Skip to content
5 Kebiasaan Buruk Penyebab Gigi Sensitif

5 Kebiasaan Buruk Penyebab Gigi Sensitif

Apakah Anda pernah mengalami ngilu atau nyeri pada gigi setelah makan atau minum yang panas atau dingin? Atau hancurnya mood di momen spesial karena gigi ngilu setelah menyantap dessert yang nikmat? Jika iya, Anda mungkin memiliki gigi sensitif. Seseorang yang memiliki gigi sensitif akan merasakan sensasi nyeri dan ngilu, terutama pada bagian akar gigi. Hal ini terjadi dikarenakan menipisnya lapisan email gigi sehingga lapisan dentin terbuka dan menjadikannya lebih peka terhadap rangsangan suhu dari luar. Namun apa Anda tahu ternyata beberapa kebiasaan Anda dapat menjadi penyebab gigi sensitif?

●      Menyikat Gigi Terlalu Keras

Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli di Amerika Serikat, 50–90% penderita gigi sensitif menyikat gigi dengan tekanan yang besar. Meskipun sebagian besar orang beranggapan menyikat gigi dengan keras dapat membersihkan gigi dengan lebih optimal, hal ini justru dapat mempertipis lapisan email gigi.

●      Menggertakkan Gigi

Apa Anda memiliki kebiasaan menggertak-gertakan gigi saat gugup atau saat tidur? Kebiasaan ini dapat memperparah gigi sensitif karena dapat mengikis lapisan email gigi yang membuat dentin gigi menjadi terbuka, sehingga gigi akan menjadi lebih sensitif dalam menerima rangsangan.

●      Menggunakan Obat Kumur

Obat kumur memang dapat membersihkan gigi secara lebih optimal. Namun, jika dilakukan berlebihan, dapat meningkatkan risiko gigi sensitif. Hal ini dapat terjadi karena di dalam beberapa obat kumur terkandung alkohol, asam, dan bahan kimia lainnya. Selain obat kumur, Anda dapat menggunakan floss atau benang gigi untuk membersihkan sisa makanan di sela gigi.

●      Merokok

Selain dapat menyebabkan kanker, ternyata merokok juga merupakan salah satu penyebab gigi sensitif. Jika Anda adalah seorang perokok, Anda cenderung memiliki plak yang sulit dihilangkan pada gigi, yang dapat menyebabkan masalah gusi. Masalah gusi ini dapat membuat gigi rentan terhadap kerusakan, yang dapat menyebabkan sensitivitas.

●      Menggunakan Pasta Gigi yang Tidak Tepat

Apa Anda membaca kandungan yang terdapat di dalam pasta gigi sebelum membelinya? Pemilihan pasta gigi yang salah dapat meningkatkan risiko gigi sensitif, terutama apabila pasta gigi tersebut mengandung baking soda atau zat kimia lain yang tinggi asam. Para dokter menyarankan pasta gigi yang mengandung fluoride, yang dapat memperkuat email gigi.

Itulah 5 kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan gigi sensitif. Apa Anda melakukan salah satunya? Jika iya, ada baiknya Anda menghentikan kebiasaan buruk tersebut dan melakukan langkah pencegahan.

Mencegah Gigi Sensitif

Untuk mencegah gigi sensitif, sikat gigi Anda dua kali sehari selama dua menit, gunakan floss sekali sehari, bersihkan lidah Anda, dan berkumur dengan mouthwash antiseptic setiap kali Anda ingin menjaga nafas tetap segar.

Dan bagi Anda yang mengalami ngilu akibat gigi sensitif, Anda perlu menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif, karena pasta gigi khusus gigi sensitif mengandung bahan untuk mengurangi sensitivitas gigi seperti potassium nitrat.

Anda dapat menggunakan Pepsodent Sensitive Expert Original yang dapat menghilangkan rasa ngilu di gigi dan diperkaya dengan mineral HAP. Selain menggunakan pasta gigi yang tepat, Anda juga sebaiknya menggunakan sikat gigi dengan ujung yang lembut.

Tentu saja, jika Anda mengalami gigi sensitif yang disebabkan oleh kondisi medis tertentu, seperti GERD atau bulimia, disarankan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan penanganan medis yang sesuai.

Referensi:

hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/penyebab-gigi-sensitif-makin-parah/

alodokter.com/gigi-sensitif

fimela.com/beauty-health/read/3775516/5-penyebab-gigi-sensitif-sering-terjadi-namun-jarang-disadari

go-dok.com/ternyata-kebiasaan-ini-menyebabkan-gigi-jadi-sensitif/

thehealthsite.com/oral-health/smoking-and-sensitive-teeth-query/

Diakses pada: 18 Maret 2019

TIPS CEPAT

Sikat gigi Anda dua kali sehari selama dua menit, pakai floss sekali sehari, bersihkan lidah Anda dan berkumur dengan mouthwash antiseptik setiap kali Anda ingin menjaga nafas tetap segar.

 
orang tua dan putra mereka di kamar mandi

Pertanyaan-Pertanyaan Anda Seputar Perawatan Mulut

Temukan saran bermanfaat tentang masalah-masalah kesehatan mulut dalam panduan kami yang dibuat oleh Pepsodent, pakar mulut keluarga

BACA ARTIKEL LAINNYA