Skip to content
Seorang wanita dan alat peraga mulut di klinik gigi

Plak Gigi dan Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi

Kebanyakan orang mungkin menganggap plak gigi adalah masalah yang sepele. Padahal, plak pada gigi yang tidak ditangani dapat berkembang menjadi karang gigi yang bisa menyebabkan kerusakan gigi dan juga jaringan pendukung gigi seperti gusi, tulang, dan syaraf gigi.

Plak gigi dapat menyebabkan masalah kesehatan mulut yang lebih serius, ini tentunya harus diatasi dan dihilangkan. Simak artikel ini untuk mengetahui bagaimana plak gigi terbentuk dan cara-cara menghilangkan plak pada gigi, termasuk cara menghilangkan plak gigi yang sudah mengeras. 

Apakah plak gigi itu?

Plak gigi adalah endapan pada permukaan gigi yang terdiri dari air liur, makanan, bakteri, dan racun yang dikeluarkan oleh bakteri. Penumpukan plak ini ini kemudian mengeras di sekeliling gigi dan menyebabkan terbentuknya karang gig dan menyebabkan tertekannya gusi. 

Kenapa timbulnya plak gigi bisa menyebabkan kerusakan gigi? 

Plak gigi kekuningan atau transparan mengandung bakteri yang memproduksi asam dan berbahaya bagi enamel gigi dan gusi. Hal inilah yang merupakan penyebab utama dari berbagai masalah gigi karena bisa berujung pada terbentuknya karang gigi atau pembengkakan gusi. Asam dari bakteri juga dapat menghancurkan lapisan enamel gigi dan mengakibatkan gigi berlubang. Karena itu, penting untuk mencegah timbulnya plak gigi atau menghilangkan plak secara permanen.

Cara menghilangkan plak di gigi

Cara menghilangkan plak di gigi yang terbaik serta mencegah terbentuknya plak gigi dan karang gigi adalah dengan memperbaiki perawatan kesehatan gigi:

1. Sikat gigi dua kali sehari selama 2 menit. Menyikat gigi secara rutin 2 kali sehari pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur membantu mencegah pembentukan plak dan menghancurkan plak yang sudah terbentuk. 

2. Berkumur dengan obat kumur. 

3. Gunakan benang gigi setiap hari untuk menghilangkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh bulu sikat. 

4. Hindari konsumsi makanan dan minuman manis yang berlebihan.

5. Konsumsi makanan sehat dengan takaran seimbang. Pilih camilan seperti sayuran mentah; sayuran membantu menghilangkan sisa makanan yang tertinggal di mulut, bahkan sayuran seperti seledri juga berguna membantu air liur untuk menetralisir asam yang menyebabkan plak gigi.

Tip: Anak-anak yang sedang dalam perawatan ortodontis harus lebih berhati-hati ketika menyikat gigi, karena alat bantu gigi juga ikut berperan dalam pembentukan plak.

Apakah perbedaan antara plak dan karang gigi?

Ketika plak gigi, kekuningan atau transparan, menumpuk dan termineralisasi, karang gigi terbentuk. Ketika karang gigi sudah terlanjur terbentuk, Anda tidak bisa menghilangkannya hanya dengan menyikat gigi; pergilah menemui dokter gigi untuk perawatan pembersihan karang gigi. Cara menghilangkan plak gigi yang sudah mengeras atau karang gigi ini disarankan untuk dilakukan setidaknya setahun dua kali untuk membantu mencegah timbulnya penyakit jaringan periodontal seperti gingivitis (radang gusi) atau periodontitis (radang gusi berlanjut), dalam keadaan yang parah, gigi dapat goyang dan tanggal. 

Untuk membatasi munculnya karang gigi, salah satu kuncinya adalah memilih pasta gigi yang menyasar dengan tepat masalah ini, seperti Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang, yang membantu mencegah lubang gigi akibat makanan dan minuman. Pro-Fluoride melindungi gigi dengan cara mengembalikan mineral yang hilang pada email gigi dan menciptakan permukaan gigi yang lebih kuat. Untuk mengetahui lebih banyak tentang perawatan gigi, simak artikel tentang apa itu fluoride serta artikel tentang manfaat pasta gigi bagi kesehatan gigi dan gusi Anda.

Sekarang setelah Anda tahu lebih banyak tentang plak pada gigi dan cara-cara menghilangkan plak pada gigi, jangan tunggu karang gigi terbentuk dan rawatlah gigi Anda sebaik-baiknya. Plak hilang, senyum pun lepas!