Skip to content
Mengatasi Gigi Sensitif dengan Bahan Alami: Apa Saja?

Mengatasi Gigi Sensitif dengan Bahan Alami: Apa Saja?

Gigi sensitif memang memerlukan perawatan yang ekstra. Pasalnya, salah perawatan justru bisa menyebabkan gusi bengkak dan gigi ngilu. Kalau sudah begini, aktivitas mengunyah makanan pun jadi terganggu. Namun, jika sewaktu-waktu Anda mengalami gigi sensitif, Anda tidak perlu khawatir. Beragam bahan alami yang ada di dapur Anda bisa jadi obat ampuh untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Gigi Sensitif Secara Alami

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan gigi Anda jadi lebih sensitif. Mulai dari gigi berlubang, menyikat gigi terlalu keras, makan makanan yang terlalu dingin/panas, hingga kebiasaan menggeretakkan gigi saat tidur. Kabar baiknya, ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gusi bengkak dan gigi ngilu akibat gigi sensitif. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alam yang ada di dapur rumah Anda. Berikut pilihan bahan-bahan alami yang sudah dikenal lama sebagai obat ampuh untuk mengatasi gigi ngilu dan gusi bengkak akibat gigi sensitif.

Garam

Garam merupakan antiseptik alami yang dapat membantu meredakan peradangan. Tidak hanya itu, garam juga berperan sebagai antibakteri yang dapat melawan bakteri jahat penyebab sakit gigi. Agar gusi bengkak dan gigi ngilu akibat gigi sensitif cepat membaik, Anda bisa berkumur dengan air garam setidaknya dua kali sehari.

Caranya, campurkan 1 atau ½ sendok garam dengan segelas air putih hangat. Lalu, kumur-kumur selama 30 detik dan muntahkan semuanya. Ulangi cara ini beberapa kali hingga nyeri sudah tidak begitu terasa lagi.

Kunyit

Selain untuk masak, kunyit ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati gusi bengkak dan gigi ngilu akibat gigi sensitif. Kandungan senyawa curcumin dalam kunyit diketahui memiliki sifat anti radang, antiseptik, dan antibiotik.

Untuk mengatasi sakit gigi, panggang kunyit lalu tekan-tekan pada bagian yang terasa ngilu atau bengkak. Anda juga bisa membuat pasta gigi dari kunyit. Caranya mudah. Haluskan 1 ruas jari kunyit. Lalu, campurkan dengan ½ sendok teh garam dan 1 sendok makan minyak kelapa. Setelah semua bahan tercampur rata, oleskan pasta ini ke gigi dan gusi yang mengalami masalah. Gunakan pasta kunyit setidaknya dua kali sehari sampai rasa sakit Anda mereda.

Bawang Putih

Sejak ribuan tahun lalu, bawang putih sudah digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satunya meredakan gigi ngilu dan gusi bengkak akibat gigi sensitif. Selain mampu membunuh bakteri penyebab plak, senyawa allicin yang terkandung dalam bawang putih juga dapat membantu meredakan sakit gigi.

Anda bisa mengunyah bawang putih mentah selama beberapa detik di sisi mulut yang bermasalah. Jika tak suka mengunyah secara langsung, Anda bisa menghaluskan bawang putih dan dijadikan pasta. Caranya, ambil satu siung bawang putih dan tambahkan sejumput garam. Haluskan hingga berbentuk seperti pasta dan oleskan langsung di gigi yang sakit atau gigi yang terasa nyut-nyutan.

Minyak Cengkeh

Sama seperti bawang putih, minyak cengkeh juga telah lama digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi sakit gigi. Eugenol, senyawa kimia yang terkandung dalam cengkeh diketahui memiliki sifat analgesik, antiseptik, dan antibakteri. Rempah satu ini juga memiliki sifat anti radang dan anti bakteri yang dapat membantu melawan infeksi pada gusi dan gigi.

Cara memanfaatkan cengkeh sebagai obat alami untuk gusi bengkak dan gigi ngilu bisa dilakukan dengan meneteskan minyak cengkeh dan minyak zaitun pada bola kapas. Kemudian tempelkan bola kapas tersebut selama beberapa menit di bagian gigi dan gusi yang terasa sakit. Ketika menempelkan kapas, usahakan agar tidak terkena lidah karena minyak cengkeh memiliki rasa yang begitu kuat. Anda  juga bisa kumur-kumur dengan campuran air hangat dan beberapa tetes minyak cengkeh.

Bahan-bahan alami di atas merupakan bahan-bahan yang bisa Anda temukan secara mudah dan akan efektif membantu mengatasi persoalan gigi sensitif Anda. Untuk hasil yang terbaik, rajinlah menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari, dan untuk membantu Anda mengatasi persoalan gigi sensitif, gunakan pasta gigi Pepsodent Sensitive Expert Fresh yang sangat ampuh mengatasi gigi ngilu dan menyegarkan mulut dan nafas Anda.

Referensi:

jogja.tribunnews.com/2017/12/24/6-bahan-alami-ini-bisa-jadi-obat-untuk-gigi-sensitif-anda

kumparan.com/@kumparanfood/7-bahan-makanan-yang-dapat-meredakan-gigi-sensitif

fimela.com/beauty-health/read/3810933/3-bahan-alami-untuk-mengatasi-gigi-ngilu-karena-sensitif

liputan6.com/citizen6/read/2472053/obati-gigi-sensitif-dengan-4-bahan-alami-ini

webmd.com/oral-health/home-remedies-toothache

healthline.com/health/sensitive-teeth-home-remedy#prevention

Diakses pada: 17 Maret 2019

TIPS CEPAT
Sikat gigi Anda dua kali sehari selama dua menit, pakai floss sekali sehari, bersihkan lidah Anda dan berkumur dengan mouthwash antiseptik setiap kali Anda ingin menjaga nafas tetap segar.
 

Pertanyaan-Pertanyaan Anda Seputar Perawatan Mulut

Temukan saran bermanfaat tentang masalah-masalah kesehatan mulut dalam panduan kami yang dibuat oleh Pepsodent, pakar mulut keluarga

BACA ARTIKEL LAINNYA