What Is Gingivitis and What Causes It

Apakah radang gusi itu dan apa penyebabnya?

Radang gusi, sebuah peradangan pada gusi yang disebabkan oleh penimbunan plak dan mengiritasi garis gusi. Pada tahap awal penyakit gusi, Radang Gusi dapat dicegah sebelum menjadi penyakit periodontal, jadi waspadalah dan perhatikan gejalanya seperti gusi yang kemerahan, mengempuk, berdarah dan menyusut, serta nafas tidak sedap.

Jika gusi Anda berdarah setiap kali sikat gigi, maka sebaiknya segera periksakan  ke dokter gigi  karena Anda mungkin membutuhkan bantuan profesional untuk membersihkan plak gigi yang sudah berubah menjadi karang gigi. Anda mungkin penasaran penyebab kesehatan mulut dan gigi ini. Mari kita lihat beberapa penyebabnya :

Perubahan kesehatan seiring usia

Walaupun penyakit gusi mempengaruhi populasi secara umum, tapi lebih lazim terjadi pada orang tua. Data statistik menunjukkan bahwa 70 persen orang berusia lebih dari 65 tahun menderita baik bantuk kecil penyakit gusi ataupun penyakit periodontal yang lebih serius. Menua adalah bagian hidup yang alami, dan muncul bersamaan dengan kesulitan-kesulitannya, namun tidak ada alasan mengapa Anda tidak dapat menjaga gaya hidup sehat di usia Anda.

Jika Anda perokok, cobalah untuk berhenti, dengan begitu Anda akan mencegah masalah-masalah kesehatan yang mungkin terjadi, termasuk masalah-masalah gigi, lalu nikmatilah hidup seutuhnya di tahun-tahun berikutnya.

Pengaruh dari genetika keluarga

Sayangnya, beberapa masalah kesehatan gigi pada sebagian dari kita tidak bisa dihindari karena merupakan bagian dari proses genetik. Anda akan tetap mengalami gingivitis walaupun Anda melakukan rutinitas perawatan mulut yang benar. Namun jangan sampai hal itu membuat Anda berkecil hati, bicaralah pada dokter gigi Anda yang dapat memberikan saran yang khusus untuk Anda dan pilihan perawatan. Memungkinkan bagi Anda untuk mendapatkan kesehatan mulut yang benar ketika Anda mengetahui penyebab dasarnya dan mengikuti saran dokter.

Efek samping medis kesehatan mulut

Saat Anda mengunjungi dokter gigi, beritahukan jika Anda sedang melakukan pengobatan. Hal ini akan membantu mereka memberi Anda diagnosa dan resep yang tepat, khususnya jika Anda memiliki kondisi medis seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes atau artritis. Obat-obatan tertentu mempunyai efek samping yang akan menimbulkan masalah-masalah gigi.

Berikut beberapa efek samping masalah gigi yang paling umum:
  • Mulut kering (xerostomia): Air liur mencegah infeksi dengan mengatur bakteri di dalam mulut, namun obat-obatan tertentu memperlambat produksi air liur, menyebabkan mulut kering yang mempengaruhi kesehatan gusi. Dokter gigi Anda dapat meresepkan pengobatan yang merangsang alur air liur.
  • Pendarahan abnormal: Aspirin dan anticoagulants (juga dikenal sebagai pengencer darah) mencegah pembekuan darah, untuk mengurangi resiko stroke pada jantung, namun obat-obatan ini juga dapat menyebabkan gusi berdarah. Jika Anda sedang minum pengencer darah, Anda harus memberitahukannya ke dokter gigi Anda sehingga mereka dapat memantau pendarahannya selama operasi mulut.
  • Luka mulut: Resep pengobatan-pengobatan tertentu untuk mengontrol tekanan darah dan kontrasepsi minum dapat merangsang jaringan halus di mulut. Tanyakan pada dokter gigi Anda apakah mereka dapat meresepkan Anda rencana higienis untuk meringankan efek sampingnya.

Seperti yang dapat Anda lihat, penyebab gingivitis itu bervariasi. Umumnya adalah hasil dari penimbunan plak dan beberapa berhubungan dengan masalah kesehatan yang lebih luas. Namun apapun alasannya selalu ada solusinya. Pastikan Anda mengunjungi dokter gigi Anda secara rutin, dan jangan lupa untuk menyikat gigi, memakai floss, berkumur, lalu ulangi semua itu.

TIPS CEPAT

Minumlah air putih yang banyak setiap setelah makan; air putih akan membersihkan sisa-sisa makanan dan mencegah penimbunan plak secara alami.

 

Pertanyaan-Pertanyaan Anda Seputar Perawatan Mulut

Temukan saran bermanfaat tentang masalah-masalah kesehatan mulut dalam panduan kami yang dibuat oleh Pepsodent, pakar mulut keluarga 

BACA ARTIKEL LAINNYA