Skip to content
Kelebihan Menggunakan Sikat Gigi Bambu

Kelebihan Menggunakan Sikat Gigi Bambu

Anda tentu menyikat gigi setiap hari, dan yang namanya sikat gigi sudah pasti tersedia di rumah. Sikat gigi sendiri, saat ini, tersedia dalam beragam jenis dengan karakteristiknya masing-masing. Ada yang konvensional, ada pula yang elektrik. Setiap bentuknya juga memiliki fungsinya masing-masing. Di antara berbagai jenis sikat gigi yang ada, saat ini sedang marak yang namanya sikat gigi bambu.

Kalau saat ini Anda tertarik dan ingin membeli sikat gigi bambu, Anda bisa memilih sikat gigi Pepsodent Natural Bamboo yang merupakan sikat gigi pertama dari Pepsodent dengan 100% gagang bambu, yang memiliki bulu sikat yang tipis dengan ukuran 0,01 mm untuk membersihkan lebih maksimal, dan ujung bulu sikat yang bulat untuk kenyamanan saat menyikat gigi.

Kelebihan Sikat Gigi Bambu

Seiring dengan semakin gencarnya gerakan Go Green dalam kehidupan sehari-hari, sikat gigi bambu menjadi salah satu alternatif, khususnya dalam upaya untuk mengurangi sampah plastik. Bambu menjadi pilihan karena bambu dinilai menjadi bahan baku dari alam yang mudah didapat dan diproses. Bambu adalah salah satu tanaman dengan pertumbuhan yang cepat dan luas persebarannya di dunia.

Menariknya lagi, sikat gigi bambu seakan menjadi sebuah inovasi baru di zaman sekarang ini, padahal bambu menjadi salah satu bahan yang digunakan saat sikat gigi pertama kali dibuat. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, penggunaan bambu untuk sikat gigi pada dasarnya tidak mengurangi fungsi sikat gigi itu sendiri. Anda justru bisa mendapatkan beberapa kelebihannya sebagai berikut:

●      Ramah Lingkungan

Sikat gigi bambu dan plastik pada dasarnya sama-sama bersifat alami. Perbedaannya terletak pada bahan utama yang digunakan untuk sikat gigi plastik membutuhkan banyak energi dalam pengolahannya dan memakan waktu yang sangat lama untuk terurai secara alami. Sedangkan sikat gigi bambu, pegangannya terbuat dari bambu yang dapat terdegradasi secara alami dan dapat dengan mudah didaur ulang setelah digunakan.

●      Efektif Menjaga Kebersihan Mulut

Sikat gigi bambu memiliki sifat antimikroba secara alami yang dapat membatasi pertumbuhan bakteri dengan efektif. Saat menyikat gigi, Anda membersihkan mulut tidak hanya karena pasta gigi yang digunakan, tetapi gagang sikat gigi bambu pun turut membantu dalam memerangi berbagai mikroba pada gigi. Selain itu, sifat antimikroba pada sikat gigi bambu juga lebih memudahkan Anda dalam menyimpan sikat gigi dibandingkan sikat gigi plastik.

●      Desain yang Stylish

Secara desain, sikat gigi bambu memberikan sentuhan berbeda dibandingkan sikat gigi plastik. Buat Anda yang menggemari desain kayu yang elegan, maka sikat gigi bambu akan memberikan kepuasan tersendiri. Tidak hanya efektif digunakan untuk menjaga kebersihan gigi, tetapi juga memberikan sensasi estetik saat digunakan.

Semua orang tentu ingin hidup sehat, dan salah satu hal yang perlu dilakukan untuk itu adalah dengan menjaga kebersihan diri setiap saat. Menjaga kebersihan diri pada dasarnya adalah untuk kenyamanan.

Tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga kenyamanan orang lain. Coba bayangkan kalau Anda bertemu dengan orang yang bau mulut atau gigi yang kuning. Tentu ada rasa tidak nyaman. Begitu pula sebaliknya, apakah Anda bisa merasa nyaman berada di luar kalau Anda bau mulut atau punya gigi yang kuning?

Selain soal kenyamanan, kebersihan diri tentu saja juga menyangkut soal kesehatan. Kebersihan adalah salah satu kunci kesehatan. Kalau kebersihan diri selalu terjaga, maka resiko penyakit karena infeksi bakteri pun rendah.

Nah, dengan semua kelebihannya, sikat gigi bambu akan membantu Anda secara efektif dalam menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Tidak hanya itu, dengan menggunakan sikat gigi bambu itu berarti bahwa Anda juga peduli terhadap kelangsungan lingkungan hidup.

Yuk, jaga kebersihan dan kesehatan gigi sambil menjaga kelestarian alam kita!

Referensi:

grid.id/read/04175268/ramah-lingkungan-sikat-gigi-berbahan-dasar-bambu-bisa-gantikan-sikat-gigi-dari-bahan-plastik-seperti-apa-ya?page=all

cesarstribe.com/2018/12/08/the-benefits-of-switching-to-a-bamboo-toothbrush/

platinumdentalcare.co.uk/2014/10/five-reasons-to-invest-in-an-eco-friendly-tooth-brush/

upperluxstore.com/5-key-benefits-of-using-bamboo-toothbrushes/

woobamboo.com/why-bamboo-toothbrushes/

TIPS CEPAT
Sikat gigi Anda dua kali sehari selama dua menit, pakai floss sekali sehari, bersihkan lidah Anda dan berkumur dengan mouthwash antiseptik setiap kali Anda ingin menjaga nafas tetap segar.
 
Oral care

Pertanyaan-Pertanyaan Anda Seputar Perawatan Mulut

Temukan saran bermanfaat tentang masalah-masalah kesehatan mulut dalam panduan kami yang dibuat oleh Pepsodent, pakar mulut keluarga

BACA ARTIKEL LAINNYA