Skip to content
Merawat Kesehatan Gigi Keluarga Anda Semudah Menghitung 1,2,3

Merawat Kesehatan Gigi Keluarga Anda Semudah Menghitung 1,2,3

Merawat kesehatan gigi sudah menjadi kewajiban Anda dan keluarga. Mulai dari menggosok gigi secara rutin, hingga membersihkan karang gigi dengan cara yang baik dan benar. Namun, sering kali banyak keluarga yang tidak melakukan perawatan gigi dengan tepat.

Pentingnya Merawat Kesehatan Gigi

Siapa sangka bahwa ternyata kesehatan gigi adalah awal kesehatan seluruh tubuh? Namun itulah faktanya. Di dalam mulut, terdapat banyak bakteri yang bisa mempengaruhi organ-organ lain di dalam tubuh. Tanpa perawatan gigi dan mulut yang baik, bisa jadi terdapat bakteri buruk yang kemudian masuk ke dalam organ pencernaan dan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Melakukan perawatan kesehatan mulut secara lengkap memungkinkan Anda untuk mengurangi potensi bahaya dari bakteri jahat dalam mulut. Selain itu, hal tersebut juga akan memastikan Anda mendapatkan gigi putih sehat, gusi sehat, dan nafas segar bebas bau mulut. Bahkan lebih lanjut lagi, bisa mengurangi risiko pembentukan karang gigi secara umum.

Tips Mudah Merawat Kesehatan Mulut dan Gigi

Merawat kesehatan gigi juga amat penting untuk menjaga gigi tetap utuh. Namun banyak orang yang malas melakukannya karena merasa ribet. Padahal sebenarnya, perawatan gigi tidak sesulit yang dibayangkan banyak orang. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui betapa mudahnya merawat gigi dan membersihkan karang gigi demi keluarga Anda.

●      Sikat Gigi Secara Teratur

Tidak ada perawatan gigi dan mulut yang lebih baik dari rutin menyikat gigi secara teratur. Biasakan untuk menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari, sebelum tidur malam dan setelah bangun pagi. Bagi beberapa orang tertentu, ada pula yang memiliki kebiasaan menggosok gigi setelah makan atau sebelum pergi untuk bertemu orang. Pastikan Anda menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk mengembalikan mineral gigi yang terkikis.

●      Gunakan Benang Gigi

Tidak banyak orang yang sadar bahwa benang gigi sangat efektif untuk mengangkat sisa-sisa makanan yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi biasa. Dengan menggunakan benang gigi secara rutin, Anda bisa memastikan tidak ada sisa makanan yang terselip di antara gigi atau di sela-sela gigi dan gusi. Sisa makanan yang terselip ini jika dibiarkan bisa menimbulkan karang gigi yang akhirnya merusak lapisan email dan melubangi gigi.

●      Kurangi Makanan Manis

Makanan manis berlebih bukan saja bisa membuat Anda bisa mengidap penyakit diabetes, tapi juga menyebabkan kerusakan gigi lebih lanjut. Mengapa? Sebab makanan manis umumnya mengandung gula yang termasuk karbohidrat. Bakteri di dalam mulut memakan karbohidrat dan menghasilkan asam. Kumpulan bakteri dan asam inilah yang membentuk plak yang menggerogoti enamel yang akhirnya menyebabkan gigi berlubang.

●      Pakai Gigi Hanya untuk Mengunyah Makanan

Penyebab kerusakan gigi lainnya adalah menggunakan gigi untuk hal lain selain mengunyah makanan. Sebaiknya Anda tidak menggunakan gigi untuk membuka tutup botol atau menggigit benda keras. Hal ini dapat merusak gigi lebih lanjut.

●      Rutin ke Dokter Gigi

Rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi akan memastikan Anda mendapatkan penanganan yang tepat sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah pada gigi. Biasakanlah untuk datang ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Jika tak ada kerusakan gigi, Anda bisa meminta layanan pembersihan karang gigi.

Untuk memaksimalkan pembersihan gigi saat menggosok gigi, Anda bisa menggunakan Pepsodent Action 123. Pasta gigi ini memiliki 3 keunggulan dalam 1 pasta gigi. Menyikat gigi dengan Pepsodent akan mencegah gigi berlubang, membuatnya tampak putih, serta membuat nafas tetap segar. Merawat gigi dan mulut lebih mudah dan lengkap dengan Pesodent Action 123. Yuk, segera biasakan mulai sekarang!

Referensi:

tanyapepsodent.com/Toothpaste/pepsodent-action-123-pasta-gigi-250g.html

tahupedia.com/content/show/1749/10-Tips-Menjaga-Kesehatan-Gigi-dan-Mulut

alodokter.com/hargai-kesehatan-gigi-dan-mulut-sebagaimana-menghargai-diri-sendiri

grid.id/read/04206658/3-cara-sederhana-untuk-menjaga-kesehatan-gigi-dan-mulut-yuk-simak?page=all

guesehat.com/cara-merawat-mulut-agar-tetap-sehat-dan-bersih

Diakses pada: 26 Maret 2019

TIPS CEPAT

Sikat gigi Anda dua kali sehari selama dua menit, pakai floss sekali sehari, bersihkan lidah Anda dan berkumur dengan mouthwash antiseptik setiap kali Anda ingin menjaga nafas tetap segar.

 

Pertanyaan-Pertanyaan Anda Seputar Perawatan Mulut

Temukan saran bermanfaat tentang masalah-masalah kesehatan mulut dalam panduan kami yang dibuat oleh Pepsodent, pakar mulut keluarga

BACA ARTIKEL LAINNYA