Skip to content
Seorang gadis di klinik dokter gigi

Cara Mengatasi Gigi Berlubang: Tips Kebersihan Gigi dan Mulut

Bagaimana Anda tahu jika gigi Anda berlubang? Seperti apa gejala dan tanda-tanda gigi berlubang? Lubang gigi bisa terbentuk diam-diam dan tidak mudah untuk mengetahui apakah gigi Anda berlubang. Simak tahap-tahap terbentuknya, serta ketahui penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya.

Bagaimana cara mengenali gigi berlubang?

Gigi berlubang adalah salah satu masalah gigi yang paling umum dan dialami oleh banyak orang pada tahap tertentu dalam hidupnya, khususnya ketika di tahap usia anak-anak. Walaupun demikian, terkadang sulit untuk mengidentifikasinya pada waktu yang tepat jika lubang tersebut tidak menyebabkan sakit. Cara mengenali lubang pada gigi  bergantung pada tahapan pembentukannya:  lubang gigi pada tahap awal  tidak akan begitu terlihat jelas,  tidak seperti gigi berlubang yang sudah lama dan membesar (yang sudah lama terbentuk dan tidak diobati).

Masalah lainnya adalah, lubang pada gigi tidak selalu bisa terlihat. Beberapa lubang gigi bisa terbentuk dan tersembunyi di sela-sela dua gigi. Jenis inilah yang paling sulit dideteksi! Lalu bagaimana cara mengobati gigi berlubang yang tidak terlihat? Inilah yang merupakan sebagian dari alasan mengapa Anda harus mengunjungi dokter Anda dua kali setahun untuk pemeriksaan lengkap sebagai kunci dari cara menangani gigi berlubang. Untuk mengetahui apakah Anda memiliki gigi berlubang, penting untuk mengetahui 4 tahapan evolusinya :

  1. Lubang pada enamel: pada tahap pertama, lubang gigi hanya berupa lubang superfisial dan tidak menimbulkan nyeri. Jika tertangani pada tahap ini, perawatannya sangatlah mudah. Pada tahap ini, lubang pada gigi bisa terlihat karena adanya sedikit warna hitam pada gigi.
  2. Lubang mencapai dentin: jika dibiarkan tidak tertangani, lubang bisa berkembang dan merambat ke lapisan lain gigi. Setelah enamel, lubang dapat menyerang dentin, yaitu benang saraf gigi, dan dapat menimbulkan nyeri.
  3. Lubang mencapai pulpa: Lubang kemudian merambat mendekati bagian pulpa gigi, jaringan vaskuler yang penuh dengan saraf gigi. Nyeri yang ditimbulkan akan semakin kuat.
  4. Abses gigi: jika infeksi memburuk, abses gigi bisa terbentuk. Dalam jangka panjang, hal ini bisa berakibat pada tanggalnya gigi.

4 tanda gigi berlubang

Untuk mengenali adanya gigi yang berlubang, tidak ada yang lebih baik daripada mempercayai gejala-gejala yang kasat mata. Di antaranya:

  1. Sensitivitas terhadap sensasi dingin, panas, makanan manis dan asam. Hal ini berarti bahwa lubang telah menembus pembatas enamel.
  2. Tidur terganggu dan kelelahan. Infeksi dapat memiliki akibat negatif pada tidur Anda.
  3. Bau mulut. Pembentukan bakteri di sekitar gigi yang terkena lubang  biasanya bertanggungjawab atas bau tak sedap.
  4. Nyeri. Sayangnya rasa nyeri baru akan muncul pada tahap akhir pembentukan lubang gigi. Menunggu munculnya rasa nyeri untuk mengenali lubang gigi tidaklah disarankan. Selalu lebih baik untuk mengobati lubang gigi sebelum nyeri muncul, sehingga pilihan terbaik untuk cara mengobati gigi berlubang adalah dengan mengunjungi dokter gigi Anda secara teratur.

Bagaimana cara mencegah gigi berlubang?

Rutin menyikat gigi Anda selama 2 menit pada pagi dan malam hari sebelum tidur adalah cara terbaik untuk mencegah gigi berlubang. Jika Anda berulangkali mengalami gigi berlubang, pilihlah sikat gigi dan pasta gigi yang diformulasikan untuk mencegah terbentuknya gigi berlubang. Bahan-bahan seperti kalsium dan fluoride dalam pasta gigi sangatlah penting untuk mencegah terbentuknya gigi berlubang. Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang diperkaya dengan active micro-calcium dan pro-fluoride complex untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap gigi berlubang  baik di siang maupun malam hari, dengan menggunakannya 2x sehari setelah sarapan dan sebelum tidur. Penggunaan mouthwash juga disarankan untuk menjangkau sudut-sudut mulut Anda yang sulit dijangkau.  

Lokasi lubang gigi Anda bisa juga memberikan informasi berguna tentang bagaimana Anda menggosok gigi Anda – dan bagaimana Anda bisa memperbaikinya. Tingkatkan teknik menggosok gigi Anda sesuai dengan saran dokter gigi untuk memastikan Anda membersihkan seluruh gigi Anda dan menjaga senyum Anda tetap sehat.

Dokter gigi Anda mungkin akan memberikan salah satu perawatan dari cara mengatasi gigi berlubang berikut;

  • Perawatan fluoride.
  • Menambal gigi.
  • Membuat crown gigi.
  • Perawatan saluran akar gigi.
  • Mencabut gigi.

Sekarang Anda tahu bagaimana mengenali gejala gigi berlubang, serta cara mencegah gigi berlubang dan cara menangani gigi berlubang. Bukan rahasia lagi: untuk menghindari terbentuknya lubang pada gigi, kebersihan gigi dan mulutlah yang terpenting. Mencegah adalah pengobatan yang terbaik! Simak juga artikel kami yang lain tentang bagaimana menangani rasa sakit gigi dan hal-hal yang sebaiknya dilakukan saat merasakan nyeri pada gigi.