Skip to content
Cara Menyikat Gigi yang Tepat untuk Gigi Sensitif

Cara Menyikat Gigi yang Tepat untuk Gigi Sensitif

Sedang asyik menikmati waktu liburan namun tiba-tiba rasa ngilu gigi datang tidak tertahankan? Atau sedang seru bersama buah hati menikmati makanan favorit lalu terhambat karena sakit di area gigi sensitif? Memiliki gigi sensitif tentu bisa sangat mengganggu aktivitas keseharian Anda, apalagi saat rasa ngilu di gigi timbul tiba-tiba. Awalnya mungkin Anda tidak menyadari gejala dari masalah gigi sensitif dan cenderung membiarkan ngilu ngilu kecil yang datang dan pergi di sela aktivitas harian. Sampai suatu hari ngilu gigi semakin menusuk dan menjadi masalah berat.

Salah satu cara paling awal yang dapat Anda coba untuk menangani keluhan gigi sensitif adalah mencari sumber penyebabnya. Gigi ngilu adalah gejala yang seringkali timbul pada gigi sensitif, beberapa penyebabnya antara lain adalah adanya lapisan enamel gigi yang mulai menipis atau lubang gigi yang dalam dan menyebabkan akar gigi terbuka.

Perhatikan Penyebab Gigi Sensitif

Selain penyebab ngilu pada gigi sensitif yang sudah disebutkan diatas, masih ada lagi beberapa faktor yang juga perlu Anda perhatikan untuk dihindari:

1.     Kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang acidic atau bersifat asam yang berlebihan, contohnya pada minuman berkarbonasi.

2.     Kebiasaan membersihkan gigi yang tidak disiplin, misalnya tidak memiliki jadwal rutin gosok gigi.

3.     Kebiasaan menyikat gigi yang salah, seperti terlalu keras dan tidak beraturan.

4.     Kebiasaan menggeretak gigi yang tanpa Anda sadari beresiko mematahkan gigi.

Penyebab dari gigi sensitif di atas adalah gejala yang dapat dialami secara umum. Untuk mengetahui penyebab lebih detail dari ngilu gigi Anda sendiri, jangan segan untuk segera berkunjung ke dokter gigi kepercayaan Anda dan konsultasikan perawatan yang paling tepat.

Kebiasaan Menyikat Gigi yang Menyebabkan Gigi jadi Sensitif

Dari berbagai penyebab di atas, Anda dapat mulai fokus memperbaiki kebiasaan buruk seputar gigi. Misalnya kebiasaan buruk dalam pola makan dan cara menyikat gigi yang masih salah. Selain perlu mengetahui cara menggosok gigi yang tepat, sebelumnya Anda juga perlu mempersiapkan peralatan perawatan gigi yang sesuai untuk kondisi gigi sensitif sebagai berikut:

1.     Pilih sikat gigi yang berbulu halus.

2.     Pilih pasta gigi yang mengandung flouride.

3.     Rutin membersihkan gigi dengan dental floss.

4.     Mintalah mouth guard untuk melindungi gigi, apabila Anda punya kebiasaan menggeretakan gigi.

Apabila seluruh peralatan sudah Anda siapkan, mulailah pelajari langkah membersihkan gigi yang tepat, sehingga resiko ngilu pada gigi sensitif Anda dapat dihindari.

Cara Tepat dalam Menyikat Gigi untuk Gigi Sensitif

Tidak peduli berapa lama Anda sudah melakukan kebiasaan gosok gigi, hari ini Anda bisa memperbaikinya dengan langkah mudah sebagai berikut:

1.     Rutinlah menggosok gigi dua kali sehari.

2.     Hindari gerakan menggosok yang terlalu kencang.

3.     Mulai bersihkan setiap set gigi dengan gerakan sikat gigi yang pelan dan pastikan seluruh bulu sikat gigi sudah menjangkau setiap bagian gigi.

4.     Beri perhatian lebih pada celah antara gigi dan bersihkan perlahan agar tidak terjadi luka pada gusi.

Cobalah rutinitas perawatan gigi yang lebih baik dan temui dokter gigi kepercayaan Anda dengan teratur untuk memeriksa kesehatan gigi sensitif Anda sebelum terlambat. Lupakan kebiasaan lama dan bantu kerabat juga teman Anda memulai kebiasaan baru yang lebih sehat. Jangan habiskan waktu Anda terjebak dengan ngilu gigi dan segera pilih pasta gigi Pepsodent Sensitive Expert dan sikat gigi Pepsodent Double Care Sensitive.

Referensi:

mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/expert-answers/sensitive-teeth/faq-20057854
everydayhealth.com/hs/sensitive-teeth/brush-teeth-too-hard/
askthedentist.com/how-to-brush-your-teeth/

TIPS CEPAT

Sikat gigi Anda dua kali sehari selama dua menit, pakai floss sekali sehari, bersihkan lidah Anda dan berkumur dengan mouthwash antiseptik setiap kali Anda ingin menjaga nafas tetap segar.

 
orang tua dan putra mereka di kamar mandi

Pertanyaan-Pertanyaan Anda Seputar Perawatan Mulut

Temukan saran bermanfaat tentang masalah-masalah kesehatan mulut dalam panduan kami yang dibuat oleh Pepsodent, pakar mulut keluarga

BACA ARTIKEL LAINNYA