Skip to content
Perawatan Gigi Mahal? Kunjungi Pepsodent BKGN Roadshow

Perawatan Gigi Mahal? Kunjungi Pepsodent BKGN Roadshow

Berbicara tentang kesehatan gigi dan gusi, tentu tak pernah lepas dari yang namanya karang gigi. Jika dibiarkan terlalu lama tanpa penanganan, gigi dan gusi bisa akan mengalami kerusakan. Keberadaan karang gigi yang banyak tak disadari oleh orang awam kadang mempersulit penanganan. Itu sebabnya, banyak juga yang tak tahu cara menghilangkan karang gigi secara maksimal. Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang karang gigi dan dapatkan solusi terbaiknya!

Bermacam Cara Membersihkan Gigi

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk membersihkan karang gigi yang bisa Anda lakukan. Cara termudah yang bisa dilakukan di rumah adalah menggosok gigi dua kali sehari dan melakukan flossing gigi. Anda juga bisa mengurangi konsumsi makanan manis dan tidak merokok untuk mencegah mudahnya karang gigi muncul. Selain cara-cara tersebut, ada cara paling efektif untuk membersihkan karang gigi, yaitu proses scaling gigi yang bisa dilakukan dengan bantuan dokter gigi.

Scaling Gigi Membersihkan Karang Gigi Hingga Tuntas

Scaling gigi dilakukan dengan menggunakan sebuah alat yang disebut dengan scaler. Berkat kemajuan  teknologi, saat ini sudah ada ultrasonic scaler yang merupakan alat untuk scaling gigi dengan metode ultrasonic. Dengan alat baru ini, pembersihan gigi bisa dilakukan secara maksimal hingga ke bagian sela-sela gigi terdalam yang tidak mungkin dijangkau sikat gigi biasa.

Manfaat Scaling Gigi

Scaling gigi sebaiknya dilakukan sekurang-kurangnya 6 bulan sekali untuk mencegah kerusakan serius akibat karang gigi. Berikut ini beberapa manfaat scaling gigi yang perlu Anda ketahui.

1.    Menghilangkan asam dan enzim yang berlebihan karena bakteri.

Konsumsi makanan dan minuman manis yang tinggi gula akan menyebabkan plak menghasilkan lebih banyak asam. Asam akan membuat plak yang menempel pada gigi menjadi lebih lengket dan sulit dibersihkan. Dampaknya, enamel gigi perlahan-lahan akan rusak dan terkikis sehingga menyebabkan gigi berlubang.

2.    Mencegah terjadinya periodontitis.

Periodontitis adalah kondisi dimana gusi mengalami infeksi sehingga terjadi kerusakan pada jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Periodontitis yang tidak segera diobati akan menyebabkan gigi tanggal dan gusi berdarah. Penyebab periodontitis adalah radang gusi yang tak diobati. Radang gusi sendiri timbul karena bakteri yang ada di karang gigi mengiritasi celah antara gigi dan gusi.

3.    Mengurangi risiko terjadinya pembengkakan jaringan yang menyebabkan pendarahan.

Dengan menghilangkan karang gigi melalui proses scaling gigi, secara otomatis bakteri juga akan kehilangan tempat untuk berkembang biak dan mengiritasi gusi. Hal ini akan meminimalisir terjadinya pembengkakan jaringan yang sering kali menyebabkan pendarahan. Perlu Anda ketahui bahwa pendarahan pada gusi dan jaringan lunak menjadi salah satu penyebab bau mulut tak sedap muncul.

Pada kondisi lanjut pendarahan gusi dapat menyebabkan kegoyangan gigi dan pengikisan gigi yang pada akhirnya gigi akan berlubang. Jika sudah seperti ini, Anda harus mengetahui perawatan mana yang Anda dahulukan dengan mengukur tingkat keparahannya.

Perawatan gigi berlubang bisa dilakukan dengan menambal gigi. Proses menambal gigi adalah dengan menutupi lubang pada permukaan enamel gigi. Tambalan digunakan sesuai kondisi kesehatan gigi Anda. Oleh karena itu, segera lakukan pemeriksaan ke dokter gigi agar dapat dilakukan tindakan yang tepat demi kesehatan gigi dan gusi Anda.

Sayangnya, biaya membersihkan karang gigi dan tambal gigi di dokter gigi tidaklah murah. Umumnya, untuk sekali melakukan scaling gigi, biaya yang dikeluarkan berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 500.000. Perbedaan harga ini muncul sesuai tempat dilakukannya scaling gigi, entah itu di puskesmas, klinik, dokter gigi, atau rumah sakit. Sama halnya dengan scaling gigi, kisaran biaya yang dikeluarkan untuk tambal gigi bisa mencapai Rp.800.000 tergantung tempat dan jenis tambal yang digunakan. Kebanyakan orang akan berpikir dua kali untuk rutin melakukannya mengingat biayanya yang cukup besar.

Namun Anda tak perlu khawatir, di momen Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) kali ini, Pepsodent bekerja sama dengan institusi dan dokter gigi untuk mengadakan periksa dan perawatan gigi gratis lewat event Roadshow BKGN. Roadshow yang diadakan Pepsodent ini memberikan layanan pemeriksaan dan perawatan gigi gratis, mulai dari scaling gigi, tambal gigi, hingga cabut gigi yang akan hadir di universitas-universitas di berbagai kota di Indonesia. Lewat Roadshow BKGN ini, Pepsodent mengajak kita bersama-sama menjadi #PahlawanSenyum untuk Indonesia! Selengkapnya simak tautan Roadshow BKGN ini untuk mengetahui jadwal Roadshow di kotamu!

Referensi:

  • www.tanyapepsodent.com/gigi-putih/bermasalah-dengan-karang-gigi-pahami-penyebabnya-dan-atasi-dengan-mudah.html
  • klikdokter.com/tanya-dokter/read/3628353/biaya-pembersihan-karang-gigi
  • hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/jenis-perawatan-tambal-gigi/
  • doktergigikita.com/biaya-tambal-gigi-permanen-dan-tambal-gigi-sementara/
TIPS CEPAT
Sikat gigi Anda dua kali sehari selama dua menit, pakai floss sekali sehari, bersihkan lidah Anda dan berkumur dengan mouthwash antiseptik setiap kali Anda ingin menjaga nafas tetap segar.
 
Oral care

Pertanyaan-Pertanyaan Anda Seputar Perawatan Mulut

Temukan saran bermanfaat tentang masalah-masalah kesehatan mulut dalam panduan kami yang dibuat oleh Pepsodent, pakar mulut keluarga

BACA ARTIKEL LAINNYA