Skip to content
Sekolompok wanita tersenyum

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Bau mulut saat puasa memang cenderung membuat kita merasa tak nyaman. Apalagi jika pekerjaan menuntut Anda untuk berinteraksi dengan banyak orang. Tidak makan dan minum selama berjam-jam menyebabkan mulut kering, yang pada akhirnya menimbulkan bau mulut yang kurang sedap. Namun jangan khawatir, untuk menjaga rasa percaya diri Anda selama bulan puasa Ramadan, temukan di sini cara menghilangkan bau mulut saat puasa berikut cara-cara agar mulut tidak bau saat puasa. 

Apa sebenarnya penyebab bau mulut saat puasa?

Ketika berpuasa, tidak adanya asupan makanan atau minuman untuk dikunyah dan diproses di dalam mulut menyebabkan berkurangnya produksi ar liur. Sementara air liur yang secara alami berguna untuk membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di rongga mulut karena air liur mengandung enzim anti-bakteri alami.  Untuk bahasan lebih jauh, Anda dapat membaca artikel penyebab-penyebab bau mulut dan cara mengatasinya . 

Menghilangkan bau mulut saat puasa dengan cepat

Untuk hasil yang cepat, Anda dapat mencoba beberapa cara agar tidak bau mulut saat puasa di bawah ini:

1. Sikat gigi. 

Menyikat gigi adalah langkah paling dasar dari cara agar tidak bau mulut saat puasa. Setelah sahur, sikat gigi secara menyeluruh dengan Teknik yang benar untuk mencegah sisa makanan menyangkut di sela-sela gigi. Anda bisa menggunakan Pepsodent Siwak, pasta gigi mengandung siwak dikenal sebagai anti bakterial alami diperkuat dengan mint untuk segarkan nafas.

2. Berkumur dengan mouthwash. 

Mouthwash dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab bau mulut dan menyegarkan napas Anda. Anda bisa menggunakan mouthwash tanpa alkohol seperti Pepsodent Herbal Natural Mouthwash dengan formulasi tanpa alkohol, efektif membantu melawan bakteri dan memberikan rasa yang nyaman di mulut. 

3. Bersihkan lidah. 

Jangan lupakan lidah ketika menyikat gigi! Lidah juga merupakan tempat berkumpulnya bakteri. Bersihkan lidah Anda dengan alat pembersih lidah. Cukup gunakan air dan jagalah alat pembersih lidah Anda tetap higienis. 

Cara mengatasi bau mulut saat puasa

Selain cara-cara menghilangkan bau mulut di atas, Anda juga bisa melakukan langkah-langkah pencegahan seperti yang diuraikan dalam cara-cara agar mulut tidak bau saat puasa berikut:

• Minum air yang banyak ketika sahur dan berbuka untuk meningkatkan produksi air liur. Selalu pilih air putih dan cobalah batasi minuman bergula.

• Makanlah makanan sehat dan perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayuran juga berguna untuk meningkatkan produksi air liur. 

• Hindari makanan berbau menyengat ketika sahur, misalnya bawang putih, bawang Bombay, dan jengkol.

• Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula berlebih. Sisa gula dalam mulut bisa mempercepat bakteri berkembang biak.

• Berkumur dengan garam setelah sahur dan sebelum tidur. Air garam bekerja sebagai agen antibakteri alami yang membunuh bakteri penyebab bau.

• Hindari merokok. Rokok mengandung tembakau yang juga bisa menyebabkan bau tak sedap pada mulut. 

• Selalu jaga kebersihan gigi dan mulut Anda. Perawatan gigi dan mulut sangat penting untuk mencegah adanya plak dan karang gigi yang menjadi penyebab bau mulut.

Cara agar tidak bau mulut saat puasa tersebut bisa Anda praktikkan untuk hasil yang efektif, namun jika Anda merasa bau mulut masih bertahan atau bahkan berlebihan, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mengetahui jika ada penyebab lain yang berkaitan dengan kesehatan mulut. 

Dengan berbekal tips-tips di atas untuk cara mengatasi bau mulut saat puasa, Anda tidak perlu khawatir untuk beraktivitas seperti biasa, dan tak perlu cemas lagi untuk bebas memamerkan senyum Anda sepanjang bulan puasa!