Skip to content
Seorang gadis tampak kesakitan memegang sisi mulutnya

Kenali Sakit Gigi Berlubang

Salah satu gejala gigi berlubang yang paling mengganggu adalah rasa nyeri atau ngilu yang ditimbulkan. Rasa nyeri ini intensitasnya berbeda-beda, tergantung tingkat keparahan dari lubang pada gigi Anda. Karena itulah, penting untuk mendeteksi sedini mungkin sakit gigi berlubang, supaya Anda bisa segera mempraktikkan cara-cara mengatasi sakit gigi berlubang, dan tahu kapan harus berkonsultasi dengan dokter gigi supaya lubang di gigi Anda tidak bertambah parah.

Gejala gigi berlubang

Sebenarnya, lubang pada gigi bukanlah satu-satunya penyebab nyeri pada gigi Anda. Gigi sensitif juga bisa menimbulkan sensasi nyeri atau ngilu. Lalu bagaimana membedakan keduanya sehingga respon Anda terhadap rasa nyeri tersebut tepat sasaran?

Biasanya, rasa nyeri yang disebabkan oleh gigi sensitif muncul karena adanya rangsangan luar seperti mengonsumsi makanan atau minuman bersuhu panas atau dingin, mengonsumsi makanan atau minuman asam atau manis, menggunakan mouthwash yang mengandung alkohol, adanya tekanan pada gigi misalnya ketika menggosok gigi, atau terpapar udara dingin1.

Sementara gejala gigi berlubang berikut ini mudah untuk Anda amati, dan bisa menjadi pembeda dengan gejala gigi sensitif;

  • Noda kecokelatan atau kehitaman pada gigi
  • Pembengkakan gusi
  • Bau tak sedap dalam rongga mulut'
  • Nyeri yang berkepanjangan dan tak kunjung hilang

Satu-satunya cara mengatasi sakit gigi berlubang yang paling tepat adalah segera menemui dokter gigi Anda. Tidak hanya tahu tentang cara menghilangkan sakit gigi berlubang, dokter gigi akan memeriksa secara keseluruhan dan menentukan perawatan apa yang tepat bagi kondisi gigi Anda secara tuntas.

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mencegah  gigi berlubang:

  1. Praktikkan perawatan kebersihan gigi dan mulut yang baik. Gunakan pasta gigi berfluoride khusus pencegah gigi berlubang seperti Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang yang membantu mencegah timbulnya lubang pada gigi akibat makanan dan minuman. Sikat gigi Anda selama 2 menit di pagi dan malam hari sebelum tidur.
  2. Gunakan benang gigi setiap hari untuk membersihkan sisa-sisa makanan. Hindari menggunakan tusuk gigi yang bisa melukai gusi.
  3. Kurangi makanan dan minuman yang mengandung gula berlebih, dan yang bersifat asam. Gula menarik bakteri berbahaya yang merusak enamel gigi, yang dapat menyebabkan gigi berlubang.
  4. Diskusikan dengan dokter gigi apakah Anda memerlukan perawatan fluoride tambahan. Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang yang diperkaya dengan fluoride dan micro kalsium aktif juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mencegah gigi berlubang. Fluoride dan micro kalsium aktif pada Pepsodent ini akan membantu memperbaiki lubang kecil tak kasat mata sehingga gigi menjadi lebih kuat dan bebas dari gigi berlubang.

Langkah-langkah mencegah lubang gigi di atas dapat juga Anda lakukan untuk mengatasi ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh gigi sensitif, namun gunakan pasta gigi yang sesuai untuk gigi sensitif seperti Pepsodent Sensitive Expert yang diperkaya dengan HAP Mineral, potasium, dan Zinc untuk meringankan sensivitas dan membantu proses remineralisasi dan melindungi gigi dari erosienamel, dan mencegah resesi gusi dengan memperkuat gusi.

Sekarang setelah tahu lebih banyak tentang sakit gigi berlubang, jangan tunda janji temu dokter gigi Anda. Mempraktekkan kebersihan gigi yang baik dan pergi ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali dapat membantu mencegah gigi Anda berlubang.