Skip to content
Sekelompok teman tersenyum saat bersosialisasi

7 Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut

Apakah bau mulut mengganggu hidup Anda, tetapi Anda tidak tahu bagaimana menghindarinya? Untuk mengatasi bau mulut, sangatlah penting untuk mengerti penyebabnya. Dari stress, masalah perut hingga kopi, temukan penyebab-penyebab bau mulut yang paling umum, bersama cara-cara menghilangkan bau mulut.

Apakah bau mulut kronis itu?

Asal dari bau mulut atau disebut juga dengan halitosis kronis adalah bakteri penghasil sulfur yang bisa ditemukan di bagian bawah mulut Anda. Anda tidak sendiri: fenomena kurang menyenangkan ini umum ditemui di populasi manapun di dunia. Namun karena masalah ini memengaruhi sebagian besar populasi, penyebab bau mulut sangatlah beragam dan tidak semuanya dapat diatasi dengan cara yang sama. 

Bau mulut: 7 penyebab utama 

1. Kebersihan gigi dan mulut. Penyebab bau mulut yang paling umum adalah buruknya kebersihan gigi dan mulut. Sebagian besar kasus bau mulut disebabkan oleh adanya masalah kesehatan mulut, dan berasal dari berkembangnya bakteri yang berperan atas timbulnya bau tersebut. Menyikat gigi dengan pasta gigi Pepsodent Herbal membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut dan memberikan aroma jeruk nipis segar pada napas Anda.  Kebersihan gigi dan mulut memanglah cara menghilangkan bau mulut yang terbaik! 

2. Masalah pada lambung. Lambung juga bisa berakibat pada munculnya bau mulut. Masalah-masalah pencernaan sering berhubungan dengan gangguan gastrointestinal yang disebabkan oleh adanya bakteri di dalam lambung. Bau mulut yang disebabkan oleh lambung bisa jadi sangat tidak nyaman, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda.

3. Gangguan pada liver. Dalam kasus bau mulut, organ liver juga bisa terlibat. Liver bertanggungjawab atas perlakuan terhadap racun dan limbah dalam tubuh Anda, dan liver yang tidak berfungsi dengan baik bisa menyebabkan munculnya bau tak enak. Mengadopsi diet yang lebih sehat dan mengurangi konsumsi alkohol membantu membersihkan liver. Jika Anda butuh saran lebih lanjut tentang cara-cara terbaik untuk membersihkan liver dalam kasus bau mulut, sebaiknya jangan ragu untuk mengunjungi tenaga medis.  

4. Kopi, rokok, dan beberapa obat-obatan. Konsumsi dari kopi, rokok dan obat-obatan ini dapat menyebabkan mulut kering akibat terhambatnya produksi air liur yang berperan dalam membunuh bakteri dan dengan demikian menyebabkan bau mulut. Demi alasan kesehatan, Anda direkomendasikan untuk mengawasi konsumsi kopi Anda dan menghindari merokok. Jika obat-obatan Anda menyebabkan bau mulut, berkonsultasilah dengan dokter Anda untuk solusi yang lebih cocok. 

5. Penyakit-penyakit tertentu. Diabetes, infeksi sinus atau tenggorokan, gagal ginjal, atau infeksi paru-paru juga bisa menyebabkan bau mulut. Penyebab-penyebab ini sayangnya sulit untuk dikendalikan, tetapi dokter Anda dapat mengusulkan perawatan dan tindakan yang sesuai untuk mengatasinya. 

6. Karies dan infeksi gigi dan mulut. Lubang pada gigi (karies) adalah sumber bakteri. Karies yang tidak ditangani bisa menyebabkan napas bau. Hal ini juga merupakan penyebab dari infeksi mulut. Waktunya untuk mengunjungi dokter gigi! 

7. Beberapa jenis makanan. Beberapa jenis makanan bisa menyebabkan bau napas yang tajam, seperti bawang putih dan bawang bombay. Kabar baiknya, hal ini tidak serius! Hal ini adalah penyebab bau mulut yang mungkin paling mudah dihindari dibandingkan penyebab-penyebab lainnya. Berkumur-kumur, atau bahkan menyikat gigi setiap selesai makan adalah cara mengatasi bau mulut demi napas yang lebih segar sepanjang hari. Baca artikel kami tentang bau mulut dan makanan  untuk mengetahui lebih jauh mengenai musuh Anda yang satu ini terutama ketika Anda berniat pergi kencan atau wawancara kerja.

Bagaimana cara mengatasi bau mulut?

Apapun penyebab dari bau mulut, memulihkan kebersihan gigi dan mulut sangatlah penting. Ini akan membantu Anda menghilangkan bakteri buruk dan menyegarkan senyum Anda setiap hari. Untuk kebiasaan rutin gigi yang efektif, terapkan beberapa kebiasaan baik di bawah ini untuk melawan bau mulut:

• Sikat gigi 2 kali sehari selama 2 menit, dan jangan lupakan lidah Anda! Pasta gigi Pepsodent Siwak mengandung ekstrak siwak, yang dikenal sebagai anti-bakterial alami yang dapat membantu menghilangkan kuman penyebab bau mulut, dan ekstrak daun mint yang memberikan kesegaran nafas tahan lama. 

• Gunakan benang gigi dan obat kumur yang efektif tidak hanya untuk menyegarkan napas tetapi juga membunuh kuman. 

• Minum air putih yang cukup secara teratur dan setiap habis makan untuk membantu air liur membersihkan sisa-sisa makanan dan bakteri penyebab bau mulut. 

Sekarang Anda tahu penyebab-penyebab umum dari bau mulut, dan Anda juga tahu cara mengatasi bau mulut dengan mudah untuk mendapatkan kembali kepercayaan diri pada senyuman Anda!