Skip to content
Memahami Pentingnya Air Putih untuk Kesehatan Gigi

Memahami Pentingnya Air Putih untuk Kesehatan Gigi

Tahukah Anda bahwa selain dehidrasi, kurang minum air putih juga bisa menyebabkan bau mulut? Ya, faktanya, air putih memiliki manfaat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda. Bahkan, Anda disarankan untuk meminum air putih terlebih dahulu sebelum menyikat gigi. Lantas, apa saja manfaat air putih untuk gigi? Mari cari tahu dalam ulasan berikut.

Manfaat Air Putih untuk Gigi

Sekitar lebih dari 60 persen komponen tubuh manusia adalah air. Itu sebabnya, air berperan penting untuk mendukung fungsi tubuh manusia. Termasuk dalam urusan mencegah bau mulut dan menjaga kesehatan gigi serta mulut secara menyeluruh. Berikut beberapa manfaat air putih untuk kesehatan gigi dan mulut:

Minuman dan makanan manis memang nikmat. Sayangnya, kandungan gula dalam minuman dan makanan manis dapat menyebabkan kerusakan gigi. Ketika Anda makan makanan yang manis, bakteri di mulut akan mengubah gula menjadi asam. Asam yang terus menumpuk dapat menyebabkan plak. Kemunculan plak pada akhirnya memicu berbagai masalah gigi, mulai dari bau mulut, karies gigi, gigi berlubang, dan lain sebagainya. Untungnya, air putih bisa membantu membersihkan dan meluruhkan sisa makanan yang menempel di permukaan atau di sela-sela gigi. Air putih juga membantu melarutkan asam yang dihasilkan oleh bakteri di mulut Anda.

Meningkatkan Produksi Air Liur

Rutin minum air putih setiap hari dapat membantu meningkatkan produksi air liur. Sebaliknya, jika Anda kekurangan air putih, maka produksi air liur di dalam mulut akan berkurang. Nah, jika produksi air liur berkurang, maka kesehatan gigi dan mulut Anda jadi taruhannya. Sebab, air liur tidak hanya berperan dalam proses pencernaan makanan saja, tapi juga membantu menjaga dan melindungi rongga mulut Anda.

Air liur diperlukan untuk melembabkan mulut, menetralkan asam yang dihasilkan oleh plak, serta membersihkan sel-sel mati yang menumpuk di lidah, gusi, dan pipi. Jika tidak dihilangkan, sel-sel ini akan membusuk dan dapat menyebabkan bau mulut. Bahkan, penelitian menemukan bahwa kandungan enzim yang ada di dalam air liur juga dapat membantu mencegah infeksi di mulut serta kerusakan gigi.

Mencegah Mulut Kering

Semua orang pasti tahu kalau kekurangan cairan  bisa menyebabkan dehidrasi. Ketika Anda mengalami dehidrasi, tubuh tentu akan memunculkan sejumlah gejala. Salah satunya mulut kering. Kondisi mulut yang kering ini jika dibiarkan terus-terusan bisa menyebabkan bau mulut dan nafas tidak segar. Pasalnya, mulut yang kering memungkinkan bakteri dan kuman bersarang di dalam mulut. Nah, bakteri dan kuman inilah yang menyebabkan bau mulut Anda jadi tak sedap.

Memperkuat Enamel Gigi

Banyak minum air putih juga bisa membantu memperkuat enamel gigi. Ketika Anda kekurangan cairan, produksi air liur akan terhambat, sehingga bagian dalam rongga mulut akan mengalami kekeringan. Tanpa disadari, kondisi mulut yang kering ini memengaruhi kekuatan enamel gigi Anda. Enamel sendiri adalah bagian terluar dari lapisan  gigi. Lapisan ini bertugas untuk melindungi gigi dari kerusakan sekaligus menjadi jaringan paling kuat dalam tubuh manusia. Jika lapisan terluar ini rusak, tentu akan berdampak langsung pada kesehatan gigi Anda.

Rutin Minum Air Putih untuk Gigi yang Sehat

Anda mungkin sudah sering mendengar anjuran “minum air putih 8 gelas per hari”. Tidak harus 8 gelas, Anda juga boleh minum air putih lebih atau kurang dari yang dianjurkan. Pasalnya, kebutuhan air setiap orang berbeda-beda. Tergantung pada usia, jenis kelamin, dan aktivitas sehar-hari yang sedang dijalankan.

Agar mendapatkan asupan air putih yang cukup setiap hari, Anda bisa minum segelas air putih setelah menyikat gigi dan berkumur. Lakukan cara ini sebelum dan setelah bangun tidur. Ingat, agar terhindar dari bau mulut dan berbagai masalah gigi lainnya, jangan lupa untuk banyak minum air putih setiap hari. Selain itu, jangan lupa juga untuk rajin menyikat gigi setiap hari minimal dua kali sehari dan gunakan pasta gigi Pepsodent Herbal dengan kandungan alaminya membantu menjaga kesehatan mulut, khususnya gigi.

Referensi:

halogigi.com/manfaat-minum-air-putih-cukup-bagi-kesehatan-gigi
suara.com/health/2017/04/04/172023/kurang-konsumsi-air-putih-bisa-picu-sakit-gigi-kok-bisa
dentistry.uic.edu/patients/drink-more-water

webmd.com/oral-health/bad-breath-cause-prevention#1

mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/water/art-20044256

Diakses pada: 18 Maret 2019

TIPS CEPAT
Sikat gigi Anda dua kali sehari selama dua menit, pakai floss sekali sehari, bersihkan lidah Anda dan berkumur dengan mouthwash antiseptik setiap kali Anda ingin menjaga nafas tetap segar.
 

Pertanyaan-Pertanyaan Anda Seputar Perawatan Mulut

Temukan saran bermanfaat tentang masalah-masalah kesehatan mulut dalam panduan kami yang dibuat oleh Pepsodent, pakar mulut keluarga

BACA ARTIKEL LAINNYA