Food Friends And Foes

Makanan, teman dan lawan

Siapa yang tidak suka yang manis-manis dan makanan penutup? Bahkan bakteri pun menyukai jenis makanan tersebut! Namun sayangnya terlalu banyak kandungan gula dalam makanan dapat meningkatkan resiko terbentuknya plak dan dimetabolisme oleh bakteri untuk menghasilkan asam yang dapat membuat gigi Anda berlubang.
Untungnya, ada banyak pilihan makanan enak dan sehat yang dapat membantu melawan plak. Mari kita lihat jenis makanan dan nutrisi yang ramah bagi gigi Anda.

 

Kalsium

Kalsium penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Produk-produkseperti susu, keju dan yogurt adalah sumber kalsium yang sangat baikuntuk memperkuat email gigi. Jika Anda tidak menyukai produk-produk susu Anda punya pilihan lain seperti kacang almond, brokoli, kacang Brazil, bok choy dan kacang kering, yang juga tinggi akan kalsium

Serat pada buah-buahan dan sayuran

Makanan berserat dapat merangsang produksi air liur yang dapat membersihkan kondisi gigi dan mulut dari kandungan asam dan enzim yang menyerang gigi Anda. Pisang, apel, dan buah-buahan kering seperti kismis, buah ara dan kurma merupakan salah satu makanan yangkaya akan serat . Sekarang, mari kita lihat tipe makanan yang Anda perlu hindari atau dibatasi konsumsinya jika Anda mau mendapatkan gigi yang lebih sehat

Camilan kaya akan gula

Hindari makanan yang lengket seperti permen, karena bakteri-bakteri berbahaya di mulut akan menggunakan gula-tersebut untuk memproduksi asam yang menghancurkan email gigi Anda.

Jeruk

Buah jeruk dan aneka jus adalah sumber vitamin yang baik bagi tubuh Anda, tapi tidak semua makanan sehat itu baik juga untuk gigi Anda. Buah anggur dan lemon yang tinggi kandungan asam dapat merusak email gigi. Konsumsi buah-buahan dalam porsi secukupnya dan jangan lupa bilas mulut Anda dengan banyak minum air putih setelahnya.

Karbohidrat halus dan bertepung

Biskuit, roti dan pasta yang terbuat dari tepung putih olahan sama buruknya dengan makanan bergula untuk kesehatan gigi dan mulut Anda. Karena tepung akan terurai menjadi gula-gula sederhana yang merupakan sumber energy bagi bakteri berbahaya. Oleh karena itu, pilihlah produk-produk tepung dengan gandum utuh yang mengandung protein, serat, vitamin B dan antioksidan.

Minuman ringan berkarbonasi

Tidak hanya tinggi kandungan gula tapi juga yang penuh dengan phosphorous phosphoric dan asam sitrus dapat menyebabkan erosi email atau email gigi terkikis. Jadi batasilah konsumsi softdrinks

Alkohol

Alkohol tak hanya buruk bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh, tapi juga dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi. Alkohol menyebabkan dehidrasi, menurunkan produksi air liur yang sangat penting untuk menjaga kebersihan dalam mulut.

Kita dapat menikmati makanan manis kapan saja, tapi pastikan Anda tetap menyikat gigi secara teratur, memakai dental floss dan berkumur secara rutin agar jauh dari serangan bakteri dan dapat menikmati senyum yang lebih sehat.

TIPS CEPAT

Kalsium memperkuat email gigi. Jika Anda Mengalami lactose-intolerant, pilihan lainnya adalah almond, brokoli dan kacang-kacangan kering yang tinggi akan kalsium. 

Pertanyaan-Pertanyaan Anda Seputar Perawatan Mulut

Temukan saran bermanfaat tentang masalah-masalah kesehatan mulut dalam panduan kami yang dibuat oleh Pepsodent, pakar mulut keluarga 

BACA ARTIKEL LAINNYA