ikuti.

  1. Membersihkan gigi secara teratur. Perhatikan kondisi gigi Anda. Selain menyikat gigi secara teratur minimal dua kali sehari selama 2 menit sesudah sarapan dan sebelum tidur, kunjungi dokter gigi untuk membersihkan karang gigi. Gigi yang terbebas dari karang gigi akan membuat bakteri penyebab radang gusi tidak dapat berkembang biak.  
  2. Pilih produk yang sesuai untuk gusi sensitif. Pilih pasta gigi yang sesuai untuk gusi sensitive, misalnya Sensitive Expert by Pepsodent Gum Care dengan kandungan vitamin E tambahan untuk melindungi dan memperkuat gusi. Kandungan zinc dalam pasta gigi ini juga ampuh mengatasi plak yang berakumulasi menjadi karang gigi. 
  3. Memilih sikat gigi berbulu lembut. Hindari menggunakan pasta gigi berbulu keras. Pilih pasta gigi berbulu lembut yang mampu membersihkan gigi tanpa membuat gusi teriritasi seperti Pepsodent Double Care Sensitive. Pastikan juga untuk tidak menyikat gigi terlalu keras. Kunci menyikat gigi yang efektif adalah menyikat dengan seksama dan menjangkau seluruh sudut dan bagian gigi.
  4. Menggunakan obat kumur secukupnya. Salah satu cara meredakan gusi bengkak adalah dengan berkumur menggunakan obat kumur yang juga dapat membuat napas menjadi lebih segar. Seperti Pepsodent Sensitive Expert Mouthwash.
  5. Hindari rokok dan gula. Mengobati gusi bengkak dapat dilakukan dengan menghentikan kebiasaan merokok dan mengonsumsi gula berlebihan. Rokok dan gula yang terkandung dalam makanan dan minuman sangat berbahaya untuk kesehatan gigi. Sebisa mungkin hindari atau batasi konsumsinya.
  6. Berkonsultasi dengan dokter gigi. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jika Anda memiliki masalah dengan gusi, berkonsultasilah dengan dokter gigi agar masalah Anda dapat didiagnosa dengan tepat dan ditangani dengan baik. 

Informasi tentang cara mencegah dan mengobati gusi bengkak kini sudah berada di tangan Anda. Jagalah kesehatan mulut dan gigi dan jangan pernah menganggap remeh masalah gusi bengkak. Berkonsultasilah dengan dokter gigi jika Anda merasakan gejala radang gusi. Jika tidak ditangani dengan tepat, radang gusi dapat menyebabkan kerusakan gigi. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak artikel kami tentang gusi berdarah: penyebab dan perawatannya.