Skip to content
Mengapa Gigi Sensitif Tidak Boleh Dianggap Remeh?

Mengapa Gigi Sensitif Tidak Boleh Dianggap Remeh?

Rasa ngilu pada gigi sensitif juga dapat menjadi sinyal bahwa terdapat masalah pada gigi anda. Terkadang gejala pada gigi sensitif dapat berdampak pada komplikasi lain pada mulut. Sebagai contoh salah satu gejala gigi sensitif adalah gigi berlubang atau karies gigi. Jika tidak segera ditangani, berisiko terjadinya infeksi pada gusi, rahang dan ke area lain seperti leher dan kepala.

Beragam Permasalahan yang Harus Diwaspadai Melalui Gigi Sensitif

Jika anda mengalami rasa ngilu pada gigi saat menyantap makanan dingin, besar kemungkinan anda mengalami masalah gigi sebagai berikut.

●      Hilangnya Email Gigi

Email gigi merupakan lapisan terluar yang melindungi gigi. Lapisan ini dapat terkikis oleh plak dari sisa makanan. Saat email gigi mulai hilang maka tidak ada lagi perlindungan pada lapisan gigi bagian dalam sehingga gigi menjadi sensitif.

●      Resesi Gingiva (Gusi Kendur)

Kebiasan menyikat gigi terlalu keras dapat menimbulkan luka pada gusi anda. Kondisi tersebut membuat akar dan saraf gigi tidak tertutup sempurna. Akibatnya saraf dan akar gigi terekspos menyebabkan gigi mudah merasa ngilu.

●      Gigi Berlubang

Lubang gigi yang dibiarkan berangsur-angsur tanpa perawatan dapat merambah bagian dalam gigi yang disebut pulpa. Pada kondisi ini rasa ngilu bukan hanya disebabkan pada temperatur makanan namun juga makanan manis. Sensitivitas terhadap makanan panas juga disebabkan oleh gigi berlubang, namun akibat dari abses gigi, gigi fraktur (retak) dan lubang gigi yang dalam.

●      Abses Gigi

Abses gigi merupakan kondisi yang ditandai dengan penumpukan nanah di gigi akibat dari infeksi.

●      Gigi Fraktur (Retak)

Kebiasaan menggertakkan gigi pada saat tidur dan makan makanan yang terlalu keras dapat membuat gigi anda retak sehingga rentan mengalami gigi sensitif.

Gigi sensitif dapat dialami oleh siapapun. Umumnya penderita gigi sensitif memiliki rentan usia 20-50 tahun. Namun menurut riset, saat ini dua dari lima generasi muda mengalami ngilu gigi sensitif. Jika Anda salah satunya yang memiliki gigi sensitif, Anda harus melakukan perawatan khusus agar rasa ngilu tidak datang kembali sewaktu-waktu saat makan.

Salah satu cara mengatasi gigi ngilu adalah dengan menggunakan pasta gigi yang dapat menghilangkan rasa ngilu. Pasta gigi Pepsodent Sensitive Expert Fresh dapat menjadi pilihan terbaik karena diformulasikan untuk mengurangi rasa ngilu pada gigi dan membuat nafas anda lebih segar.    

Referensi:

starbritedentalrockville.com/dentist-rockville-md/is-tooth-sensitivity-a-bad-sign
yourdentistryguide.com/toothaches/
republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/19/01/25/plvmo7366-jangan-anggap-remeh-gigi-sensitif
hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/gigi-ngilu-sensitif-harus-diobati/

hellosehat.com/penyakit/abses-gigi/

Diakses pada: 18 Maret 2019

TIPS CEPAT
Sikat gigi Anda dua kali sehari selama dua menit, pakai floss sekali sehari, bersihkan lidah Anda dan berkumur dengan mouthwash antiseptik setiap kali Anda ingin menjaga nafas tetap segar.
 

Pertanyaan-Pertanyaan Anda Seputar Perawatan Mulut

Temukan saran bermanfaat tentang masalah-masalah kesehatan mulut dalam panduan kami yang dibuat oleh Pepsodent, pakar mulut keluarga

BACA ARTIKEL LAINNYA