Skip to content
Gambar bawang bombay, cengkeh, bawang putih, dan cabai

Makanan Penyebab Bau Mulut

Anda rajin menjaga kebersihan gigi dan mulut, namun masih bermasalah dengan bau mulut? Apabila Anda tidak memiliki penyakit kronis, bisa jadi penyebab bau mulut Anda adalah makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Apa sajakah makanan yang menyebabkan bau mulut tersebut? Baca artikel ini untuk mengetahui makanan penyebab bau mulut dan cara mengatasiny

Bawang putih dan bawang bombay

Aroma bawang putih dan bawang bombay bisa bertahan lama setelah Anda mengonsumsinya. Selain tertinggal di mulut, senyawa sulfur dari bawang akan diserap oleh aliran darah dan baunya bisa keluar lagi lewat nafas dan pori-pori kulit. Salah satu cara menghilangkan bau bawang di mulut dengan menyikat gigi dengan baik dan benar setiap pagi dan malam disertai dengan berkumur dengan mouthwash, tapi bagaimana mengatasi bau senyawa sulfur dari bawang yang sudah diserap darah?

Beberapa makanan ternyata ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan bau bawang di mulut dan dari dalam tubuh. 1, 2, 3

  • Apel. Sebuah penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi buah apel utuh dapat menghilangkan bau bawang putih di mulut dan keringat.
  • Daun mint. Mint mengandung senyawa fenol yang juga bisa menghilangkan bau bawang putih di mulut dan tubuh. 
  • Daun selada mentah.

Efek bau jengkol

Jengkol adalah salah satu makanan penyebab bau mulut yang paling terkenal, terutama di Indonesia di mana jengkol merupakan bahan makanan yang umum. Seperti bawang, aroma jengkol yang sangat khas ini juga disebabkan oleh senyawa sulfur. Jika Anda penggemar jengkol dan ingin tahu cara menghilangkan bau jengkol di mulut, berikut tipsnya:

  • Konsumsi jengkol yang sudah diolah lebih dulu, misalnya dengan direbus dulu. Perlakuan ini dapat mengurangi kandungan sulfur dalam jengkol yang menyebabkan bau napas..4
  • Minum susu. Salah satu cara menghilangkan bau jengkol di mulut adalah minum susu dengan kandungan lemak yang tinggi, karena lemak dapat menetralisir bau.5
  • Apel dan daun mint. Makanan ini juga baik digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol dengan alasan yang sama seperti mereka mampu menetralisir bau bawang. Simak juga artikel kami tentang macam-macam buah yang tak baik untuk gigi.

Aroma petai di mulut

Seperti jengkol, petai juga merupakan bahan makanan khas Indonesia yang sangat digemari. Namun meskipun rasanya lezat, petai meninggalkan aroma tak sedap di mulut. Untuk cara menghilangkan bau petai, Anda bisa mempraktikkan cara-cara menghilangkan bau jengkol di atas.

Selain makanan-makanan di atas, ada lagi minuman dan makanan yang menyebabkan bau mulut, seperti misalnya kopi dan alkohol yang menyebabkan mulut kering dan akhirnya menimbulkan bau mulut, serta beberapa jenis makanan laut. 

Menjaga napas selalu segar

Selain cara-cara di atas, berikut adalah tips umum untuk menjaga napas Anda tetap segar setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang berpotensi meninggalkan bau:

  • Menyikat gigi selama 2 menit di pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur dan menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal di mulut. Baca artikel kami tentang panduan menyikat gigi yang benar.
  • Banyak minum air putih minimal 8 gelas sehari. Air putih akan membilas sisa makanan dan sekaligus meningkatkan produksi air liur dalam mulut yang berfungsi sebagai self cleansing.

Jika bau atau aroma napas tak sedap masih bertahan, mungkin ada baiknya Anda memeriksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter, karena beberapa penyakit dapat menyebabkan bau mulut. Anda juga bisa membaca artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut tentang bau mulut. 

Sekarang Anda tahu bagaimana cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol, cara menghilangkan bau petai, dan cara mengatasi napas tak sedap akibat makanan.