Skip to content
Seperti Apa Tahapan Karies Gigi?

Seperti Apa Tahapan Karies Gigi?

Sering mendengar istilah karies gigi? Ini merupakan sebuah kondisi rusaknya struktur dan lapisan gigi yang terjadi secara bertahap. Karies biasanya terjadi karena kebiasaan mengkonsumsi makanan manis atau jarang menyikat gigi. Saat memakan makanan manis, bakteri akan mengubah kandungan gula dari sisa-sisa makanan menjadi asam. Asam yang tertimbun di gigi tersebut dapat berubah menjadi plak berwarna putih, kuning, coklat, atau kehitaman pada gigi bila Anda malas untuk membersihkan gigi.

Ada lima tahapan karies gigi yang harus Anda perhatikan. Bila menemukan salah satu dari tanda ini pada gigi Anda, segera periksakan ke dokter dan rawat gigi secara lebih baik agar tidak berlanjut ke tahap yang lebih buruk.

Tahap 1: Bercak Putih

Tahap pertama karies gigi ditandai dengan munculnya bercak putih kekuningan atau kapur pada permukaan gigi Anda. Ini karena hilangnya kalsium. Pada tahap ini, pembusukan gigi dapat ditangani dengan aplikasi fluoride dan mineral yang ada dalam saliva.

Tahap 2: Penentuan Enamel

Pada tahap ini, enamel gigi Anda mulai rusak. Ini terjadi di bawah lapisan permukaan. Setelah enamel mulai membusuk, kerusakan tidak dapat dipulihkan dan gigi Anda perlu dibersihkan serta ditambal oleh dokter gigi Anda.

Tahap 3: Dentin Membusuk

Jika rongga dibiarkan tidak dirawat, pembusukan akan berkembang di luar enamel dan mulai mempengaruhi dentin atau inti gigi Anda. Di sinilah rasa sakit akan mulai datang, tetapi dokter gigi Anda masih bisa memperbaikinya dengan tambalan.

Tahap 4: Infeksi Pulpa

Ketika pulpa, atau saraf gigi, menjadi terinfeksi karena adanya bakteri yang disebabkan oleh pembusukan, nanah mulai terbentuk dan pembuluh darah dan saraf di pulpa mati. Pada tahap ini, terapi saluran akar (root canal therapy) seringkali menjadi penanganan yang paling diutamakan.

Tahap 5: Pembentukan Abses

Pada tahap akhir ini, infeksi telah mencapai ujung akar gigi. Akibatnya, tulang di sekitar gigi juga dapat terinfeksi. Pada tahap ini, rasa sakit akan sangat parah, karena Anda kemungkinan mengalami pembengkakan di pipi. Biasanya, Anda akan diberi resep antibiotik untuk melawan infeksi. Namun, jika sudah parah, terapi saluran akar atau pencabutan gigi adalah perawatan yang lebih diutamakan.

Pelajari tahapan terjadinya karies gigi dan sangat penting untuk dipahami agar supaya Anda bisa lebih jeli untuk melakukan berbagai tindakan pencegahan yang dibutuhkan agar karies gigi tidak semakin parah. Lakukan tindakan pencegahan dari sekarang, salah satunya dengan rajin menyikat gigi minimal dua kali sehari dan gunakan sikat gigi Pepsodent Double Care Clean yang dirancang untuk membersihkan secara lembut dan menyeluruh, dengan bulu sikat yang lembut dan membersihkan hingga ke sela-sela gigi.

Referensi:

brightleafdental.com/blog/stages-of-dental-caries/

onlymyhealth.com/stages-dental-caries-1331626945

Diakses pada: 26 Maret 2019

TIPS CEPAT

Sikat gigi Anda dua kali sehari selama dua menit, pakai floss sekali sehari, bersihkan lidah Anda dan berkumur dengan mouthwash antiseptik setiap kali Anda ingin menjaga nafas tetap segar.

 

Pertanyaan-Pertanyaan Anda Seputar Perawatan Mulut

Temukan saran bermanfaat tentang masalah-masalah kesehatan mulut dalam panduan kami yang dibuat oleh Pepsodent, pakar mulut keluarga

BACA ARTIKEL LAINNYA