Different Ways to Get Your Teeth Whitened

Berbagai Cara Memutihkan Gigi Anda

Sebagian besar dari kita merasa lebih percaya diri dengan gigi yang lebih putih, mengingat noda dapat menjadi tanda kurang baiknya kesehatan mulut. Sebagai hasilnya, memutihkan gigi telah menjadi salah satu prosedur kosmetik gigi paling populer di dunia, dan ada beberapa produk pemutih gigi untuk di rumah yang tersedia di pasaran. Mari kita lihat beberapa cara memutihkan gigi yang paling umum.

Penyebab Gigi Bisa Berubah Warna

Ada banyak faktor yang membuat gigi Anda berubah warna. Beberapa di antaranya meliputi:

●     Usia

Seiring bertambahnya usia, warna gigi Anda sebenarnya akan cenderung semakin menguning. Pasalnya, lapisan enamel gigi yang berwarna putih akan menipis, sehingga lapisan dentin yang berwarna kuning jadi kian terlihat. Hal ini diperparah jika Anda tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik.

 

●     Makanan dan Minuman Tertentu

Kopi, teh, minuman bersoda, wine, buah citrus, dan makanan tinggi gula dapat menyebabkan pudarnya warna alami gigi Anda. Kandungan zat warna (kromogen) dalam makanan dan minuman tersebut dapat menyebabkan noda pada lapisan enamel gigi. Tidak hanya itu, tingkat keasaman makanan juga dapat mempengaruhi warna gigi Anda.

 

Perlu dipahami, gigi Anda memiliki pori-pori seperti kulit atau spons. Apa pun yang Anda masukkan ke dalam mulut Anda dan memiliki warna, akan terserap ke dalam pori-pori gigi. Penelitian menyebutkan bahwa jika makanan atau minuman tertentu dapat meninggalkan bekas noda di baju, maka hal yang sama juga akan terjadi di gigi Anda.

 

●     Merokok

Kebiasaan merokok atau mengunyah tembakau dapat menyebabkan gigi berubah warna menjadi kecoklatan atau bahkan kehitaman. Hal ini terjadi karena kandungan nikotin dan tar pada tembakau akan menempel pada enamel gigi, membuat warna gigi alami Anda memudar.

 

●     Kebersihan Gigi yang Buruk

Jarang sikat gigi, flossing gigi, dan berkumur dengan antiseptik selain menumpuk plak juga dapat memunculkan noda di gigi. Hal inilah yang menjadi penyebab gigi Anda mengalami perubahan warna.

 

●     Penyakit Tertentu

Karies gigi atau gigi berlubang dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi. Perawatan medis seperti radiasi kepala dan leher, serta kemoterapi juga dapat menyebabkan hal serupa.

 

●     Obat-obatan

Antibiotik tetrasiklin dan doksisiklin diketahui dapat merusak gigi ketika diberikan pada anak-anak yang giginya masih dalam tahap perkembangan. Menggunakan obat kumur yang mengandung klorheksidin dan cetylpyridinium klorida juga bisa meninggalkan noda pada gigi. Bahkan penggunaan obat antihistamin, obat antipsikotik, dan obat untuk tekanan darah tinggi diketahui juga dapat menyebabkan perubahan warna gigi.

 

●     Mengalami Cedera

Kerusakan gigi akibat cedera dapat mengganggu pembentukan enamel gigi. Terutama jika hal ini dialami oleh anak-anak yang giginya masih dalam tahap perkembangan.

 

●     Terlalu Banyak Fluoride

Fluoride dibutuhkan untuk membantu mencegah kerusakan gigi, namun penggunaan yang berlebihan juga tidak baik untuk Anda. Penggunaan fluoride secara berlebihan baik secara alami (air)  atau dari pasta gigi, gel fluoride, dan obat kumur dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi Anda.

 

Beragam Cara Memutihkan Gigi

Memiliki gigi putih bersih tentu menjadi impian banyak orang. Meski sering waktu gigi kita akan mengalami perubahan warna, namun Anda bisa membuatnya tetap putih berseri. Beberapa cara memutihkan gigi di bawah ini tergolong mudah dan sederhana, sehingga bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

●     Rajin Membersihkan Gigi

Rajin menyikat gigi setidaknya dua kali sehari pada pagi dan malam hari adalah cara memutihkan gigi yang paling mudah untuk Anda lakukan. Bahkan tidak hanya membuat gigi Anda putih berseri, cara satu ini juga sebagai kunci untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara menyeluruh. Anda juga sebaiknya menggunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

 

●     Baking soda

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Dentistry menyatakan bahwa baking soda terbukti efektif untuk memutihkan gigi. Itu sebabnya, Anda bisa menggunakan baking soda sebagai cara memutihkan gigi secara alami di rumah. Baking soda dapat membantu membersihkan noda pada permukaan gigi sekaligus mencegah perkembangan bakteri di mulut Anda.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa membuat pasta baking soda. Caranya mudah, campurkan satu sendok teh baking soda dengan dua sendok teh air. Lalu sikat gigi Anda seperti biasa. Lakukan cara memutihkan gigi secara alami ini beberapa kali dalam seminggu. Anda juga bisa menjadikan baking soda sebagai obat kumur.

 

●     Perhatikan Asupan Makanan Anda

Jika Anda ingin memiliki gigi putih, kurangi makanan dan minuman yang tinggi gula. Pasalnya makanan dan minuman manis dapat mendukung pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans, yaitu bakteri penyebab plak dan penyakit gusi. Sebagai gantinya, perbanyaklah makan buah dan sayur segar karena keduanya dapat meningkatkan produksi air liur, sehingga membantu menghilangkan gula dan zat lain yang dapat merusak gigi.

Selain itu, Anda juga sebaiknya membatasi minum kopi, teh, dan minuman bersoda karena dapat meninggalkan bekas noda di gigi. Bila perlu, pakai sedotan saat mengonsumsi minuman tersebut untuk menghindari kontak dengan gigi.

 

●     Berhenti Merokok

Merokok memberikan banyak dampak negatif pada kesehatan, termasuk gigi Anda. Kebiasaan buruk satu ini dapat menyebabkan gigi Anda menguning bahkan menghitam. Semakin lama Anda merokok, semakin banyak pula kerusakan gigi yang Anda alami. Jika Anda ingin memutihkan gigi, maka berusahalah untuk berhenti merokok. Cara memutihkan gigi secara alami ini juga akan berdampak langsung pada kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.

 

●     Pakai Pasta Gigi Pemutih Gigi

Memakai pasta gigi pemutih adalah cara yang baik untuk memutihkan gigi secara perlahan, hari demi hari. Cobalah pasta gigi Pepsodent Action123 Plus Whitening yang mengandung pigmen-pigmen biru yang kontras dengan permukaan putih gigi Anda, menciptakan efek visual yang instan.

 

●     Alat Untuk Memutihkan Gigi di Rumah

Gel-gel yang dijual bebas yang mengandung zat-zat bleaching dari peroxide. Memberikan alternatif terjangkau untuk prosedur memutihkan gigi yang profesional. Anda perlu memastikan dental tray pas di mulut dengan benar, karena bleaching gel bisa bocor dan mengganggu gusi. Jika Anda tidak yakin, konsultasikan pada dokter gigi - mereka dapat membuat tray yang bisa disesuaikan untuk menghindari kerusakan.

 

●     Lakukan Perawatan ke Dokter Gigi

Jika berbagai cara memutihkan gigi secara alami di atas belum memberikan Anda kepuasaan, berkonsultasi ke dokter adalah pilihan terbaik. Dokter gigi dapat merekomendasikan perawatan memutihkan gigi yang disesuaikan dengan kondisi gigi Anda. Beberapa perawatan untuk memutihkan gigi yang paling populer di dokter gigi adalah polishing, bleaching, veneers, atau bonding.

 

Meski terkadang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, perawatan yang dilakukan di dokter gigi dapat mengurangi risiko dan memberikan hasil yang maksimal pada gigi Anda. Namun perlu dipahami, prosedur memutihkan gigi tidak direkomendasikan untuk semua orang. Jadi, ada beberapa orang yang tidak diperbolehkan untuk melakukan prosedur ini.

Sumber:

alodokter.com/7-cara-memutihkan-gigi-secara-alami-yang-ampuh

alodokter.com/fakta-dan-cara-pemutihan-gigi

journal.sociolla.com/beauty/4-cara-memutihkan-gigi/

meetdoctor.com/article/memutihkan-gigi-amankah-untuk-dilakukan

koran-jakarta.com/cara-aman-untuk-memutihkan-gigi/

smilebrilliant.com/teeth-whitening-facts

askthedentist.com/teeth-whitening/

verywellhealth.com/how-is-professional-in-office-teeth-whitening-done-1059032

ada.org/en/about-the-ada/ada-positions-policies-and-statements/tooth-whitening-safety-and-effectiveness

nhs.uk/live-well/healthy-body/teeth-whitening/

webmd.com/oral-health/ss/slideshow-10-secrets-to-whiter-teeth

webmd.com/oral-health/guide/tooth-discoloration

healthline.com/nutrition/whiten-teeth-naturally#section7

TIPS CEPAT

Coba potong makanan yang mengandung asam, yang merusak email gigi. Ketika email gigi melemah, maka akan membuka dentin bawah yang merupakan substansi yang lebih gelap, membuat gigi Anda terlihat kuning. 

 

Pertanyaan-Pertanyaan Anda Seputar Perawatan Mulut

Temukan saran bermanfaat tentang masalah-masalah kesehatan mulut dalam panduan kami yang dibuat oleh Pepsodent, pakar mulut keluarga

BACA ARTIKEL LAINNYA