Skip to content
Seorang wanita diperlihatkan cara menghilangkan tartar di sebuah alat peraga mulut

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Plak atau kotoran gigi yang menumpuk, lama-kelamaan akan membentuk karang gigi. Hal ini dapat menyebabkan gigi berlubang karena merupakan tempat ideal bagi bakteri untuk tumbuh. Bakteri tidak hanya menyebabkan gigi berlubang namun juga berbagai masalah mulut seperti noda pada gigi dan masalah gusi. Artikel ini mengupas cara menghilangkan karang gigi secara alami, bagaimana mencegah terbentuknya karang gigi, serta informasi tentang seberapa sering Anda sebaiknya mendapatkan perawatan menghilangkan karang gigi, jika karang gigi sudah telanjur terbentuk. 

Apakah karang gigi?

Untuk dapat lebih memahami cara menghilangkan karang gigi, mari memahami bagaimana terbentuknya karang gigi.  Sisa makanan dan minuman yang Anda konsumsi sepanjang hari akan menyebabkan terbentuknya plak pada permukaan gigi. Jika Anda tidak menyikat gigi dengan cermat, maka plak akan berakumulasi, mengeras, dan membentuk karang gigi. 

Mengapa menghilangkan karang gigi penting?

Karang gigi menjadi sarang jutaan bakteri yang hidup di pori-pori karang gigi dan dapat mengakibatkan masalah kesehatan mulut seperti masalah gusi, gigi berlubang, bau napas tak sedap serta radang gusi. Untuk menjaga senyum Anda tetap bersinar, pastikan masalah karang gigi diatasi hingga tuntas. 

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras 

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras adalah dengan mendapatkan perawatan dari dokter gigi. Scaling gigi adalah tindakan yang biasanya dilakukan sebagai cara membersihkan karang gigi. Ada dua jenis teknik scaling yang dapat Anda pilih.

- Scaling gigi metode ultrasonik, yaitu cara menghilangkan karang gigi dengan menggunakan getaran berfrekuensi tinggi.

- Scaling gigi metode mekanik, yaitu cara membersikan karang gigi dengan cara mengikisnya dengan menggunakan alat khusus yang disebut periodontal curette. 

Setiap orang mungkin membutuhkan frekuensi membersihkan karang gigi yang berbeda-beda. Namun demikian, Anda disarankan untuk melakukan scaling gigi minimal enam bulan sekali, kecuali jika dokter gigi Anda menganjurkan untuk melakukannya lebih sering sesuai dengan kondisi mulut dan gigi. Karang gigi yang menumpuk terlalu lama akan menyebabkan teksturnya menjadi lebih keras sehingga saat proses membersihkan karang gigi, enamel gigi Anda berisiko terkikis lebih banyak. 

Cara menghilangkan karang gigi secara alami: tindakan pencegahan

Berikut ini adalah tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan secara rutin sebagai bagian dari cara menghilangkan karang gigi.

- Gosok gigi secara teratur. Ada banyak manfaat pasta gigi, salah satunya adalah membersihkan plak. Gosoklah gigi secara teratur minimal dua kali dalam sehari sebagai cara alami menghilangkan karang gigi. Pastikan Anda menyikat gigi selama minimal dua menit di waktu yang tepat yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur. 

- Gunakan pasta gigi yang tepat. Pasta gigi seperti Sensitive Expert by Pepsodent dapat digunakan jika Anda memiliki gigi sensitif. Dengan formula khususnya, pasta gigi ini dapat mengurangi rasa ngilu saat menggosok gigi, sehingga Anda tetap dapat dengan nyaman membersihkan gigi untuk mencegah terbentuknya karang gigi. 

- Gunakan benang pembersih gigi. Sisa makanan sering kali berada di tempat yang tidak bisa dijangkau sikat gigi, misalnya di sela-sela gigi. Untuk mencegah penumpukan karang gigi di sela-sela gigi, lakukan flossing yaitu membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang pembersih. Lakukan secara teratur setidaknya sehari sekali sebelum menyikat gigi. Beberapa orang lebih suka menggunakan benang floss di malam hari sebelum tidur sehingga mulutnya bersih saat tidur. Sebagian lain lebih suka melakukan flossing setelah makan siang.

- Gunakan cairan obat kumur. Lengkapi ritual cara alami menghilangkan karang gigi dengan berkumur menggunakan obat kumur. Ingat, jangan gunakan obat kumur (bahkan yang fluoride) langsung setelah menyikat gigi Anda karena pasta gigi yang tertinggal di gigi Anda akan ikut terbasuh. 

Sekarang Anda sudah mengetahui cara mencegah serta cara menghilangkan karang gigi untuk memastikan kesehatan mulut terjaga dan senyum dapat mengembang dengan cemerlang. Sudahkah Anda tahu cara yang tepat dalam menggunakan pasta gigi? Temukan informasinya dalam artikel kami cara menggunakan pasta gigi dengan benar.