What Causes Yellow Teeth and Discolouration

Penyebab gigi kuning dan perubahan warna

Kebanyakan orang terlahir dengan gigi berwarna gading, namun ada beragam warna yang terjadi secara alami, mulai dari kuning hingga abu-abu. Warna gigi Anda ditentukan oleh DNA dengan cara yang sama ketika DNA menentukan warna mata atau rambut. Warna kuning bukan tanda dari buruknya kesehatan mulut, namun noda kuning umumnya disebabkan oleh kebiasaan buruk terhadap gigi. Mari kita lihat beberapa penyebab perubahan warna gigi yang paling umum. 

Gigi Yang Tidak Bersih

Timbunan plak adalah satu dari penyebab-penyebab utama noda gigi. Pastikan Anda menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, memakai dental floss setidaknya sekali sehari, dan berkumur dengan antiseptic mouthwash untuk menghilangkan bakteri dan mencegah plak dan tartar.

Kerusakan email gigi

Gigi menguning seiring usia, karena email gigi pada akhirnya melemah, menunjukkan dentin bawah yang merupakan substansi yang lebih gelap, yang membentuk kumpulan gigi. Anda bisa mencegah kerusakan email dengan menyeruput minuman-minuman yang mengandung asam memakai sedotan, mengurangi makanan-makanan yang mengandung asam, serta menyikat, memakai dental floss dan berkumur setiap hari. 

TIPS CEPAT

Batasi konsumsi kopi, minuman anggur dan teh karena kandungan tanin, chromogen dan asam yang tinggi - substansi-substansi yang akan melekat di email gigi dan menyebabkan noda. 

 

Pertanyaan-Pertanyaan Anda Seputar Perawatan Mulut

Temukan saran bermanfaat tentang masalah-masalah kesehatan mulut dalam panduan kami yang dibuat oleh Pepsodent, pakar mulut keluarga

BACA ARTIKEL LAINNYA